Rencana Finansial Jadi Nyata dengan blu by BCA Digital

Post a Comment

Pandemi yang sudah masuk tahun kedua ini memberi kita banyak pelajaran. Terutama tentang pentingnya menjaga kesehatan dan finansial. Banyak orang yang kemudian sadar akan pentingnya perencanaan keuangan selama masa pandemi ini. Tidak terkecuali saya yang pekerjaan utamanya adalah freelance content writer.

Download aplikasi blu
Sejak setahun terakhir saya mulai belajar tentang finansial. Ya walau baru sebatas budgeting dan pencatatan arus pemasukan serta pengeluaran. Setidaknya dari situ saya mulai mengetahui berapa yang saya keluarkan dan harus dipersiapkan setiap bulan.

Rencana Finansial yang Ingin Dicapai

Kehadiran bank digital baru-baru ini membuat saya semakin semangat untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari setahun ini. Salah satunya adalah menabung untuk beberapa keperluan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin menerapkan strategi budgeting bulanan demi mencapai tujuan finansial. Namun metode paling umum adalah dengan membagi pengahasilan menggunakan rumus 50, 30, 20.

Dengan pembagian sebagai berikut:

  • 50% gaji dialokasikan untuk kebutuhan.
  • 30% dari pendapatan digunakan untuk hiburan atau keinginan.
  • 20% dari pendapatan dipakai untuk investasi atau tabungan.

Saya pribadi secara perlahan mulai menerapkan metode tersebut, namun tentunya dengan penyesuaian di beberapa bagian. Tujuan yang ingin dicapai dari alokasi tersebut yaitu:

1. Dana Darurat

Bisa dibilang ini adalah salah satu motivasi terbesar yang membuat saya belajar finansial. Apalagi di masa pandemi ini hampir semua sektor terdampak, tidak terkecuali ekonomi.

Saya juga sempat membahas tentang dana darurat di blog ini.

2. Belajar Investasi

Selain menabung, investasi juga salah satu solusi keuangan yang banyak ditawarkan saat ini. Banyak orang yang kemudian belajar investasi saham, properti, dan lain-lain.

Saya pribadi memilih untuk mendalami seputar investasi reksadana dan sudah mulai menyisihkan pendapatan bulanan untuk itu.

3. Mengembangkan Aset Digital

Pekerjaan utama saya di bidang kreatif, yaitu penulisan artikel dan pembuatan website. Selain itu saya juga memiliki beberapa blog yang sedang dikelola.

Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan, baik untuk maintenance atau juga perpanjangan sewa domain dan hosting.

Saya juga berencana untuk mengembangkan aset digital yang sudah dimiliki saat ini. Tentu akan terasa sulit jika harus mengeluarkannya secara langsung.

Dengan mengalokasikan dana tertentu, maka tujuan tersebut bisa dicapai dengan mudah.

Aplikasi blu by BCA Digital

aplikasi blu by bca digital
Agar bisa mencapai impian finansial yang sudah direncanakan, tentunya saya memerlukan layanan yang dapat membantu mewujudkannya. Sebuah fitur yang dapat dimaksimalkan untuk mengelola keuangan agar mencapai tujuan finansial lebih cepat dan tepat.

Untungnya BCA seakan mengerti hal tersebut. Guna membantu para milenial menggapai kebebasan finansial, kini hadir aplikasi blu by BCA Digital. Sebuah aplikasi yang memang ditujukan bagi para digital savvy.

Sepeti tagar #MulaiLangkahmu yang digaungkannya, blu by BCA Digital memungkinkan kita untuk hidup lebih mudah dan terkoneksi, apapun tujuan finansial yang ingin kita capai.

Hadir dalam sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan gadget yang sangat dekat dengan aktivitas kita sehari-hari. 

Platform Perbankan Kekinian untuk Berbagai Tujuan

tabungan online blu blu
Seperti yang tertulis di laman resminya, blu ada kerenamu, jadi semuanya tentang kamu. Tentunya yang dimaksud adalah kita, para anak muda yang ingin memiliki masa depan cerah dengan mengatur keuangan sejak dini.

Sebagai sebuah platform perbankan next generation, blu mengemas semua itu dengan berbagai fitur yang menarik dan tentu saja dapat diakses secara digital melalui aplikasi blu.

Berikut bukti kalau BCA Digital benar-benar mengemas Tabungan Online blu sebagai tabungan digital yang kekinian.

Tabungan untuk yang Banyak Tujuan

Aplikasi blu by BCA Digital

Dengan Tabungan Online blu kamu bisa mengatur budget bulanan, menyiapkan tabungan pendidikan dan jalan-jalan. Kamu pun bisa membuat aktivitas menabung jadi sebuah kegemaran, bukan lagi kebiasaan.

Transaksi Terkendali Tanpa Terkendala

Lewat Aplikasi blu by BCA Digital kamu bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah. Semua aktivitas finansial dapat dilakukan secara cardless, cashless, seamless dan worry less.

Menariknya lagi transaksi yang kamu lakukan bebas biaya admin.

Monitor Keuangan Lebih Mudah

Bagi kamu yang sedang belajar financial planning, pasti sudah sering melakukan pencatatan keuangan. Baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Di blu kamu bisa melakukan itu secara otomatis.

Karen blu akan mencatat semua cash flow agar dapat dimonitoring.

Dengan begitu kamu bisa mencapai financial-goals sesuai rencana. Selain itu blu juga menyediakan insight untuk spending habit kamu.

Layanan Ekstra untuk Kamu yang Luar Biasa

Kamu akan mendapat pelayanan terbaik melalui haloblu yang siap menjawab semua pertanyaanmu. Setiap melakukan transaksi kamu akan mendapatkan bluRewards.

Semua itu akan membuat aktivitas banking yang kamu lakukan aman sentosa

Nonton bluMusical - Inspirasi untuk Gapai Mimpi Finansial

Ada hal menarik yang dilakukan BCA Digital dalam mengenalkan blu. Tidak hanya menggunakan iklan yang dikhususkan untuk platform digitalnya ini, BCA Digital juga mengemas blu dengan alunan musik yang easy listening, berpadu kalimat-kalimat yang begitu mengena dengan keresahan para digital savvy.

Nonton bluMusical

Tayangan yang sangat memukau bertajuk bluMusical #MulaiLangkahmu itu disiarkan secara live di dan Instagram.

Selama lebih dar 20 menit kita akan melihat apa saja masalah keuangan dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, #YangPentingLakuin dulu aja.

Saat nonton bluMusical di awal kita sudah disuguhkan berbagai permasalahan yang sering dihadapi terkait keuangan. Dari situ sebenarnya kita tahu bahwa ada banyak perencanaan keuangan yang sudah disiapkan, namun terkadang hanya jadi wacana saja.

Pada bagian pembuka misalnya, bahwa kita yang muda punya banyak mimpi. Namun ketika akan mewujudkan mimpi tersebut, kita selalu digagalkan oleh banyak hal. Salah satunya pikiran kita sendiri yang selalu takut atau merasa insecure dengan keputusan yang nanti diambil.

Padahal jika punya uang, ada banyak keinginan yang ingin dilakukan, seperti yang tujuan finansial yang saya miliki. Selain itu ada juga yang mau menggunakan uangnya untuk keperluan pendidikan, menyenangkan orang tua dan mengikuti perkembangan teknologi dengan membeli gadget baru.

Kalau dipikir lagi, sebenarnya kita mengerti ingin mengalokasikan uang yang dimiliki. Namun kita tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, sehingga uang yang kita miliki justru terpakai untuk hal-hal lain yang tidak direncanakan.

Belum lagi kita juga sering kebingungan, haus mulai dari mana untuk mengatur keuangan supaya lebih baik lagi, bagaimana supaya rencana yang sudah kita buat bisa berjalan sesuai dengan yang ditentukan.

Kita mungkin bisa membaca tips dan solusi yang tersebar di internet, namun kita memerlukan sumber yang benar-benar tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan finansial yang sedang dihadapi.

Kita butuh solusi seperti zona blu, tempat yang dapat memudahkan kita menggapai mimpi finansial. Seperti gambaran di bluMusical, zona blu bis membantu kita melihat apa saja kendala yang jadi penyebab mimpi-mimpi kit tak kunjung tercapai.

Masalah yang umum kita hadapai seperti awal bulan merasa uang banyak, tapi habis dipakai untuk pengeluaran di luar rencana, jadinya akhir bulan kita sudah kehabisan uang. Kita juga sebenarnya punya niatan untuk menabung dalam jumlah besar, tapi uangnya selalu saja terpakai.

Dari semua permasalahan tersebut, ternyata solusi sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pos-pos pengeluaran. Meski terkesan sederhana, adanya pos-pos pengeluaran akan membuat kita jadi lebih mengerti mana yang harus didahulukan, dan mana yang bisa ditunda sementara.

Selain itu ada juga berbagai pemabasan menarik di segmen blu Talk Show. Pada segmen ini ada 10 pemuda yang telah berhasil mengembangkan diri di zona blu. 10 pemuda tersebut datang dari bergai latar belakang pekerjaan, seperti:

  • Bayu (28 tahun) - Jurnalis
  • Chacha (25 tahun) - Chef
  • Alya (22 tahun) - Designer Grafis
  • Dinda (27 tahun) - Fashion Designer
  • Ivan (28 tahun) - Dokter
  • Gita (20 tahun) -  mahasiswi
  • Indi (25 tahun) - Arsitek
  • Tama (29 tahun) - Musisi
  • Ando (24 tahun) - IT Programmer
  • Leo (26 tahun) - Karyawan Swasta

Lewat blu Talk Show para pemuda tersebut ditemukan dengan 3 orang entrepreneur berbakat yang sudah sukses menjalani pekerjaan serta bisnis mereka, yaitu:

  • Raymond Chin - CEO Ternak Uang
  • Jehian Panangian Sijabat - CEO Menantea
  • Eva Alicia, entreprenur

Beberapa pemudah kemudian mendapat kesempatan untuk bertanya. Berikut adalah sedikit ulasan tentang pertanyaan mereka.

"Bagaimana pendapat kalian tentang umur 25 tahun harus punya pengashilan 100 juta?"

Pertanyaan tersebut kemudian mendapat respon dari bintang tamu. Raymond Chin memuai tanggapannya dengan menyebut bahwa semua orang itu unik, tidak bisa dibandingkan. Semua orang punya skill, talenta dan tujuan yang berbeda-beda.

Menurut Raymond, hal terpenting bukan masalah nominal yang ada di rekening, tapi seberapa jauh kita bisa berkembang. Hal yang tak kalah penting adalah ketika kita juga bisa membantu orang lain untuk berkembang.

Sependapat dengan Raymond, Jehian memberikan pandangan bahwa 100 juta di mata tiap orang berbeda. jadi kita tidak boleh berkecil hati dengan pencapaian kita sendiri.

Melangkapi pendapat tersebut, Eva Alicia menyebut kalau setiap orang punya jalan hidup (timeline) masing-masing. Jadi kita hanya perlu mengembangkan diri semaksimal mungkin, lalu mencoba berbagai hal agar kita tidak menyesal nantinya. Kita juga harus bisa menikmati prosesnya.

"Gimana caranya kami yang thirty under pressure, bisa jadi thirty under thirty?"

Menaggapi pertanyaan tersebut, Raymond memberikan jawaban yang penuh semangat. Menurutnya hal tersebut sangat bisa dicapai, asal kita melakukannya secara perlahan tapi yakin. Eva juga menambahkan bahwa apa yang kita lakukan harus berbeda dengan yang lain.

Perlahan tapi yakin, yang penting dilakuin dan beda dengan yang lain. Itulah kunci yang harus dipegang dan kita lakukan jika ingin menggapai mimpi finansial.

Satu quote yang menarik dari salah satu pemuda tersebut adalah “berproses, berprogres, lama-lama sukses.” Sangat pas dengan tagar #MulaiLangkahmu dan #YangPentingLakuin.

Menurutku nonton bluMusical ini sangat cocok untuk kamu yang sedang belajar membenahi finansial. Karena bluMusical bisa jadi inspirasi untuk gapai mimpi finansial yang sudah kamu rencanakan.

Kamu juga bisa ikut nonton bluMusical lewat video berikut.


Alasan Menggunakan blu by BCA Digital

cara registrasi blu by bca digital
Alasan utama menggunakan blu by BCA Digital karena tertarik dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Selain itu saya juga merupakan salah satu nasabah bank BCA. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi blu, seperti:

  • Bisa punya 10 tabungan dalam 1 rekening
  • Bisa ajak hingga 25 orang patungan online
  • Bisa buka deposito yang bisa top-up
  • Transaksi bisa dalam satu aplikasi
  • Pembayaran menggunakan QRIS
  • Top-up e-money lebih mudah
  • Bisa Tarik tunai di ATM BCA

Selain itu ada juga penawaran lainnya bagi kamu yang tidak mau dipusingkan dengan biaya-biaya tambahan, seperti:

  • Bebas biaya admin
  • Bebas biaya Tarik Tunai di ATM BCA
  • Bebas biaya transfer dari dan ke BCA
  • Bebas biaya transfer ke bank lain atau top-up e-money.

Download blu by BCA Digital

Setelah nonton bluMusical kamu pasti semakin penasaran dan ingin menggunakan blu. Kamu bisa langsung download aplikasi blu di Play Store. Bagi pengguna iPhone, bisa juga download aplikasi blu lewat Apps Store.

download aplikasi blu
Jika saat proses pendaftaran kamu diminta memasukkan kode referral, bisa gunakan kode BAHRUQEKX ke dalam kolom referralmu. 

Kesimpulan

Mengatur keuangan pribadi agar bebas finansial bukan hal yang sulit. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan finansialmu.

Kamu juga bisa gunakan blu by BCA Digital untuk mewujudkan berbagai impian yang kamu mau. #YangPentingLakui dan #MulaiLangkahmu sekarang juga.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment