Tips Investasi Properti dengan Modal Minim

Post a Comment

Saat ini investasi menjadi salah satu topik terhangat. Banyak orang baik pemula maupun yang sudah profesional antusias belajar dan berbagi tips seputar topik tersebut. Jika kamu juga tertarik dengan investasi, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan terus mengikuti informasi terkini tentang investasi yang akan dijalani.

Kamu bisa mulai dengan mengikuti berita ekonomi terkini. Sebab itu akan memudahkanmu dalam mengakses informasi lebih cepat, sehingga dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat.

tips investasi properti modal minim
Bebicara soal potensi bisnis, investasi pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengelola masalah finansial di masa depan. Ya, dengan berinvestasi, maka kondisi finansial kita kedepannya bisa menjadi lebih stabil atau bahkan meningkat.

Rahasia Investasi Properti Modal Minim

Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, kebanyakan orang lebih tetarik untuk menggeluti investasi di bidang properti. Akan tetapi, dalam berinvestasi properti ini membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang modalnya minim? Apakah masih bisa berinvestasi properti? Jawabannya bisa, asalkan kamu mau mengikuti beberapa tips berikut:

1. Properti Crowfunding

Properti Crowfunding merupakan salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan agar bisa berinvestasi properti dengan modal minim. Ya, investasi ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dana secara kolektif (patungan). 

Dengan begitu, maka kamu bisa membeli presentase kepemilikan sebuah properti, namun tidak dengan cara membeli properti tersebut secara utuh. Pada intinya, Properti Crowfunding ini lebih cocok dilakukan ke orang-orang terdekat saja, seperti keluarga, kerabat, dan sahabat.

Menurut kabar yang beredar, biasanya Properti Crowfunding memiliki nilai minimum yang terdiri 1% saja dari total harga properti-nya.

Sebagai contoh, nilai properti yang kamu incar itu seharga Rp 3 miliar. 

Dengan mengusung sistem Properti Crowfunding, maka kamu hanya perlu membayar minimalnya Rp39 juta untuk bisa mendapatkan nilai properti tersebut.

Ketika properti yang sudah dibeli tadi digunakan untuk kebutuhan komersil seperti disewakan, tentu kamu akan mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan presentase investasinya. 

Jika kamu berminat untuk terjun ke investasi Properti Crowfunding, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya kemudian pilih properti manakah yang ingin dibeli, lalu masukkan nominal investasinya. 

2. Saham Properti

Saham Properti merupakan sistem investasi yang dilakkan dengan cara membeli kepemilikan dari perusahaan yang bergerak pada bidang properti juga. Itu artinya kamu bukan memiliki properti-nya, melainkan perusahaannya. 

Kamu pun dapat menemukan banyak pihak pengembang besar di BEI (Bursa Efek Indonesia), guna mempermudah investasi saham properti tersebut.

Adapun mengenai beberapa pihak pengembang besar yang dimaksud seperti:

  • PT Agung Podomoro Land Tbk
  • PT Bumi Serpong Damai Tbk
  • PT Ciputra Development Tbk

Melalui sistem saham properti ini, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Salah satunya kamu bisa mendapatkan dividen per tahun atau dari selisih harga jual beli yang terjadi dalam trading harian. 

Seandainya kamu memang berminat untuk memulai investasi saham properti, sebaiknya kamu menentukan dulu perusahaan properti manakah yang diinginkan. Jika sudah, kamu hanya tinggal membeli saham mereka saja melalui jasa broker. 

Adapun cara lainnya yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan mendatangi langsung trading di Bursa Efek Indonesia. Perihal jumlah minimal yang dapat kamu investasikan di sini adalah satu lot, atau setara dengan 100 lembar. 

Jika pihak perusahaan mematok harga per lembarnya Rp 2.000, maka kamu harus membayarnya sebesar Rp 200 ribu. 

Nah, itulah 2 tips yang dapat kamu lakukan untuk berinvestasi dalam bidang properti dengan modal minim.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment