Investasi Aset Digital: Pengertian, Jenis dan Cara Mempelajarinya

Post a Comment

Investasi jadi bahasan yang menarik beberapa waktu terakhir. Pandemi yang sempat melanda dunia, membuat makin banyak orang sadar akan pentingnya perencanaan keuangan. Contohnya lewat investasi aset digital.

Arus informasi yang kian cepat membuat kita lebih mudah untuk belajar. Tak terkecuali untuk mulai belajar investasi sejak dini. Tentunya diperlukan pemahaman yang kuat sebelum kita memilih investasi.

investasi aset digital
Untuk itu kita juga perlu memahami tentang investasi aset digital. Sebab saat ini investasi sudah bisa dilakukan dengan mudah secara digital. Kita hanya perlu terhubung ke internet untuk mengetahui dan memantau investasi yang kita lakukan. Termasuk mengetahui harga bitcoin hari ini.

Apa Itu Aset Digital?

Mudahnya aset digital adalah segala sesuatu yang tersimpan dalam bentuk digital. Umumnya berlaku untuk hal-hal seperti karya seni, musik, film hingga mata uang digital seperti cryptocurrency.

Untuk di Indonesia, keberadaan aset digital  lebih dimanfaatkan untuk keperluan investasi. Ada beberapa jenis investasi aset digital yang populer di Indonesia, misalnya reksa dana dan saham.

3 Contoh Aset Digital Terbaik di Indonesia

Pada kenyataannya ada banyak contoh aset digital yang bisa dijadikan sebagai instrumen investasi. Namun kali ini kita akan membahas beberapa contoh aset digital populer yang sering dibahas di Indonesia, yaitu:

1. Reksa Dana

Reksa dana jadi salah satu instrumen investasi yang banyak dilirik saat ini. Pengelolaan yang mudah serta dapat dibeli mulai dari Rp10 ribu membuat investasi reksadana begitu diminati.

Apabila mengacu pada UU Pasar Modal No. 8 tahun 1995 (pasal 1 ayat 27) Reksa Dana merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat sebagai pemodal. Selanjutnya dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi (MI).

Instrumen investasi digital berupa reksadana merupakan alternatif bagi investor pemula dengan modal kecil, serta tidak memiliki banyak waktu dan pemahaman mendalam tentang pengelolaan investasi.

2. Saham

Mengutip dari laman resmi Sikapi Uangmu milik OJK, saham adalah tanda kepemilikan seseorang atau badan usaha terhadap sebuah perusahaan atau perseroan terbatas. Keikutsertaan sebagai pemilik saham membuat investor berhak atas pendapatan serta aset perusahaan.

Selain itu pemilik saham juga mempunyai hak untuk hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Saat ini siapa saja bisa membeli saham dengan mudah. Beberapa platform investasi digital memungkinkan kita untuk memiliki saham dengan modal minimal Rp100 ribu rupiah.

3. Crypto

Crypto atau cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dapat digunakan dalam transaksi digital. Di Indonesia, mata uang kripto dianggap sebagai sebuah komoditas yang dapat diperjualbelikan.

Crypto sebagai mata uang digital dinilai sebagai investasi yang menjanjikan. Mata uang ini juga dilengkapi dengan sebuah teknologi yang membuatnya tidak mudah untuk dipalsukan.

Kelebihan Investasi Aset Digital

Setelah mengenal apa itu investasi aset digital, mungkin kamu juga tertarik untuk segera memulai investasi. Namun sebelum itu, kita bahas tentang beberapa kelebihan investasi aset digital, yaitu:

1. Menawarkan Return yang Tinggi

Menurut sejumlah manajer investasi, aset digital dinilai cenderung memiliki return yang tinggi. Sebagai contoh bisa kita lihat pada nilai bitcoin sebagai bagian dari cryptocurrency.

Pada tahun 2011 nilai bitcoin hanya $1. Kemudian nilainya melambung ke $1000 pada November 2013. Lalu saat ini nilainya sudah mencapai $47000.

Menurut pantauan melalui Coin Market Cap, harga bitcoin hari ini ada di angka Rp677,971,252.

2. Mudah Diuangkan

Investasi aset digital memiliki sifat liquid, artinya aset digital yang kita investasikan mudah untuk diperjualbelikan atau diuangkan. Itu karena aset digital dapat diperdagangkan setiap saat.

Meski begitu, tiap platform atau layanan yang menawarkan investasi digital memiliki aturan tersendiri terkait hal ini. Namun tetap disesuaikan dengan kondisi di pasar bursa efek.

3. Bisa Dikontrol Setiap Saat

Salah satu yang menyenangkan dari investasi digital adalah dukungan teknologi yang canggih. Sehingga kita bisa memantau setiap saat perkembangan investasi yang dilakukan. Hal ini tentunya disertai keamanan yang ketat dan terjamin.

Kesimpulan

Ada banyak instrumen investasi yang bisa kita pelajari sebelum memulai investasi. Investasi aset digital seperti bitcoin, reksa dana atau saham juga bisa jadi pilihan terbaik.

Jika kamu tertarik untuk investasi digital menggunakan bitcoin, harus mengerti cara melakukan mining bitcoin yang tepat dan benar. Apabila belum mengetahuinya, kamu bisa pelajari mengenai mining bitcoin di Indodax Academy.

Indodax Academy merupakan sebuah kanal edukasi yang memungkinkan kita memahami seputar investasi aset digital. Setelahnya kita bisa melakukan transaksi di Indodax, baik melalui website resminya atau aplikasi mobile indodax.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment