Begini Cara Memilih Kursus Online Bersertifikat yang Tepat Untukmu

Post a Comment

Adanya akses informasi yang sangat luas membuat kita mudah mendapatkan apa yang diinginkan. Termasuk urusan pendidikan. Saat ini akses untuk mempelajari sesuatu sudah semakin beragam, terutama dengan adanya pembelajaran jarak jauh dan kelas online yang tersedia di berbagai platform.

Kita bisa dengan bebas memilih bidang atau topik seperti apa yang ingin dipelajari. Tentunya pilihan kita nantinya akan sangat berguna untuk diri pribadi maupun dunia kerja. Sebab saat ini banyak pekerjaan-pekerjaan baru yang terus bermunculan.

kursus online bersertifikat
kursus online bersertifikat via pexels

Untuk itu kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan mengasah kemampuan melalui kursus online. Agar kursus yang diikuti semakin memberikan dampak yang positif, maka ada baiknya untuk memilih kursus online bersertifikat. Sebab dapat memudahkan kita dalam proses melamar pekerjaan nantinya.

Tips Memilih Kursus Online yang Tepat

Bagi kamu yang sedang berencana mengikuti kursus online, berikut beberapa tips memilih kursus online terbaik yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Tentukan Topik yang Ingin Dipelajari

Sebelum memutuskan membeli kelas yang kamu suka, tentukan terlebih dahulu topik yang mau dipelajari. Selain memudahkan kamu dalam menyelesaikan kursus, hal ini juga akan membantumu menemukan banyak pilihan kelas yang bisa diikuti. Untuk menentukan kelas mana yang sebaiknya dipilih, ikuti langkah selanjutnya.

2. Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia

Tiap kelas atau kursus online tentunya ditawarkan dengan harga yang bervariasi. Untuk itu perlu mengatur budget yang dialokasikan untuk keperluan ini. Jika sudah menyediakan budget khusus untuk mengikuti kelas online, kini tinggal menyesuaikan dengan biaya kelas yang tersedia.

Pilih kelas dengan topik yang paling diminati, kemudian sesuaikan dengan budget yang telah disiapkan.

3. Perhatikan Materi yang Ditawarkan

Ketika kamu merasa sudah menemukan kelas yang sesuai, jangan langsung melakukan pembelian. Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu materi yang nanti akan dipejari pada kelas tersebut. Pastikan bahwa materi yang ditawarkan sesuai dengan yang kamu butuhkan. Perhatikan juga apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti kelas tersebut.

4. Cari Tahu Tentang Pengajarnya

Setelah memastikan materi yang akan dipelajari, Langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang pengajar atau instrukturnya. Pada tahap ini, pastikan kelas tersebut dipandu oleh tenaga pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Kamu bisa melihatnya dari profil yang ditampilkan. Selain itu kamu juga bisa mencari namanya melalui mesin pencari.

5. Pilih Jadwal yang Sesuai

Hal penting berikutnya yang juga perlu diperhatikan adalah jadwal pembelajaran. Agar bisa mengikuti kelas dengan baik dan nyaman, pastikan kamu menyesuaikan jadwal kelas dengan waktu belajar yang telah kamu sediakan.

Pastikan juga selama proses pembelajaran tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu proses belajarmu. Terutama jika kelas tersebut berlangsung secara online melalui Zoom Meeting atau Google Meet dan sejenisnya.

6. Tentukan Metode Pembelajaran

Agar proses belajar dapat berlangsung secara kondusif, sesuaikan metode pembelajaran dengan kenyamananmu saat belajar. Umumnya kursus online memiliki dua metode pembelajaran, yaitu dengan menyediakan video berisi materi yang bisa ditonton kapan saja, dan kedua secara tatap muka melalui video call seperti Zoom Meeting dan Google Meet.

Beberapa layanan juga menyediakan metode pembelajaran tersendiri yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan.

Rekomendasi Kursus Online Bersertifikat Terbaik

Kini saatnya untuk mencoba tips di atas dengan menemukan kursus online bersertifikat yang tepat untukmu. Untuk itu kami merekomendasikan MyEduSolve. Sebuah platform belajar online yang membantumu belajar dan mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. MyEduSolve sudah berdiri sejak 2019 dan telah dipercaya oleh lebih dari 28ribu peserta didik.

Layanan ini juga menyediakan ujian sertifikasi internasional yang bisa dipilih sesuai topik atau bidang yang kamu inginkan. Beberapa sertifikasi yang tersedia seperti:

  • Adobe Certified Professional
  • Microsoft
  • Project management Institute
  • Pearson Vue

Ada juga MyEduSolve for Organization yang bisa dipilih, yaitu fasilitas pembelajaran online untuk sekolah dan perusahaan. Selain itu tersedia forum untuk berdiskusi sesama member dan mengajukan pertanyaan atau kendala yang sedang dihadapi.

Untuk melihat daftar kelas yang tersedia dan info penting lainnya, segera kunjungi website resmi MyEduSolve sekarang juga.

Kesimpulan

Adanya akses internet yang semakin merata di Indonesia membuat kesempatan untuk belajar semakin mudah. Kita tidak hanya bisa belajar di sekolah, tapi juga belajar secara online dengan orang-orang yang ahli di bidangnya.

Apalagi di masa pandemi akses belajar secara online semakin terbuka lebar. Kini saatnya untuk memaksimalkan kesempatan yang tersedia. Karena saat ini semakin banyak lowongan pekerjaan baru yang tersedia dan jangan sampai kita melewatkan kesempatan tersebut.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment