Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Perintah Menuntut Ilmu

Post a Comment

Manusia sudah diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk oleh Allah SWT, bahkan Allah juga memberikan akal dan perasaan kepada manusia agar manusia  dapat tumbuh dengan segala kesempurnaan yang telah diberikan. Lalu apakah tugas kita sebagai manusia yang harus dilakuka untuk menjaga kenikmatan tersebut.

ayat tentang menuntut ilmu
Kita bisa mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan dengan beribadah dan mengikuti segala perintah-Nya. Salah satu perintah Allah yang mungkin terlihat sepele namun bernilai pahala yang cukup besar adalah menuntut ilmu.

Dengan ilmu maka segala hal yang kita lalui di dunia bisa kita lewati dengan mudah, baik itu dalam urusan dunia maupun urusan agama.

Saking pentignya menuntut ilmu, sampai-sampai Allah menjelaskan tentang perintah menuntut ilmu ini didalam Alquran lewat beberapa ayatnya.

Tentunya jika perintah mengenai sesuatu telah Allah tulisakan didalam Alquran berarti sudah dapat diketahui seberapa pentignya amalan tersebut.

Menuntut ilmu ini juga menjadi salah satu amalan yang harus dikerjakan oleh siapapun. Selama ia masih hidup, maka ia juga memiliki kewajiban untuk selalu menuntut ilmu dan beribadah.

Karena Allah menjelaskan bahwa menambah ilmu jauh lebih penting dibanding dengan menambah kekayaan ataupun kemewahan.

Ayat Tentang Menuntut Ilmu

Jika kamu masih ragu akan hal itu, anda bisa perhatikan beberapa ayat alquran menuntut ilmu di bawah ini. Dengan mengetahui ayat-ayat ini maka dirimu akan semakin yakin kalau menuntut ilmu memang sesuatu yang penting dan diharuskan bagi setiap umat di dunia.

1. Surah Al-Alaq

Surah ini mengajarkan kita untuk “Bacalah” dengan begitu maka kamu akan mengetahui sesuatu yang tidak kamu ketahui.

“iqra' bismi rabbikallażī khalaq (1) khalaqal-insāna min 'alaq (2) iqra' wa rabbukal-akram (3) allażī 'allama bil-qalam (4) 'allamal-insāna mā lam ya'lam (5)”

Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan (1) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah (2) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia (3) Yang mengajar (manusia) dengan pena (4) Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya (5).”

2. Surah Al-Ankabut Ayat 43

Salah satu ayat yang menjelaskan bahwa manusia dapat berpikir melalui ilmu yang diketahuinya.

“Wa tilkal-amṡālu naḍribuhā lin-nās, wa mā ya'qiluhā illal-'ālimụn”

Artinya: “Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.”

3. Surah An-Nahl ayat 43

Surah ini menjelaskan bahwa dengan ilmu maka manusia bisa menjawab segala kesulitan yang dihadapi.

“Wa mā arsalnā ming qablika illā rijālan nụḥī ilaihim fas`alū ahlaż-żikri ing kuntum lā ta'lamụn”

Artinya: “Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.”

4. Surah Al-Mujadalah ayat 11

Surah yang menjelaskan tentang derajat orang yang ditinggikan karena menuntut ilmu.

“Yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr”

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Itulah penjelasan tentang pentingnya ilmu dalam kehidupan, serta ayat-ayat tentang menuntut ilmu dalam Al-Quran. Semoga dengan ini dapat menambah keimanan serta semangat dalam menuntut ilmu dan juga mengajarkannya.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment