Friday, November 28, 2014

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana Syariah

Keuntungan Berivestasi di Reksadana Syariah

Reksadana syariah merupakan salah satu jenis investasi berbasis islam yang disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang tidak boleh bertentangan dengan syariah, dirancang dengan sedemikian rupa sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat dan digunakan untuk berinvestasi pada beberapa jenis instrumen tertentu, dimana nantinya keuntungan yang dihasilkan akan di bagi menurut kesepakatan, jika terjadi kerugian yang disebabkan oleh pengelola maka kerugian tersebut akan ditanggung pengelola sendiri, tetapi jika kerugian bukan karena pengelola maka akan ditanggung oleh pemilih modal.

Lalu jika kita berivestasi melalui Reksadana Syariah, apa keuntngan yang bias kita dapatkan sebagai pengguna layanan tersebut? Berbicara tentang kelebihan dan keuntungan, berikut ini dalah beberapa keuntungan dari menggunakan layanan reksadana sistem syariah. Beberapa keuntngan tersebut yaitu:

ü  Resiko kecil, diversifikasi yang terwujud di dalam bentuk portofolio membuat tingkat resiko yang mungkin saja dapat kita alami menurun. Dengan diversifikasi dalam berbagai instrumen yang telah ditentukan, maka resiko menyebar atau memperkecil resiko, selain itu resiko juga lebih kecil dibandingkan dengan janis investasi yang lainnya.

ü  Mudah, kemudahan ini terlihat dari cara pembelian dan pengelolaannya. Kita tidak perlu mengelolanya sendiri karena ada manajer investasi yang mengelola modal yang telah kita investasikan di Reksadana Syariah.

ü  Likuiditas, kita bisa dengan mudah mencairkan kembali unit penyertaan setiap saat sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

ü  Efisiensi biaya, karena reksadana sendiri merupakan kumpulan modal dari beberapa orang, jadi biaya investasinya juga cukup kecil. Berbeda dengan investasi lain yang dilakukan secara individual.


Dengan begitu banyaknya manfaat yang ditawarkan tak heran jika masyarakat lebih tertarik untuk berinvestasi menggunakan reksadana syariah tersebut, selain halal juga menguntungkan. Jadi apakah kamu juga tertarik untuk berinverstasi menggunakan Reksadana Syariah.


EmoticonEmoticon