Monday, June 15, 2020

Rekomendasi Media Promosi Online untuk UKM Agar Dilirik Pelanggan

Media promosi online untuk UKM. Saat-saat seperti sekarang ini disebut sebagai waktu yang tepat untuk membangun branding dan melakukan promosi produk atau jasa yang kita miliki. Di mana orang-orang meluangkan lebih banyak waktunya untuk mengakses internet. Sehingga strategi promosi online jadi pilihan yang tepat jika ingin dilirik oleh banyak orang.

media promosi online untuk ukm

Strategi digital marketing jadi salah satu modal utama jika ingin mendapatkan pelanggan secara online. Untuk itu kita perlu menemukan media promosi online seperti apa yang sebaiknya kita gunakan untuk mendatangkan pelanggan.

Sebab saat ini sudah banyak pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memanfaatkan internet untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang mereka inginkan. Dengan mempelajari teknik pemasaran digital yang tepat, kita dapat menjangkau orang-orang yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Cara Promosi Online dengan Media Sosial


Media sosial kini jadi salah satu tempat favorit orang-orang untuk berbelanja dan berjualan. Sehingga tidak heran banyak pebisnis pemula yang membangun usaha mereka melalui media sosial. Kita juga bisa mencoba cara yang sama agar usaha yang kita jalankan bisa menjangkau banyak orang.

#1 Lewat Status Facebook


Kita tentu tahu kalau Facebook masih jadi jejaring sosial yang popular hingga sekarang. Masih bnyak orang yang menggunakan sosmed satu ini untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk berjualan. Apalagi Facebook juga menyediakan fitur toko online yang bisa kita manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Tapi cara mudah untuk berjualan di Facebook adalah melalui status. Setiap postingan kita pasti akan muncul di timeline dan dilihat oleh orang lain.

Meski belum memiliki interaksi yang tinggi, setidaknya dengan konsisten membuat status tentang produk dan jasa yang kita miliki, kita sudah mulai melalukan pemasaran digital dan membuat orang-orang mengetahui apa yang sedang kita tawarkan.

Kita tidak harus secara terang-terangan (hard selling) mempromosikan produk yang kita punya, kita bisa menyisipkannya di status biasa atau pada foto terbaik yang ingin kita upload. Membuat status dengan tipe story telling juga dapat mengundang perhatian orang untuk berinteraksi dengan kita.

#2 Menggunakan Postingan Instagram


Instagram juga jadi salah satu sosial media yang direkomendasikan jika kita mencari media promosi online terbaik. Ada banyak sekali orang yang memanfaatkan Instagram sebagai toko online. Di mana mereka bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia untuk menjangkau konsumen atau target market mereka secara mudah.

Untuk bisa melakukan pemasaran online di Instagram pun terbilang mudah. Kita hanya perlu mengupload konten yang berkualitas dan disukai oleh para followers kita. Kita bisa menaruh postingan produk dan jasa kita di feed, story atau bahkan menggunakan direct message (DM) Instagram.

Salah satu fitur menarik di Instagram story adalah kemampuan swipe up yang bisa membawa followers kita ke halaman tertentu. Namun untuk menggunakan fitur ini, kita perlu mencapai 10.000 followers terlebih dahulu.

Meski begitu, kita masih bisa menggunakan swipe up Instagram story tanpa 10k followers dengan memanfaatkan fitur Instagram lainnya, yaitu IGTV, di mana kita bisa mengisinya dengan vide-video yang mengulas tentang produk atau jasa kita.

Agar dapat memaksimalkan akun Instagram yang kita punya, sebaiknya gunakan akun Instagram Bisnis. Ini bertujuan agar kita dapat menganalisa followers dan menikmati berbagai fitur bisnis yang disediakan. Sehingga usaha kita untuk menarik pelanggan bisa lebih maksimal.

#3 Menggunakan Video TikTok


Bukan hanya Facebook dan Instagram, layanan berbagi video seperti TikTok pun kini banyak dimanfaatkan untuk melakukan digital marketing. Bahkan sudah banyak brand atau pemilik usaha yang menyasar pengguna TikTok untuk mendapatkan pelanggan.

Hanya saja di TikTok kita harus bisa memanfaatkan peluang untuk menampilkan produk atau jasa kita ke dalam bentuk video singkat yang menarik. Ini juga bisa dicoba oleh orang yang tidak percaya diri di depan kamera, karena kita hanya menampilkan sesuatu yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Cara Promosi Online dengan Youtube


Saat ini orang-orang sudah mulai beralih ke Youtube untuk menonton video yang mereka sukai. Ada anyak orang yang menhabiskan waktu mereka menonton video dari Youtuber atau Creator yang mereka ikuti.

Tak jarang para Youtuber juga memanfaatkan channel sebagai media promosi online yang potensial.

Kalau ingin mendapatkan pelanggan yang potensial dari Youtube, kita bisa mencoba cara-cara berikut ini.

#1 Membuat Video Review


Video review sangat cocok digunakan untuk menjelaskan produk dan jasa yang kita miliki. Kita bisa membuat video yang menjelaskan apa produk atau jasa yang kita tawarkan, apa saja keuanggulannya, dan bagaimana jika orang atau penonton kita ingin mendapatkannya.

Kita bisa mengarahkan penonton untuk mengikuti kita di sosial media dan mengarahkan mereka untuk membeli produk dan jasa kita. Jika tidak ingin menyebutkannya di dalam video, kita bisa menyematkan link di kolom deskripsi video tersebut. Sehingga penonton akan lebih mudah untuk mengakses semua link yang kita siapkan.

#2 Mengulas Tema yang Relevan


Kita tidak harus selalu membuat video promosi produk. Kita bisa memberikan video lainnya agar penonton atau pelanggan kita lebih betah berlama-lama di channel kita. Salah satunya dengan membuat video yang masih relevan dengan produk atau usaha yang kita jalankan.

Misal kita menjual produk sepatu, kita bisa membuat video cara merawat sepatu yang baik, cara mencuci sepatu yang benar, tips memilih sepatu, dan tips atau tutorial lainnya yang berguna untuk penonton.

#3 Melakukan Kolaborasi


Agar channel yang kita bangun bisa tumbuh dengan cepat, kita perlu melakukan kolaborasi, baik dengan sesama Youtuber atau dengan orang-orang yang berhubungan dengan bisnis kita. Melakukan kolaborasi dengan orang yang sudah dikenal dan memiliki pengaruh yang kuat, dapat membuat channel kita tumbuh lebih cepat.

Ketika subscriber kita sudah banyak, video yang kita buat diminati oleh banyak orang, maka kita akan lebih mudah untuk memasarkan usaha yang kita punya. Selanjutnya kita hanya tinggal menganalisa konten yang sesuai untuk pelanggan kita di Youtube.

Cara Promosi Online dengan Website Pribadi


Selain menggunakan media sosial, kita juga bisa menggunakan website pribadi sebagai media promosi online untuk UKM. Kita bisa menjangkau pelanggan yang mencari produk atau jasa kita melalui mesian pencari semisal Google.

Kita pun bisa menjelaskan produk atau jasa kita dengan sangat detail. Kemudian memberikan akses yang mudah kepada pelanggan untuk melakukan pemesanan.

Untuk bisa melakukan pemasaran digital melalui website sendiri, kita bisa mencoba cara-cara berikut.

#1 Membuat Artikel Tentang Produk


Jika website yang kita buat menggunakan desain blog biasa (bukan toko online), kita bisa membahas semua produk atau layanan kita menggunakan artikel. Tulis semua informasi tentang produk atau layanan tersebut secara lengkap, sehingga pembaca bisa memahami dan memutuskan untuk segera menghubungi kita.

Biasanya kita cukup menjelaskan dengan tulisan sebanyak 300 hingga 500 kata. Namun jika dirasa kurang, kita bisa membuatnya lebih panjang, misal 800 kata atau 1000 kata. Sebaiknya gunakan kalimat-kalimat pendek agar tidak terkesan terlalu panjang sehingga pembaca bosan dan malah meninggalkan website kita.

#2 Menargetkan Kata Kunci yang Sesuai


Jika di Facebook dan Instagram kita bermain dengan hashtag (tagar), maka di website toko online kita bermain dengan kata kunci (keyword) untuk menarget konsumen. Misalnya kita punya produk sepatu, maka kata kunci yang kita gunakan dalam artikel adalah sepatu murah terbaik, sepatu pria murah, sepatu branded berkualitas, dan semacamnya.

Harapanyya ketika orang mengetik kata kunci tadi di mesin pencari, maka website kita akan tampil di hasil pencarian tersebut. Namun untuk bisa mendapatkan hasil tersebut, kita perlu melakukan optimasi SEO di website dan artikel yang kita buat.

#3 Menemukan Market atau Pelanggan


Saat pertama kali membuat website, kita harus menentukan akan menarget pelanggan (target market) yang seperti apa. Umumnya kita akan melakukan riset, mulai dari usia, lokasi, perilaku calon konsumen, dan pekerjaan mereka.

Hasil riset tersebut nantinya akan kita manfaatkan untuk mendesain konten di website kita.
Setelah kita mengetahui market dan pelanggan yang kita inginkan, maka akan mudah bagi kita memaksimalkan web yang dimiliki.

Kita bisa memanfaatkan sosial media untuk membuat orang mau mengunjungi web tersebut dan mendapatkan informasi tentang produk dan jasa kita.

#4 Melakukan Optimasi SEO


Jika kita ingin mendapatkan pelanggan dari mesin pencarin seperti Google, Bing, dan semacamnya, maka kita perlu melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya agar website artau artikel kita bisa muncul di halaman terdepan hasil pencarian.

Tidak perlu khawatir jika tidak bisa melakukan optimasi SEO untuk bisnismu saat ini, karena kamu bisa menggunakan jasa orang lain untuk melakukannya. Kamu hanya perlu menyediakan website yang sudah dilenkapi dengan informasi tentang bisnismu dan kata kunci yang kamu inginkan untuk web tersebut.

#5 Memanfaatkan Google Bisnis


Google juga memudahkan kita dalam mendapatkan media promosi online terbaik. Kita bisa memanfaatkan fitur Google Bisnisku atau biasa disebut GMB (Google My Business). Kita bisa memasukkan binsis kita di Google Bisnis. Sehingga saat orang mencari “toko sepatu murah terdekat” di Google, maka toko kita akan muncul di pencarian.

Media promosi online satu ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki bisnis lokal. Kamu juga akan mendapatkan laporan setiap bulan tentang perkembangan Google Bisnis yang kamu buat melalui email. Sehingga halamannya bisa lebih dimaksimalkan lagi.

Selain memaksimalkan promosi menggunakan media-media di atas, kamu juga bisa memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan, misalnya saja dengan menyediakan sistem pembayaran yang mudah serta memberikan promosi menarik agar mereka betah berbelanja ditempatmu.

Jika usaha UKM yang kamu jalankan memiliki karyawan yang cukup banyak, sebaiknya gunakan absensi online untuk memudahkan proses absen mereka. Sehingga kita sebagai owner bisa memantau kinerja mereka dengan baik.

Media digital yang dibahas dalam tulisan ini hanya beberapa media yang umum digunakan para pebisnis dan pelaku UKM untuk memasarkan produk mereka. Masih banyak media lainnya yang dapat dimaksimalkan untuk keperluan promosi dan branding online.

Tinggal bagimana kita mengelola semua media tersebut.


EmoticonEmoticon