Thursday, March 28, 2019

Mengatasi Masalah Pembayaran Ketika Menjalankan Usaha Kuliner

Usaha di bidang kuliner menjadi salah satu yang banyak dijalankan saat ini. Mengingat makanan merupakan kebutuhan utama setiap orang, sehingga tidak heran jika bisnis kuliner bisa sangat menjanjikan dan menarik banyak pelanggan. Apalagi jika bisa menghadirkan sebuah usaha kuliner yang unik dengan tempat yang menyenangkan, tentu akan semakin menarik minat orang-orang untuk datang dan menikmati menu yang disediakan.

Mengatasi Masalah Pembayaran Ketika Menjalankan Usaha Kuliner

Tapi tidak ada usaha yang tidak memiliki masalah. Para pelaku bisnis kuliner tentu punya beragam cerita berbeda soal masalah yang mereka hadapi ketika merintis usaha satu ini. 

Kesulitan Wirausaha Kuliner


Ketika menjalankan usaha kuliner, kita akan dihadapkan dengan beberapa masalah yang sering dihadapi seiring berkembangnya usaha tersebut. Salah satunya dalam hal pembayaran. Bahkan tidak jarang, masalah yang terjadi juga dialami oleh para pelanggan. Berikut beberapa kesulitan wirausaha kuliner dalam menjanlankan bisnis mereka.

Keterbatasan Modal


Seringkali kita mengalami masalah kekurangan modal ketika ingin menjalankan sebuah usaha, tidak terkecuali usaha kuliner. Keterbatasan ini menuntut kita untuk bisa mendapatkan tambahan uang dan mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan dengan pendapatan dari usaha yang sedang dijalankan.

Persaingan Bisnis


Ada banyak orang yang mungkin saja menjalankan bisnis yang sama dengan kita, bahkan mereka membuka usaha di tempat yang sama. Masalah ini bisa kita atasi dengan memberikan sesuatu yang tidak diberikan oleh pemilik usaha lainnya. Misalnya saja seperti ruangan yang nyaman, akses internet yang baik, dan juga penataan tempat yang unik serta instagramable.

Pilihan Metode Pembayaran


Seringkali kita harus dipusingkan dengan metode pembayaran yang menyulitkan. Terutama jika pelanggan kita sudah terbiasa dengan yang namanya cashless atau pembayaran non tunai yang bisa dilakukan secara online. Pembayaran manual sering membuat kita bingung dalam memberikan kembalian atau menghitung total pembelian pelanggan dengan cepat dan tepat.

Adanya pilihan metode pembayaran yang sesuai dan memudahkan, akan membuat kita lebih nyaman dalam menjalankan usaha.

Pencatatan Keuangan


Masalah lainnya yang juga sering dialami oleh wirausaha kuliner adalah pencatatan keuangan. Seringkali hal ini masih dilakukan secara manual, sehingga akan ditemukan selisih hitungan yang membuat bingung. Hal ini masih bisa diatasi dengan pencatatan menggunakan aplikasi mesin kasir atau semacamnya.

Memberikan Bukti Pembayaran


Pelanggan biasanya memerlukan bukti pembayaran, terutama mereka yang memerlukan laporan keuangan. Entah itu pada kantor tempat bekerja atau ketika mengadakan kegiatan besar. Memberikan nota bukti pembayaran bisa menjadi salah satu nilai lebih bagi usaha kita. Karna memberikan kemudahan kepada pelanggan.

Solusi Masalah Pembayaran Wirausaha Kuliner


SPOTS Aplikasi Kasir Online dari GOJEK

Setiap masalah tentu ada solusinya, terutama soal pembayaran di bidang usaha kuliner. Apalagi sekarang sudah ada sebuah mesin kasir berukuran kecil yang bisa mengatasi masalah ini. Aplikasi yang dimaksud adalah SPOTS, sebuah sistem point of sale dari GOJEK yang ditujukan untuk menjawab kebutuhan para pelaku usaha, khususnya di bidang kuliner.

SPOTS merupakan aplikasi multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja untuk pembayaran GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, dan membuat laporan keuangan harian. Dengan mesin kasir mungil ini kita juga bisa mencetak resi instan dengan mudah dan cepat.

Bentuknya yang terbilang ringkas dan penggunaan yang sederhana, membuat pekerjaan jadi lebih cepat. Semua bentuk pembayaran tercatat dengan sangat rapi dan kita bisa membuat kategori untuk masing-masing tipe pembayaran.


Menjalankan usaha kuliner dengan sistem pembayaran yang mudah jadi semakin keren dengan SPOTS. Sebab sistem yang ditawarkan oleh SPOTS memungkinkan pemilik usaha untuk mengetahui pendapatan harian langsung dari email mereka. Para pelaku usaha atau UMKM yang ingin menggunakan SPOTS bisa langsung menghubungi sales marketing SPOTS yang tersebar di berbagai kota.

Pengguna cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 290.000 rupiah (dengan biaya perawatan Rp. 2.900/hari) untuk bisa mendapatkan mesin kasir canggih ini. Video berikut ini akan menunjukkan bagaimana SPOTS menjadi solusi berbagai masalah wirausaha kuliner.


Asiknya lagi, bukan hanya pemilik restoran atau cafe saja yang bisa memanfaatkan sistem SPOTS untuk memudahkan pembayaran. Para tukang sate keliling, kantin di perkantoran dan usaha UMKM lainnya pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Setelah membaca ulasan singkat ini, kamu pasti mulai mempertimbangkan untuk melengkapi usahamu dengan aplikasi kasir satu ini. Gunakan sekarang, dan nikmati semua kemudahan yang diberikan.

Artikel ini didukung oleh SPOTS.


EmoticonEmoticon