Tuesday, May 21, 2019

Rahasia Swipe Up di Insta Story Tanpa 10k Followers

Kita tentu sudah lama mendengar kalau Instagram memiliki fitur yang sangat menarik, yaitu fitur swipe up di insta story. Swipe up di Instagram memudahkan pengguna untuk menambahkan link pada Instagram story yang mereka bagikan. Kita bebas menyematkan link apa saja, misal menuju ke postingan terbaru, video terbaru di Youtube, poastingan di blog dan ke mana pun yang kita mau. Tapi, ternyata fitur ini memiliki syarat dan ketentuan berlaku.

Swipe Up di Instagram Tanpa 10k Followers

Swipe Up di Instagram


Saat kita sudah bisa melihat ikon “rantai” yang menandakan adanya fitur penempatan link pada Insta story kita, rasanya tentu akan sangat menyenangkan sekali. Sebab itu artinya kita sudah memenuhi persyaratan yang diberlakukan oleh Instagram untuk bisa “unlock” fitur keren tersebut.

Ya, umumnya swipe up di Instagram hanya bisa dilakukan kalau kita sudah melalui tahapan tertentu, seperti sudah mengubah akun Instagram jadi akun bisnis atau mendapat 10k (10.000) followers. 

Sayangnya, belum banyak yang mampu untuk memenuhi jumlah followers yang diminta, apalagi untuk pemula yang baru mulai menggunakan Instagram dan belum begitu mengerti tentang cara optimasi Instagram.

Cara Swipe Up di Instagram Tanpa 10k Followers


Adaanya fitur swipe up dengan aturan jumlah followers tersebut tentu memiliki efek yang sangat baik. Sebab  pengguna Instagram bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang dengan cara menjadi influencer atau selebgram. Tentu untuk menyebarkan hal baik dan membantu orang lain memperkenalkan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Jangan khawatir dan langsung memutuskan untuk menyerah jika saat ini followers Instagram kamu masih dibawah 10.000, kamu masih bisa melakukannya dengan sedikit trik khusus yang tidak melanggar ketentuan Instagram (semoga saja begitu). Kamu pun bisa follow Instagram penulis Softrickinfo untuk membantu kamu mendapatkan followers baru.

Swipe up di Instagram via IGTV
Swipe up di Instagram via IGTV

Untuk mengaktifkan swipe up di Instgram tanpa 10k followers, kita bisa manfaatkan salah satu fitur yang juga banyak digunakan oleh para Instagrammer, yaitu IGTV. Di mana hanya dengan bermodal video berdurasi minimal 15 detik kamu sudah bisa memunculkan icon link saat upload story di Instagram.


Pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengisi IGTV kamu dengan video bebas, minimal durasi 15 detik. Kamu juga bisa menggunakan gambar kreasi sendiri yang dibuat dalam bentuk video menggunakan aplikasi edit video android, dan kemudian upload ke IGTV kamu. Setelah itu tutup dan hapus Instagram dari daftar “recent apps”.

Buka kembali Instagram kamu dan masuk ke fitur Insta story. Di sini kamu bebas memilih untuk menggunakan video, gambar atau tulisan dengan latar warna yang ingin kamu jadikan story. Tapi yang perlu diingat adalah pastikan icon link sudah ada pada menu story seperti gambar berikut.

Icon link di Insta Story tanpa 10k followers
Icon link di Insta Story tanpa 10k followers

Setelah story siap dibagikan, klik icon link dan sambungkan story tersebut ke video IGTV yang tadi sudah disiapkan. Pastikan juga kamu menyisipkan link tujuan pada kolom deskripsi video IGTV yang akan digunakan. Upload dan lihat hasilnya.

Menyambungkan insta story ke IGTV
Menyambungkan insta story ke IGTV


Memanfaatkan Kekuatan “Call to Action”


Karena ini bukan swipe up murni seperti yang diberikan oleh Instagram pada pengguna mereka yang sudah memenuhi syarat, kita harus menggunakan “Call to Action” atau ajakan kepada followers kita agar mau melakukan swipe up. Ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan teks atau animasi swipe up yang disediakan oleh Instagram pada story yang kamu bagikan.

Kamu juga perlu menggunakan cara ini pada video IGTV yang dijadikan sebagai jalan pintas bagi followers kamu agar bisa mengklik link yang kamu sisipkan pada kolom deskripsi video tersebut. Sebab ketika dibuka, judul dan deskripsi vdeo IGTV akan tersembunyi dan harus ditap untuk menampilkannya.

Kendala yang Mungkin Terjadi dan Solusinya


Saat mencoba cara ini, ada beberapa kendala yang akan dialami. Tapi tenang saja karena itu bukan masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan atau peretasan. Kendala yang mungkin juga akan kamu alami adalah icon link yang tidak selalu muncul ketika kita membuat story, juga Instagram yang tiba-tiba crash atau not responding ketika icon tersebut di klik.

Cara mengatasinya sangat mudah. Kamu hanya perlu menutup aplikasi Instagram, menghapusnya dari daftar recent apps, dan buka kembali Instagram kamu. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga icon link muncul dan bisa diklik untuk menautkan story ke IGTV.

Video Tutorial Swipe Up Tanpa 10k Followers


Postingan ini hanya menjelaskan sedikit tentang cara swipe up di Instagram tanpa 10k followers. Jika kamu bingung dengan langkah-langkah yang diberikan, kamu bisa menonton video berikut di bawah ini.



Kalau sudah berhasil, jangan lupa untuk tinggalkan komentar pada postingan ini, bagikan kepada teman-temanmu yang lain, dan jangan lupa untuk follow @bahruladitya di Instagram.


EmoticonEmoticon