Sunday, July 21, 2019

Cara Hemat Kuota Saat Main Instagram yang Harus Kamu Coba

Sebagai pengguna aktif Instagram, kita tentu lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka sosial media satu ini. Instagram memang salah satu aplikasi populer yang sangat menyenangkan. Lewat aplikasi tersebut kita melihat banyak foto atau video yang menarik dan menghibur.

cara hemat kuota di instagram yang harus dicoba
Main Instgram tetap hemat kuota

Kita juga bisa melihat artis kesukaan kita saat melakukan live video dan membagikan aktivitas terbarunya melalui fitur story.

Tapi, sadarkah kita sudah berapa banyak kuota yang dihabiskan untuk menikmati semua konten yang dihadirkan oleh Instagram? Ini mungkin tidak begitu mengejutkan jika kamu adalah pengunjung cafe dengan WiFi super ngebut atau punya koneksi WiFi sendiri di rumah.

Sementara kamu yang memilih menggunakan paket internet dengan batasan kuota tentu akan sangat menyukai ini. Apalagi jika kamu selalu panik saat kuota sudah semakin menipis padahal baru saja rasanya membeli paket internet.

Cara Hemat Kuota di Instagram


Berikut beberapa cara agar bisa hemat kuota di Instagram yang bisa kamu coba. Siapa tahu ini akan sangat berguna untukmu.

Menggunakan Instagram Lite


Sama seperti aplikasi populer lainnya, Instagram juga tersedia dalam versi lite. Instagram Lite ini tentu saja menawarkan berbagai fitur yang sangat ringan dan bisa membantu untuk menghemat penggunaan data internet.

Meski begitu, ada beberapa fitur yang dibatasi pada aplikasi ini. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa download Instagram Lite terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Swipe Up di Instagram Tanpa 10k Followers

Saat mengggunakan Instagram lite, kamu tidak bisa memakai fitur direct message (DM). Kamu pun tak bisa mengupload konten berupa video. Tenang, kamu tetap bisa berbagi video dan story ke para followers.

Mengaktifkan Fitur Data Saver


Kalau kamu tetap memilih memakai Instagram regular yang umum digunakan, kamu tetap bisa mencoba menghemat pemakaian kuota. Instagram sendiri sudah menyediakan fitur “Use Less Data” di mana kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan sangat mudah.

Untuk mengaktifkan fitur hemat data di Instagram, kamu tinggal masuk ke menu Settings, kemudian pilih Account. Setelah itu pilih Cellular Data Use. Nah, di sini kamu hanya tinggal mengaktifkan Data Saver agar penggunaan data di Instagram jadi lebih hemat.

pengaturan instagram untuk aktifkan data saver
Buka pengaturan Instagram via instagram.com/bahruladitya

Fitur ini akan secara otomatis memberikan pengguna tampilan foto atau video dengan resolusi yang sedikit lebih rendah dari aslinya. Namun pihak Instagram sendiri tetap berusaha menjaga kualitas dari foto atau video yang ditampilkan.

Ketika data saver sudah kamu aktifkan, maka akan muncul fitur baru bernama “High Resolution Media”. Menu tersebut akan otomatis aktif dalam pilihan WiFi Only. Tapi jika kamu mau, kamu bisa mengubahnya ke pilihan Never atau Cellular+WiFi.

data saver instagram untuk hemat kuota
Data saver Instagram via instagram.com/bahruladitya

Sekarang kamu sudah bisa mencoba untuk langsung menerapkan cara ini di akun Instagram yang kamu gunakan. Setidaknya cara-cara ini akan sedikit membantu kamu menghemat penggunaan kuota bulanan kamu.


EmoticonEmoticon