Saturday, June 15, 2019

Ternyata Begini Cara Wisnu Kumoro Bikin Konten Youtube dari HP

Banyak orang saat ini yang bercita-cita menjadi seorang Youtuber. Apalagi kita tahu, konten video sangat disukai oleh berbagai kalangan. Ditambah lagi adanya keuntungan yang didapatkan jika video yang dibuat mendapat banyak views atau tayangan. Youtube jadi salah satu media berbagi video yang sangat digemari sekarang ini. Ada banyak sekali channel di layanan tersebut yang memberikan informasi dan edukasi.

cara membuat dan edit video youtube di hp

Salah satu channel Youtube yang bisa diikuti adalah Wisnu Kumoro. Seorang content creator yang fokus pada informasi seputar teknologi, terutama soal perkembangan gadget saat ini. Belum lama ini Wisnu mengupload sebuah vlog yang membahas tentang pembuatan konten Youtube menggunakan smartphone.


Membuat Video Youtube di HP


Banyaknya pertanyaan dari para subscriber Wisnu soal pembuatan video di channelnya, membuat pria tersebut membuat sebuah vlog yang membongkar rahasia seorang Wisnu Kumoro dalam membuat sejumlah video review yang dilakukannya selama ini.

Kalau kita ikuti, memang dalam beberapa kesempatan Wisnu tampak menggunakan handphone untuk merekam videonya. Hal tersebut ternyata sengaja dilakukan untuk menunjukkan kualitas sebenarnya dari smartphone yang ia gunakan.

Tentu tidak ada smartphone yang benar-benar sempurna sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi Wisnu menjelaskan kalau dia memilih handphone sebagai alat produksi karena itu sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu cara tersebut juga dinilai lebih ringkas, sebab hampir semua proses mulai dari editing hingga rendering, dilakukan di smartphone.

Untuk audio, Wisnu lebih memilih untuk menggunakan mic eksternal. Tujuannya agar kualitas sura yang dihasilkan jadi lebih baik dibandingkan hanya menggunakan mic bawaan handphone. Selebihnya semua dikerjakan menggunakan beberapa aplikasi tambahan.

Aplikasi Edit Video di Android


Mirip seperti Yutuber pemula lainnya, beberapa aplikasi yang digunakan oleh Wisnu Kumoro juga terbilang aplikasi edit video di Android yang banyak digunakan. Dalam mengedit video-videonya, Wisnu lebih sering menggunakan Kinemaster.

Tapi sebelumnya ia juga sempat menggunakan aplikasi lain seperti PowerDirector. Hanya saja ia lebih senang memakai Kinemaster karna dirasa paling nyaman untuk kebutuhannya saat ini. Bahkan penambahan audio, transisi dan semacamnya dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Saran untuk Youtuber Pemula


Belajar dari dirinya yang berusaha memaksimalkan alat yang dimiliki, Wisnu juga memberikan sedikit saran bagi kita semuanya yang mungkin saat ini sedang merintis sebagai Youtuber pemula.

“Kesuksesan itu ditentukan bukan dari alat yang kalian gunakan, tapi dari kebiasaan kalian. Jadi kalau kalian kebiasaannya adalah penunjang untuk keberhasilan, menurut gue alat apapun yang kalian gunakan tetap aja akan berhasil,” ujarnya dalam video tersebut.

Cara Upload Video di Youtube


Meski sudah sangat populer, kadang masih ada pengguna yang kebingungan soal cara upload video di Youtube. Untungnya baik melalui laptop atau smartphone, upload video sama saja mudahnya. Ketika sudah masuk ke aplikasi atau akun Youtube kita hanya perlu mencari menu upload dan mencari video yang ingin kita bagikan.

Memang lebih mudah jika menggunakan Android. Kita hanya perlu masuk ke aplikasi kemudian klik icon video yang ada di bagian atas. Setelah itu kita bisa memilih video mana yang ingin diupload. Kita bisa menambahkan judul, deskripsi dan privasi video tersebut. Cara ini juga juga tidak berbeda jauh ketika dilakukan lewat komputer.

Jadi, ayo kita membuat konten Youtube yang bisa dinikmati oleh banyak orang. Membangun channel Youtube dengan konten yang menarik sehingga bisa mendatangkan banyak views dan subcribers di channel yang kita miliki.


EmoticonEmoticon