Program Dayamaya: Upaya Meningkatkan Ekonomi Digital di Daerah 3T

Post a Comment

 Pemerintah terus berupaya mendukung perkembangan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk derah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Salah satu yang tengah diperjuangkan adalah meningkatkan ekonomi digital di daerah yang masuk dalam kategori 3T.

program dayamaya

Untuk mewujudkan tujuan tersebut pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang merupakan bagian dari Kemkominfo melaksanakan program Dayamaya

Program ini menggandeng sejumlah pihak yang diharapkan mampu membantu mendorong pertumbuhan ekonomi digital di daerah 3T.

Program Dayamaya menggandengan para pelaku e-commerce, startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM untuk saling bersinergi menggali potensi dan mencari solusi terbaik bagi masyarakat setempat.

Program Pemerintah untuk Daerah 3T

Dayamaya merupakan salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk membantu perekonomian masyarakat di daerah 3T. Terutama meningkatkan perekonomian masyarakat melalui digital. Program ini menggandeng banyak pihak agar bisa memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat.

Daftar Daerah 3T 2020 yang Masuk Program Dayamaya

Program Dayamaya diharapkan mampu menyentuh seluruh daerah di Indonesia, khususnya daerah yang masuk dalam kategori 3T. Setidaknya ada 24 provinsi yang sudah masuk dalam program Dayamaya. Informasi lengkap tentang daerah yang masuk dalam program ini bisa dilihat langsung melalui laman Dayamaya.

Startup yang Berkontribusi di Dayamaya

startup atourin

Menurut Danny Januar Ismawan, Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah, sudah ada 5 dari inisiatif yang terpilih pada tahun 2019 yang kini sudah bergerak di masyarakat.

3 dari 5 inisiatif yang terpilih, sudah berhasil memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, yaitu Atourin, Cakap, dan Jahitin.

Atourin

Atourin merupakan salah satu startup binaan program Dayamaya. Perusahaan teknologi ini membantu masyarakat melalui sektor pariwisata. Mereka tidaknya hanya menawarkan jasa dan layanan secara online, tapi masyrakat juga bisa menikmati layanan mereka secara langssung.

Salah satu kontribusi mereka untuk perekonomian digital masyarakat di kawasan 3T diberikan dalam bentuk pelatihan bagi pemandu wisata di Natuna.

Sudah ada 10 pemandu wisata yang mendapatkan lisensi melalui pelatihan tersebut. Sehingga mereka lebih siap untuk membantu memajukan serta mempromosikan wisata melalui media sosial.

Cakap

Bergerak di sektor pariwisata, Cakap menawarkan pembelajaran bahasa asing untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di daerah 3T.

Melalui platform belajar ini masyarakat bisa mengakses sejumlah pelatihan yang sudah disediakan. Misalnya pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Kontribusi Cakap juga bisa dilihat melalui salah satu program mereka, yaitu digital assesement  yang diadakan di beberapa tempat, seperti Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Program yang diadakan secara online tersebut melibatkan peserta sebanyak 250 orang yang merupakan pelajar SMA.

Jahitin

Sesuai namanya, platform ini diciptakan untuk membantu masyarakat agar bisa meningkatkan kemampuan menjahit yang mereka miliki.

Sama seperti beberapa platform lainnya, layanan ini juga memberikan pelatihan kepada masyarakat, salah satunya mengajarkan bagaimana mengolah limbah kain tenun menjadi produk yang memiliki nilai jual.

Selain memberikan workshop dan pelatihan terkait tentang keterampilan menjahit, platform ini juga membantu masyrakat mengakses pasar agar bisa menjual produk yang mereka hasilkan.

Q&A Program Dayamaya

Mungkin masih banyak dari kamu yang penasaran dengan program Dayamaya dan ingin mengenal program ini lebih jauh. Untuk itu, kami merangkum beberapa pertanyaan yang bisa kamu simak berikut ini.

Apa itu Program Dayamaya?

Dayamaya adalah sebuah program yang digagas untuk membantu meningkatkan perekonomian digital masyarakat yang berada di daerah 3T. Program ini menggandeng para pelaku startup, e-commerce, UMKM, dan komunitas agar bisa memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat.

Siapa Saja yang Boleh Mendaftar di Dayamaya?

Program ini bisa diikuti oleh siapa saja yang termasuk dalam startup, komunitas, kelompok masyarakat, dan UMKM digital yang memiliki ketertarikan pada sektor kesehatan, pendidikan, agribisnis, pariwisata, fintech, dan logistik.

 Apa Saja Bentuk Dukungan yang Diberikan Dayamaya?

Setidaknya ada sekitar empat jenis bantuan berupa fasilitas diberikan, yaitu pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi, dan sosialisasi & pemasaran.

Kesimpulan

Pemerintah berusaha mendorong pertumbuhan dan kemajuan ekonomi bagi masyarakat yang berada di daerah 3T. Melalui program Dayamaya, pemerintah berupaya meningkat pertumbuhan ekonomi digital masyarakat di daerah tersebut.

Saat ini sudah ada beberapa inisiatif terpilih yang sudah berhasil meberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan mampu memiliki kemampuan lebih untuk bersaing, menciptakan serta menawarkan produk yang mereka hasilkan.


Bahrul Ilmi
Blogger, SEO Content Writer dan Freelance Web Content Editor.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment