Penyebab Flu yang Perlu Dihindari, Sehat Terus Ya Kamu!

Post a Comment

 Pandemi Covid-19 membuat banyak orang semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan.

Apalagi bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Sehingga sangat mudah terserang penyakit, tidak terkecuali flu.

Meski terdengar sepele, mengalami flu tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga pekerjaan harian.

cara mengatasi flu

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan. Termasuk ketika Pandemi sudah berlalu. Sebab masih banyak jenis penyakit lain yang bisa menyerang.

Bahkan flu yang kita anggap penyakit ringan, pernah menjadi wabah yang sangat menakutkan. Indonesia pernah mengalami wabah flu burung (H5N1) pada tahun 2005. Wabah tersebut dilaporkan juga menjangkiti manusia.

Selain itu ada flu babi yang terjadi pertama kali di Amerika Utara pada tahun 2009. Wabah ini kemudian menjadi pandemi dan menyebar ke berbagai negara selama beberapa bulan.

Virus yang menyerang sejumlah negara ini menelan korban hingga 18.449 orang menurut data lab WHO.

Tapi tenang, flu yang kita bahas kali ini tidak berbahaya seperti itu. Namun tetap harus kamu hindari agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Pengertian Flu yang Sebaiknya Kamu Tahu

Menurut sejumlah ahli kesehatan, flu adalah penyakit yang terjadi karena serangan virus pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Setelah 3-4 hari pertama, penyakit ini bisa menular ke orang lain. Penyakit ini umumnya terjadi saat musim pancaroba.

"Artikel ini ditulis berdasarkan informasi yang dirangkum melalui beberapa situs kesehatan terkemuka di Indonesia. Informasi yang diberikan berdasarkan rekomendasi pakar kesehatan yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.”

Gejala Flu yang Perlu Diketahui

Sebelum memastikan kamu terkena flu atau bukan, ada baiknya untuk mengetahui gejala sakit flu terlebih dahulu. Ada beberapa gejala flu yang bisa kamu kenali dan rasakan sendiri, yaitu:

  • Batuk kering
  • Sakit kepala
  • Pegal-pegal
  • Sakit tenggorokan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Hidung tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Keluar cairan berlendir dari hidung

Sangat menetahu gejala flu yang sedang kamu alami. Karena nantinya hal tersebut juga akan memudahkan dokter dalam melakukan diagnosa.

Kamu juga bisa baca artikel tentang mengatasi gejala flu untuk membantu mengatasi gelaja flu yang sedang kamu alami.

Penyebab Flu yang Harus Dihindari

Flu termasuk kategori penyakit menular. Maka dari itu penyebab kamu terkena flu juga bisa bermacam-macam. Salah satunya karena interaksi dengan orang yang sedang menderita flu.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh percikan air liur atau tidak sengaja menghirup udara yang terkena bersin atau batuk dari orang yang sedang flu.

Cara Mudah Mengatasi Flu

Meski menular, kamu tidak perlu khawatir dan terlalu cemas ketika terkena flu. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan flu. Tergantung seberapa parah flu yang sedang diderita.

Untuk sakit flu ringan, bisa diobati dengan istirahat yang cukup, banyak mengonsumsi makanan sehat, dan perbanyak minum air.

Sedangkan untuk flu yang tergolong berat, kamu sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Di masa pandemi seperti ini, protokol kesehatan yang dijalankan dengan baik juga akan sangat membantu proses penyembuhan flu.

Q&A Tentang Flu

Selain beberapa penjelasan tentang flu di atas, ada banyak juga pertanyaan yang berkaitan dengan sakit flu dan cara mengobatinya. Berikut beberapa pertanyaan tentang flu yang bisa kamu simak.

Apa yang Dirasakan Saat Flu?

Flu memiliki beberapa fase. Umumnya saat mengalami flu, kita akan merasakan gatal di tenggorokan, hidung mulai tersumbat dan kehilangan nafsu makan.

Tubuh akan mulai bereaksi pada hari kelima hingga hari ke0-7 setelah mengalami flu.

Pada fase tersebut tubuh mulai merasa demam, kedinginan, dan terasa sakit pada bagian otot.

Kenapa Saya Mudah Terserang Flu?

Tubuh kita memiliki sistem pertahanan. Biasa dikenal dengan sistem imun. Sistem tersebut akan melemah ketika kesehatan kita tidak stabil atau karena aktivitas tertentu.

Ketika sistem imun melemah, kita akan lebih mudah diserang penyakit, termasuk flu.

Apa Perbedaan Flu dan Pilek?


Sering dianggap sama, namun flu dan pilek adalah penyakit yang berbeda. Flu dilihat dari gejalanya merupakan penyakit yang lebih serius daripada batuk atau pilek.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terserang Flu?


Tergantung seberapa parah flu yang diderita. Jika masih dalam kondisi ringan, bisa disembuhkan dengan banyak-banyak istirahat, mengatur pola makan dan mejaga kesehatan. Jika sudah terlalu parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Berapa Lama Sembuh dari Flu?


Untuk flu ringan, umumnya akan berlangsung selama 5 hingga 7 hari. Namun dalam beberapa kasus, ada juga yang sembuh setelah 10 hari atau lebih.

Apakah Flu Bisa Sembuh Sendiri?


Umumnya flu akan sembuh dengan sendirinya. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan virus penyebab flu akan mati dengan sendiri setelah satu minggu. Namun tentu saja imunitasmu juga turut mempengaruhi prosesnya.

Kesimpulan


Flu adalah salah satu penyakit yang umum diderita oleh siapa saja. Meski begitu, kita tetap harus menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Mengingat ada beberapa flu yang pernah terjadi dan digolongkan sebagai pandemi yang memakan banyak korban.

Walau dikategorikan sebagai penyakit menular, kita tetap bisa menjaga agar tidak terkena flu. Menjaga jarak dan rajin cuci tangan juga bisa menghindarkan kita dari flu.

Selain itu menjaga kesehatan dan meningkat kekebalan tubuh juga sangat penting agar tidak mudah terkena flu.

Jadi, tetap jaga kesehatan dan jangan sampai sakit, ya.

Bahrul Ilmi
Blogger, SEO Content Writer dan Freelance Web Content Editor.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment