Mengenal Game Solitaire & Manfaatnya dalam Keseharian

Post a Comment

Bermain game tentunya jadi salah satu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, baik sendirian maupun bersama teman. Apalagi saat ini indutri game sedang berkembang dengan sangat pesat. Menurut rilis yang dikeluarkan oleh Katadata, ada sekitar 60,2% pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkatnya untuk bermain game.

Sementara itu menurut data yang dikeluarkan oleh Statista, jumlah pemain game mobile di Indonesia mencapai 54,7 juta pada 2020. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 24% dibandingkan 2019 sebanyak 44,1 juta.

Kenyataan tersebut mengisyaratkan bahwa pertumbuhan game di tanah air sangat potensial. Jika kamu hanya seorang penikmat game, kabar ini tentunya merupakan hal baik karena nantinya akan ada banyak game yang terus dikembangkan, dan tidak menutup kemungkinan game lawas seperti Solitaire juga akan terus diperbarui.

Berbicara tentang game klasik seperti Solitaire, ternyata permainan ini masih memiliki ruang tersendiri di hati para penggemarnya. Terutama mereka yang sudah bergelut di dunia game sejak lama. Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengenal game ini, namun tidak mengetahui cerita di baliknya.

permainan kartu solitaire
Berikut kami beberkan beberapa fakta menarik mengenai game Solitaire.

Fakta Unik Game Solitaire

Game asah otak seperti Solitaire ternyata memiliki sejumlah fakta menarik yang layak untuk diketahui, seperti:

1. Dibuat oleh Anak Magang

Siapa yang mengira jika game legendaris ini ternyata dibuat oleh seorang anak magang? Seperti dikutip dari Suara.com, Solitaire dikembangkan pertama kali oleh Wes Cherry pada tahun 1988.

Kebosanan yang melanda ketika magang di Microsoft membuatnya memutuskan untuk merancang game asah otak yang fenomenal ini.

Pembuatan game tersebut diketahui oleh Bill Gates, namun menurutnya Solitaire adalah game yang sulit untuk dimenangkan.

2. Jadi Game Resmi Microsoft

Pada masa itu belum banyak game yang bisa dimainkan. Kehadiran Solitaire tentu memberikan peluang tersendiri dari sisi bisnis. Microsoft akhirnya menjadikan game tersebut sebagai game resmi yang bisa dijalankan pada komputer yang menggunakan sistem operasi milik Microsoft.

3. Sang Pembuat Tidak Mendapat Royalti

Di balik sambutan baik atas game buatannya, ternyata ada hal menarik yang terungkap. Meski game buatan anak magang tersebut diketahui oleh Bill Gates dan dijadikan game resmi milik Microsoft, Wes Cherry mengaku tidak mendapat royalti dari game tersebut.

4. Memiliki Misi Tertentu

Hal menarik lainnya yang terungkap dari cerita pembuatan Solitaire adalah misi tertentu yang diusung pada game lawas ini.

Misi rahasia yang disematkan pada game ini adalah melatih orang-orang menggunakan mouse pada komputer. Melalui game seperti ini, orang-orang cenderung tidak sadar bahwa mereka sedang belajar.

Manfaat Bermain Game Solitaire

Sebagai sebuah permainan asah otak, Solitaire memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemainnya, seperti:

1. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Beberapa orang memerlukan konsentrasi penuh ketika bermain. Apalagi saat memainkan game yang perlu proses berpikir, menyelesaikan misi permainan dengan strategi yang tepat.

Meski terlihat sederhana, nyatanya permainan Solitaire juga memerlukan daya konsentrasi tinggi. Walau dalam perminan kamu tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain.

2. Melatih Kerja Otak Kanan

Otak kanan disebut lebih dominan untuk aktivitas yang berkitan dengan kreativitas. Ketika bermain game, secara tidak langsung kita sedang melatih kerja otak kanan. Sebab kita memerlukan strategi yang tepat untuk memenangkan permianan.

Ada logika yang bermin ketika kita menyelesaikan tiap misi yang terdapat dalam game.

3. Mengatasi Kejenuhan

Ketika menjalani aktivitas sehari-hari, kita sangat mudah mengalami kejenuhan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa jenuh tersebut. Misalnya saja dengan bermin game.

Meski sebuah game diciptakan untuk tujuan bersenang-senang, ketika kita fokus memainkannya, maka kita cenderung menghabiskan lebih banyak waktu luang. Dengan begitu rasa bosan yang dialami dapat dengan mudah hilang.

4. Bernostalgia

Beberpa game tentunya memiliki kenangan tersendiri. Seperti permainan Soitaire yang membuat kita merasa kembali ke beberapa tahun lalu, saat kita pertaa kali bersentuhan dengan perangkat teknoogi seperti komputer PC, laptop dan semacamnya.

Meski dikemas dengan tampilan dan fitur yang lebih canggih, kesan nostalgia tersebut kadang sulit dihilangkan.

Rekomendasi Game di Solitaire.org

Jika kamu tertarik untuk memainkan game klasik yang seru, situs bernama solitaire.org sudah menyiapkan banyak pilihan permainan untukmu. Berikut beberapa rekomendasi game klasik terbaik di solitaire.org yang bisa kamu mainkan, yaitu:

1. Baker's Dozen

Game ini masuk dalam kategori solitaire games, sebuah permainan dek tunggal yang membagi kartu dalam 13 kolom. Kamu hanya memiliki satu kesempatan untuk memindahkan kartu.

Kolom yang kosong tidak dapat digunakan. Dalam perminan ini kamu tidak perlu mengikut atau mewarnai tablo.

2. Daily Shirokuro

Jika kamu menyenangi permainan asah otak yang memerlukan logika berpikir, game Daily Shirokuro bisa jadi pilihan yang tepat. Game ini masuk dalam kategori Logic Puzzle. Untuk memainkannya kamu hanya perlu mengubungkan titik putih ke titik hitam.

Namun perlu diingat bahwa tiap titik hanya bisa dihubungkan pada satu garis. Garis yang dibentuk tersebut juga tidak boleh melewati titik. Selain itu garis tersebut juga tidak boleh disisipkan.

3. Zuma Ball

Kamu tentu tidak asing dengan permainan klasik satu ini. Permainan yang sangat populer pada masanya. Di solitaire.org kamu bisa memainkannya dengan pengalaman baru yang lebih seru.

Di sini Zuma Ball bisa dimainkan hingga 10 tingkat atau level kesulitan. Ini merupakan penggabungan antara permainan Zuma original dan Pinball.

4. Daily Bridges

Apabila kamu orang yang menyukai tantangan, cobalah untuk meminkan Daily Bridges. Ini merupakan permainan logika matematis yang selalu diperbarui setiap hari dengan tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Dalam game ini kamu harus menghubungkan pulau menggunakan jembatan dari teka-teki matematis yang sudah disediakan.

5. Daily Takuzu

Permainan ini sangat bisa dimainkan oleh kamu yang menyenangi puzzle dan suka dengan warna-warni dalam permainan. Dalam game ini kamu perlu mewarnai semua bidang dengan warna hitam atau marah.

Tapi kamu tidak dibolehkan untuk mengambil lebih dari 3 warna secara berurutan. Tiap baris dan kolom yang tersedia sudah memiliki jumlah merah dn hitam yang sama.

Dari semua rekomendasi di atas, mana game yang akan kamu mainkan? Apapun pilihanmu, semua bisa kamu mainkan dengan mudah di solitaire.org.

Jika browser yang kamu gunakan memiliki fitur ad block, pastikan agar fitur tersebut dalam keadaan tidak menyala. Itu akan membuat perminanmu lebih mulus dan menyenangkan.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment