Cobain 3+ Resep Masakan Berbahan Sayur yang Enak & Sehat

Post a Comment

Kesehatan adalah hal yang sangat mahal dan perlu dijaga. Terutama di saat seperti ini, penting untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri. Pentingnya menjaga kesehatan diri akan menjadikan kita sebagai orang yang lebih bijak dalam menjalani hidup.

Bisa jadi lebih bijak lagi dalam memilih makanan yang tepat untuk tubuh. Oleh karena itu sayur di tiap makan sekarang penting sekali. Anda bisa membuat masakan yang sehat dari berbagai sayur yang ada di Indonesia.

Bahkan kamu bisa makan lebih lahap hanya ditemani dengan nasi hangat.

Resep Masakan Enak dari Olahan Sayur Segar

resep masakan berbahan sayuran segar

Apa saja resep masakan indonesia dari sayur yang enak? Berikut daftarnya!

Kangkung Terasi

Sayur yang satu ini banyak sekali terdapat di Indonesia. Kangkung adalah sayur yang mudah sekali tumbuh. Ada 2 jenis kangkung, ada kangkung cabut dan yang tumbuh di air.

Jika untuk masa sendiri di rumah, lebih baik beli kangkung cabut yang tumbuh dan dicabut dari tanah.

Siapkan kangkung 2 ikat, bawang putih 3 siung, bawang merah 3 siung, cabe rawit hijau, terasi 1 bungkus dan minyak goreng.

Kangkung dipilih dahulu yang masih muda dan dibelah batangnya. Kemudian cuci bersih dan sisihkan. Siapkan bawang merah, bawang putih dan cabe yang sudah diiris. Jika sudah, tumis dengan minyak sedikit.

Setelah itu masukkan terasinya dan aduk. Tambahkan garam dan gula pasir masing-masing 1 sendok teh. Masukkan kangkungnya dan beri air sedikit. Masak hingga layu. 

Jagung Buncis Tumis

Masakan yang satu ini termasuk bisa jadi pilihanb makan sayur yang enak. Siapkan buncis 1 bungkus dengan isi 15 batang buncis. Jagung manis 1 buah dan siapkan bumbunya. Bumbunya yaitu bawang putih dan lada bubuk. 

Pipil dahulu jagungnya dan sisihkan. Buncisnya dibuang bagian pinggir yang berupa helaian memanjang. Kemudian potong jadi 5 hingga 6 bagian. Cuci bersih buncisnya. Selanjutnya iris bawang putih dan tumis.

Masukkan buncis dan jagungnya. Tambahkan air sedikit dan berikan lada bubuk sesuai selera. Tambahkan garam dan penyedap rasa seperlunya.

Capcay dengan Jagung Muda

Capcay berisi banyak sayuran dan bisa ditambahkan dengan apa saja termasuk jagung muda. Siapkan wortel ukuran sedang 2 buah, sawi hijau 1 ikat, kol ¼ buah, dan jagung muda 6 buah. Siapkan bawang putih 4 siung, bawang bombay ½ buah dan lada bubuk.

Iris wortel setelah dicuci. Kemudian sawi dan kol juga dicuci bersih dan potong menjadi lembaran. Lalu jagung muda dicuci dan dipotong juga. Sekarang bawang bombay diiris dan tumis.

Geperek bawang putih dan masukkan. Cemplungkan wortelnya dan kemudian beri air. tunggu sampai setengah empuk, baru masukkan sayuran lainnya. Semua sayuran dimasukkan dan beri lada bubuk beserta garam.

Bayam Bening dengan Tauge

Sayur bayam memang sangat sehat dan dimakan juga lembut. Anda siapkan bayam 2 ikat, tauge 100 gram dan bawang putih 2 siung. Bawang merah 2 siung, kunci 1 batang dan garam. Siapkan juga gula pasir secukupnya.

Pilih bayam yang bagus dan cuci bersih. Tauge dicuci bersih juga. Kemudian iris bawang merah, bawang putih dan geprek kunci. Selanjutnya siapkan air di panci. Tunggu sampai mendidih, baru masukkan bayamnya.

Kemudian bawang merah, bawang putih dan kunci yang sudah digeprek tadi. Sekarang berikan garam dan gulanya sambil dicicipi. Anda jika masih kurang rasa, bisa tambahkan kaldu jamu sedikit saja. Sayur bayam bening siap disantap bersama lauk ikan atau ayam goreng.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment