Wajib Tahu! Inilah Fungsi dan Manfaat Surat Pernyataan

Post a Comment

Surat pernyataan memiliki sifat yang cukup resmi, karena selalu berkaitan dengan admistrasi hukum. Maka dari itu surat pernyataan sering kali dibuat dengan materai dan ditulis menggunakan kertas segel.

Contohnya ketika seseorang ingin melamar pekerjaan atau dia memiliki keinginan untuk keluar dari sebuah instansi, biasanya perusahaan akan meminta surat pernyataan untuk jadi bahan pertimbangan saat melakukan seleksi.

Fungsi dan Manfaat Surat Pernyataan

fungsi dan manfaat surat pernyataan

Karena pentingnya surat pernyataan ini mari kita bahas mengenai fungsi, manfaat, dan contoh surat pernyataan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Fungsi Surat Pernyataan

Surat pernyataan ini memiliki fungsi yang bermacam-macan, semuanya tergantung dari tujuannya. Tapi tujuan umum dari surat pernyataan memang ditunjukan untuk pihak yang membuat kepada pihak penerima yang tertulis dalam surat pernyataan tersebut.

Hadirnya surat pernyataan ini supaya pihak yang menerima bisa tau maksud pembuat surat bersungguh-sungguh.

Bagi orang yang menerima surat hal ini bisa jadi pengakuan atau juga bukti yang kuat bahwa isi dari surat tersebut sudah sesuai dengan perjanjian awal dan telah disetujui.

Pihak yang menerima juga jadi bisa mengajukan sebuah pertanggungjawaban secara resmi untuk pihak yang bersangkutan.

Jadi surat pernyataan memang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kedua belah pihak yang bersangkutan.

Bagi pihak yang membuat surat, surat ini bisa dijadikan sebagai bukti penguat jika hal yang ditulis tidak sesuai. Jika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan surat pernyataan ini bisa jadi salah satu bukti yang cukup kuat. 

Manfaat Membuat Surat Pernyataan

Manfaat dari adanya surat pernyataan yaitu orang yang menerima bisa punya alasan untuk menerima, atau bisa juga digunakan jika ingin melakukan tuntutan mengenai pertanggungjawaban dari pihak yang membuat surat. Saat isi dari surat yang telah dibuat ini tidak sesuai dengan apa yang ditulis.

Manfaat adanya surat pernyataan juga bisa jadi salah satu bukti jika si penulis surat memang memiliki tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh untuk melakukan segalanya seperti yang sudsh di tulis didalam surat tersebut.

Surat ini bisa dijadikan sebagai pengukuhan untuk pihak yang dinyatakan atau diterangkan.

Pengukuhan yang satu ini bisa bersifat positif tapi bisa juga bersifat negatif jika surat pernyataannya dibuat oleh orang lain atau isi yang ada pada surat tidak sesuai dengan kenyataan.

Anda harus bisa memastikan surat pernyataan ini dibuat dengan sungguh-sungguh dan juga benar. Surat pernyataan dibuat dengan tulisan tangan atau bisa juga diketik. Tapi cukup disarankan untuk membuatnya dalam tulisan tangan. 

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas mengenai surat pernyataan, semoga informasi yang ada pada artikel di atas bisa membantu.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment