Tips Memilih Multivatin yang Tepat Agar Sistem Imun Makasimal

Post a Comment

Saat ini kesehatan jadi sangat penting untuk diperhatikan. Semenjak adanya pandemi Covid-19 yang kini mulai mereda, banyak orang berusaha menjaga kesehatan mereka. Terutama mereka yang selalu beraktivitas di luar rumah. Berbagai cara dilakukan agar imun tubuh tetap terjaga. Mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh lewat multivitamin jadi salah satu solusinya.

Menurut Journal of the American College of Cardiology, banyak orang mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin D, vitamin C dan Kalsium.

tips memilih multivitamin
Sementara itu, berdasarkan survey yang dilakukan Journal of Nutrition, 70% dari responden mereka mengonsumsi multivitamin harian. Sebanyak 29% di mengonsumsi hingga empat jenis multivitamin.

Penggunaan multivitamin memang memberikan banyak manfaat pada tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat memberikan efek yang buruk.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui manfaat serta kebutuhan multivitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Konsumsi Multivitamin

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengonsumsi multivitamin atau suplemen, yaitu:

  • Jangan mengonsumsi multivitamin/suplemen dengan tujuan mengobati penyakit tertentu. Selalu konsulitasikan ke dokter sebelum memilih multivitamin untuk kebutuhan tertentu.
  • Perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan produk, seperti kandungannya, efektivitas terhadap ksesehatan, anjuran pemakaian dan bila perlu juga proses pembuatannya.
  • Sebelum mengonsumsi multivitamin, pastikan kamu mengetahui manfaatnya. Pastikan juga kalau produk tersebut sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips Memilih Multivitamin yang Tepat

Bagi kamu yang baru ingin mencoba multivitamin, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu tips memilih multivitamin berikut ini.

1. Sesuai dengan Kondisi Diri

Tidak semua multivitamin yang cocok pada orang lain, juga bisa kita gunakan. Setiap multivitamin tentunya memiliki aturan pakai yang perlu diikuti. Mengonsumsi multivitamin sebaiknya juga disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin.

2. Periksa Kadar Nutrisi

Sebelum membeli multivitamin, penting bagi kita untuk mengetahui kandungan di dalamnya. Kita juga perlu memeriksa kandungan kadar nutrisi yang terdapat pada produk tersebut. Beberapa ahli kesehatan menyarankan kadar nutrisi yang baik adalah tidak melebihi 100% kadar nutrisi harian yang diperlukan tubuh.

3. Perhatikan Kandungan di Dalamnya

Stiap suplemen multivitamin memiliki kandungan yang berbeda-beda. Maka dari itu penting juga memastikan kandungan yang terdapat didalamnya sebelum kita membeli.

Pastikan produk multivitamin yang dipilih memiliki kandungan yang lengkap, seperti kalsium, zat besi, vitamin D, magnesium, vitamin B-12, folat, dan zinc.

4. Pastikan Memiliki Izin yang Jelas

Hal umum paing penting yang jangan sampai terlewat adalah memastikan produknya sudah memiliki izin yang jelas. Setidaknya produk tersebut harus memiliki sertifikasi Halal MUI dan juga sudah lulus uji BPOM.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tips memilih multivitamin yang tepat bagi tubuh. Karena memilih produk yang tepat akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh, tidak sekedar meningkatkan daya tahan tubuh saja.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa pada kondisi tertentu, perlu berkonsulitasi dengan yang lebih ahli. Terutama bagi orang yang sudah lanjut usia atau di atas 60 tahun.

Multivitamin berusaha memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, suplemen seperti ini tidak ditujukan untuk mengobati penyakit tertentu.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment