6 Game Online yang Sering Dimainkan Gamer Indonesia, Ada Favoritmu?

Post a Comment

Dulu jika terlalu sering bermain game kita akan dimarahi orang tua. Namun sekarang mungkin sudah berbeda. Asal bisa membagi waktu dan menghasilkan secara produktif, mungkin orang tuamu justru akan sangat mendukung ketika kamu ingin menjadi pro gamer. Apalagi sudah banyak contoh pegiat e-sports di Indonesia yang sukses berkat kepiawaiannya bermain game.

Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia memiliki masa depan yang cukup cerah di bidang gaming. Saat ini bermain game bukan hanya sekedar hobi atau membuang waktu, tapi juga bisa menghasilkan jika ditekuni dengan baik.

Menurut informasi yang dirilis oleh Katadata, Indonesia menduduki peringkat ketiga dengan jumlah gamers terbanyak di dunia pada 2022. Jumlahnya mencapai 94,5% menurut pengamatan We Are Social seperti dikutip Katadata. Rentang usianya antara 16 – 64 tahun.

Sementara itu Katadata juga merilis informasi mengenai waktu yang dihabiskan para gamer. Para gamer di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 4 – 7 jam seminggu untuk bermain game. Ada pula yang menghabiskan waktu 7 – 12 jam untuk bermain.

Paling menarik, ada sejumlah gamers yang menghabiskan waktu lebih dari 20 jam seminggu.

Sekilas durasi tersebut tampak luar biasa, kenapa banyak orang rela bermain game hingga berjam-jam? Namun jika kita melihat pada aktivitas para streamer game di Indonesia, durasi tersebut tampak wajar, apalagi jika dihitung dalam kurun waktu satu minggu.

Beberapa streamer terkenal di Indonesia bahkan bisa menghabiskan 3 – 7 jam sehari dalam sekali live streaming. Apa yang mereka lakukan selama itu? Tentunya memainkan game yang telah dipilih, menyelesaikan misi sekaligus memberikan hiburan kepada viewers mereka.

Tak jarang aktivitas tersebut juga digunakan untuk saling berbagi, menyemangati para streamer dan membantu para streamer pemula untuk tetap semangat dan bertumbuh. Terutama jika ditunjang dengan koneksi internet yang stabil dan peralatan yang mumpuni.

game online populer terbaik di indonesia

Game Online yang Banyak Dimainkan Streamer

Bicara soal game, ada beberapa game online yang sering dimainkan oleh para gamer di Indonesia, beberapa game tersebut seperti:

1. Valorant

Game Valorant merupakan game FPS (First Person Shooter) yang masih digandrungi hingga sekarang. Banyak streamer gaming yang memainkan game ini secara live streaming.

Game besutan Riot Games ini memang sangat menarik untuk dmainkan bersama tim. Karena tiap karakter atau agent memiliki kekuatan (skill) yang berbeda dan saling melengkapi. Keseruan tersebut juga menjadi hiburan tersendiri bagi viewers (penonton).

Ada beberapa peran atau agent yang bisa dipilih sebagai karakter dalam permainan Valorant, seperti duelist, initiatir, controller dan sentinel. Tiap agent memiliki role dan kemampuan yang saling melengkapi guna memenangkan permainan.

Terdapat 24 ronde dalam permainan. Tim terbagi menjadi dua, yaitu sebagai attacker dan defender. Setiap menyelesaikan 12 ronde, tim akan bertukar peran.

2. Mobile Legends

Mobile Legends atau Mobile Legends Bang Bang merupakan game mobile yang banyak dimainkan. Terutama di kalangan anak-anak. Salah satu game online beregu yang memiliki pertandingan-pertandingan seru yang disiarkan secara online.

Salah satu English caster MPL asal Indonesia, Aeterna juga terlihat aktif memainkan game tersebut di channel YouTube-nya.

Terdapat dua tim dalam permainan Mobile Legends. Tiap tim berusaha memenangkan pertandingan dengan menyerang base lawan, sambil mempertahan base sendiri dari gempuran musuh. Satu ronde permainan berlangsung sekitar 15 menit.

Tiap pemain bisa memilih karakter atau hero yang mereka inginkan. Masing-masing memiliki kemampuan tersendiri dalam mengalahkan musuh. Selain itu pemain juga bisa mendapatkan karakter tertentu dengan beberapa cara, seperti melakukan top-up diamond, melalui ticket atau battle point.

3. PUBG

Game PUBG (Player Unknown Battle Ground) adalah perminan Battle Royale yang juga ramai peminat, tidak terkecuali di Indonesia. Game yang telah populer sejak 2018 ini terkenal dengan istilah chicken dinner, dimana sebutan tersebut diberikan kepada pemain yang berhasil memenangkan permainan.

PUBG merupakan game battle royale dengan sistem “last men standing” yang berarti pemain terakhir yang bertahan, dia yang menjadi pemenang. Namun sebelum itu pemain akan bergabung bersama tim untuk masuk ke medan perang dan mengalahkan musuh-musuhnya.

Permainan ini dapat dimainkan bersama teman baik melalui handphone maupun PC. Tidak perlu spesifikasi perangkat yang tinggi untuk bisa memainkannya, karena saat ini game tersebut sudah dioptimalkan agar dapat bermain dengan lancar di berbagai jenis perangkat.

Selain itu ada pula versi lite yang membuat ruang penyimpanan lebih lega. 

4. Roblox

Roblox merupakan game online online gratis yang banyak dimainkan oleh anak-anak. Jika dilihat sekilas, grafik perminan ini memang dangat khas dengan anak-anak. Namun permainan ini pun banyak digemari oleh para gamers dan orang dewasa.

Salah satu daya tariknya adalah kita bisa menciptakan permainan sendiri. Selain itu kita juga melakukan monetisasi dari platform Roblox. Tersedia banyak game yang bisa dimainkan sesuka hati. Bahkan jumlah pengguna game ini berhasil melampaui pengguna game Minecraft di Indonesia.

5. Stumble Guys

Selain Roblox, game Stumble Guys juga jadi permainan online yang disukai anak-anak belakangan ini. Menawarkan permainan mirip Fall Guys yang lebih dulu mencuri perhatian, Stumble Guys sukses menjadi game terpopuler di Indonesia.

Jika Fall Guys hanya tersedia di PC dan berbayar, Stumble Guys menawarkan pengalaman serupa dan tersedia secara gratis baik di PC maupun smartphone. Kamu bisa memainkan game ini secara multiplayer atau melawan bot.

Adanya berbagai rintangan di tiap map, ditambah dengan sikap kompetitif para pemain, membuat permainan semakin menyenangkan. Kamu mungkin akan merasa kesal karena sulit melewati tantangan, namun setelahnya akan merasa bahagia ketika berhasil menang dan mendapatkan tropi atau crown.

6. Genshin Impact

Jika membahas game, tidak lengkap jika tidak menyebutkan Genshin Impact. Sebuah game online dengan grafik terbaik saat ini. Bahkan beberapa reviewer gadget di Indonesia menggunakan game ini untuk menguji performa setiap handphone yang direview, utamanya handphone dengan spesifikasi tinggi atau yang dikhususkan untuk gaming.

Selain grafik dan story yang menarik, daya tarik lain dari game ini adalah fitur Gacha yang sangat menggiurkan. Dengan sejumlah uang, kita berkesempatan mendapatkan item atau karakter yang unik di dalam permainan.

Game online buatan Mihoyo ini juga langsung mendapat perhatian setelah sebulan perilisannya pada 2020 lalu. Basis pengguna terbanyak game ini adalah China dan Jepang. Di China, Genshin Impact sempat menempati posisi kedua sebagai game online terpopuler, mengalahkan Honor of Kings milik Tencent.

Kunci Sukses Gamer Indonesia

Setelah melihat potensi game-game di atas dengan segala keseruannya, mungkin kamu juga mulai berpikir untuk menjadi seorang pro gamer di bidang e-sports. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui beberapa kunci sukses yang dirangkum berdasarkan pengalaman para gamers profesional di Indonesia, yaitu:

1. Konsisten

Ketika memulai sesuatu, konsisten adalah kunci utama yang harus diterapkan sejak awal. Banyak dari kita melakukan sesuatu mungkin tergiur uang dan lain-lain. Namun untuk mencapai hal tersebut, kita memerlukan konsistensi yang tinggi.

Seorang streamer gaming terkenal di Indonesia, Windah Basudara sering membahas hal ini. Dimana ia selelau menyelesaikan apa yang telah dimulai. Begitu juga ketika ia ingin mendapatkan sesuatu, maka ia akan mengusahakannya hingga berhasil.

Hal tersebut bisa kita lihat dalam salah satu live streamingnya bertajuk “Mencari Monyet Pink”. Windah Basudara melakukan pencarian secara live yang memakan waktu 130 jam, 2 minggu lebih dan dilakukan hampir setiap hari hingga berjam-jam.

Meski terlihat mustahil, berkat konsistensinya, Windah Basudara berhasil menemukan Shiny Chimchar (Monnyet Pink) di percobaan 4179 kali.

2. Pelajari Pasar

Bukan hanya berbekal kemampuan bermain game, seorang gamer jika ingin bertumbuh juga harus memapu mempelajari pasar atau trend. Dengan begitu kita bisa melakukan pemilihan game dengan tepat dan mendapat perhatian penonton. Terutama bagi kamu yang mencoba peruntungan di YouTube, Twitch, dan Facebook.

Apabila kamu bukan pemerhati yang mendalam tentang sesuatu, kamu bisa melihat orang-orang di bidang yang sama dalam mengembangkan channel mereka. Biasanya apa yang mereka mainkan akan menjadi tren di kalangan penikmat game lainnya. Karena mereka telah melakukan riset mendalam mengenai hal tersebut.

3. Internet dengan Jaringan Terbaik

Tapi yang tak kalah penting dari semua itu adalah koneksi internet yang stabil. Tanpa koneksi internet yang stabil, maka permainanmu akan terganggu. Makanya perlu untuk memilih jaringan internet terbaik seperti yang ditawarkan IndiHome dari Telkom Indonesia.

Sudah banyak yang merasakan manfaat internet berkat jaringan IndiHome yang luas.

Jaringan internet yang stabil tidak hanya berguna ketika bermain game, tapi juga ketika kamu bermain secara live. Jika internet yang digunakan lambat, maka kualitas gambar dan audio yang dihasilkan jadi kurang maksimal. Itu akan berpengaruh pada kepuasan penonton yang menyaksikannya.

Sebagai internetnya Indonesia, IndiHome memiliki jaringan yang luas dengan kecepatan tinggi. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dengan banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sangat cocok digunakan untuk keperluan pribadi dan keluarga.

Setelah membaca ulasan singkat ini, apakah kamu mulai tertarik untuk menjadi seorang professional gamer? Jika iya, maka persiapkan dirimu mulai sekarang dengan sebaik mungkin. Lakukan dengan konsisten hingga kamu menemukan momen yang dapat membuat namanu melejit di bidang e-sports.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment