6 Tips Live Streaming Agar Ramai Penonton dan Cepat Terkenal

Post a Comment

 Akses internet yang kian merata di Indonesia digunakan sebaik mungkin oleh banyak pihak. Tidak terkecuali mereka yang melihat potensi besar di internet, salah satunya dengan melakukan live streaming di sejumlah platform berbagi video seperti YouTube, Twitch dan Facebook. Rata-rata menggunakan game online sebagai konten utamanya.

Aktivitas ini mungkin sudah biasa di luar negeri, namun di Indonesia live streaming seperti menjadi pasar baru yang dapat dimaksimalkan potensinya. Terutama bagi kita yang menghabiskan banyak waktu di internet agar dapat menghasilkan sesuatu.

Potensi Live Streaming di Indonesia

tips-live-streaming
Jika bicara tentang potensi, meski sudah ada banyak digital creator yang menjadi streamer di Indonesia, nyatanya hal tersebut justru meningkatkan potensi pertumbuhan yang lebih besar lagi. Banyak orang yang tertarik untuk mencoba live streaming dan mendapatkan penghasilan dari aktivitas tersebut.

Menurut data yang diberikan oleh We Are Social, pada Februari 2021 98,5% pengguna internet Indonesia mengakses konten berbasis video.

Sementara itu 86,2% pengguna menggunakan aplikasi mobile untuk hiburan dan video. Itu menunjukkan tren konten berbasis video masih memiliki potensi untuk terus berkembang.

Selain digunakan untuk tujuan hiburan seperti bermain game online, live streaming saat ini juga digunakan sebagai Shoppertainment. Berjualan online menggunakan live streaming agar bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli.

Jika kita lihat, sudah banyak brand dan penjual yang menggunakan teknik ini, baik di TV, e-commerce dan media sosial.

Tips Live Streaming Ramai Penonton

Melihat potensi tersebut, kamu pasti mulai bersemangat untuk mencoba membangun live streaming sendiri. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu pelajari terlebih dahulu tips live streaming agar ramai penonton, yaitu:

1. Pilih Topik

Melakukan live streaming bukan sekedar bermain game atau menawarkan barang secara langsung. Perlu ada topik obrolan yang dibahas, sehingga menghasilkan interaksi antara kamu dan pentonton (viewers).

Kamu bisa memulai dengan topik obrolan yang kamu kuasai atau sukai, seperti hobi, aktivitas harian atau pekerjaan yang sedang dilakukan.

Pemilihan topik yang tepat dapat menarik perhatian penonton untuk menyaksikan kamu. Jika obrolan yang dibawakan dirasa menarik, penonton dengan senang hati berinteraksi. Bahkan mereka juga akan membagikan siaran kita ke berbagai media sosial yang mereka miliki.

2. Menyiapkan Obrolan

Setelah menentukan topik, kita juga harus menyiapkan obrolan yang akan dibicarakan selama live streaming berlangsung. Seperti yang sudah dijelaskan, live streaming tidak hanya berisi permainan game atau penawaran barang. Perlu ada obrolan yang dibahas agar memancing interaksi penonton.

Menyiapkan obrolan sebelum live juga akan membantu kamu agar tidak kehilangan fokus, tidak banyak diam selama live berlangsung. Karena hal tersebut dapat membuat penonton bosan dan meninggalkan siaran kamu.

3. Membangun Interaksi

Salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan live streaming adalah interaksi. Semakin baik interaksi yang dibangun, akan semakin banyak penonton. Interaksi yang dilakukan bisa bermacam-macam. Bisa dengan membangun obrolan yang menarik, memberikan pertanyaan kepada penonton atau mengajak mereka melakukan sesuatu.

Interkasi tersebut tidak hanya bisa dilakukan oleh viewers atau penonton kita, tapi kita sebagai streamer juga bisa melakukan apa yang diminta oleh penonton. Namun tentunya permintaan yang wajar dan tidak melanggar aturan di platform.

4. Maksimlakan Fitur yang Tersedia

Beberapa platform yang menyedia fitur live streaming biasanya menyediakan fitur khusus. Fitur tersebut dapat digunakan untuk memaksimalkan siaran kita dan membangun interaksi dengan penonton. Tak jarang fitur yang dihadirkan juga memudahkan kita dalam menjangkau penonton, membuat konten siaran kita jadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Seperti contoh Super Chat yang sedang hangat di YouTube. Penonton bisa menarik perhatian streamer dengan mengirimkan chat atau sticker premium.

Nantinya chat tersebut akan ditandai dengan warna tertentu agar mudah dilihat oleh streamer. Selain untuk membangun interaksi, fitur tersebut juga memungkinkan kita mendapat penghasilan tambahan.

5. Lakukan Secara Konsisten

Konsisten yang menjadi hal penting dalam melakukan sesuatu, tidak terkecuali dalam melakukan live streaming. Siaran langsung tidak memiliki jeda atau proses editing jika terjadi kesalahan. Semua dilakukan secara langsung. Maka itu perlu pembiasaan agar kita semakin mahir dalam melakukannya.

Jangan berkecil hati ketika live streaming yang kita lakukan masih sepi. Tetap lakukan secara konsisten sambil memperbaiki sesuatu yang dirasa kurang. Seiring berjalannya waktu kamu akan terus berkembang dan dikenal oleh banyak orang.

6. Gunakan Internet yang Stabil

Hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan adalah akses internet yang mumpuni. Perlu kuota yang besar dan koneksi yang stabil untuk melakukan live streaming.

Maka dari itu, penting untuk memilih provider internet terbaik. Agar kita bisa merasakan manfaat internet yang sudah semakin luas di Indonesia, seperti yang ditawarkan oleh IndiHome dari Telkom Indonesia.

Sebagai internetnya Indonesia, IndiHome memiliki jaringan yang luas dengan kecepatan tinggi. Harga yang ditawarkan juga terjangkau dengan banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sangat cocok digunakan untuk keperluan pribadi dan keluarga.

Beberapa tips yang telah dirangkum dalam artikel ini merupakan saran dari mereka yang telah lebih dulu memulai live streaming. Jadi bisa diterapkan oleh kamu yang ingin memulai dari sekarang. Jangan ragu untuk memulai dan maksimalkan potensi yang kamu miliki.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.
Newest Older

Baca Juga Gaes!

Post a Comment