Sunday, March 12, 2017

Cara Hapus Gambar Tak Terpakai Secara Otomatis di WhatsApp

Cara Hapus Gambar Tak Terpakai Secara Otomatis di WhatsApp – Penggunaan aplikasi chatting saat ini sangat lekat dengan pengguna smartphone. Ada banyak sekali chat apps yang diinstall dalam satu gadget, salah satunya adalah WhatsApp. Aplikasi obrolan satu ini menjadi pilihan banyak orang untuk saling terhubung antara satu dengan yang lain, terlebih sekarang kita dapat menggunakannya secara gratis. Itu membuat layanan yang akrab disebut WA itu memiliki banyak sekali pengguna setia.
Cara Hapus Gambar Otomotis di WhatsApp
Hapus Gambar Otomotis di WhatsApp via Pexels


Meski kerap menimbulkan masalah ketika dijalankan pada handphone pintar, tidak membuat aplikasi satu ini kalah pamor dengan beberapa aplikasi sejenis lainnya. Sebuah informasi menyebutkan bahwa kini jumlah peminat WhatsApp semakin bertambah. Bahkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi paling banyak digunakan oleh beberapa Negara.

Baca juga: Login WhatsApp Makin Mudah dengan Mengaktifkan Two-step Verification

Dilansir dari JalanTikus pada Minggu, (12/3/2017) sebuah perusahaan digital yang bergerak di bidang analis, SimilarWeb, mengungkap bahwa WhatsApp merupakan aplikasi paling disukai oleh 109 negara dari 187 negara pengguna Android yang ada di dunia. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Seperti yang sempat dibahas, walau menjadi software Android paling populer, nyatanya masih ada beberapa permasalahn di Chatting Apps ini yang sering dikeluhkan oleh pengguna. Salah satunya adalah berbagai gambar yang tersimpan secara otomatis di penyimpanan perangkat pengguna. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan sedikit pengaturan pada aplikasi, namun bagaimana jika kita sudah terlanjur menyimpan banyak sekali gambar tak terpakai dari WhatsApp di galeri?

Baca juga: Cara Memunculkan Tombol Enter di WhatsApp

Untuk sobat yang juga mengalami hal yang sama, berikut ini adalah Cara Hapus Gambar Tak Terpakai Secara Otomatis di WhatsApp. Ayo kita simak!

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan tutorial ini adalah memasang aplikasi pihak ketiga melalui Play Store. Cari aplikasi bernama Siftr Magic Cleaner. Aplikasi ini yang selanjutnya akan kita gunakan untuk menghapus semua gambar ‘sampah’ yang ada di galeri.

Selanjutnya jalankan aplikasi dan berikan ijin kepada cleaner tersebut untuk melihat semua gambar yang ada di galeri, terutama yang berada di folder “WhatsApp”. Aplikasi ini akan menganalisanya secara otomatis.

Berikutnya tunggu hingga Siftr Magic selesai melakukan tugasnya dan memberikan informasi tentang jumlah foto yang berhasil dianalisa. Dari semua gambar yang berhasil ditemukan, Apps akan memberitahukan berapa jumlah foto yang terdeteksi sebagai spam. Lalu kita akan diberikan untuk mengahapus semua junk file yang tertera.

Langkah terakhir kamu hanya perlu menekan “Hapus” jika sudah yakin ingin menghapus semua gambar yang ada. Pastikan kamu sudah membackup beberapa file yang dianggap penting, sebab aplikasi bisa saja salah dalam melakukan analisanya.

Itulah beberapa tutorial singkat bagaimana membersihkan galeri kamu dari gambar-gambar yang tidak diinginkan dari WhatsApp. Jika kamu sulit untuk melakukannya secara manual, kamu bisa menggunakan Cara Hapus Gambar Tak Terpakai Secara Otomatis di WhatsApp untuk mempermudah pekerjaan itu.


EmoticonEmoticon