Wednesday, February 15, 2017

Login WhatsApp Makin Mudah dengan Mengaktifkan Two-step Verification

SOFTRICKINFO.COM – Aktifitas ngobrol bersama teman atau keluarga kini semakin mudah. Meskti terkendala oleh perbedaan waktu, jarak, dan tempat, nyatanya kita masih bisa melakukan hal tersebut. Tentu saja dengan bantuan teknologi yang dikembangkan menjadi aplikasi chatting yang kini sudah banyak sekali ragamnya. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp. Aplikasi mobile satu ini bahkan sudah menggantikan posisi BlackBerry Messenger (BBM). Berbagai fitur menarik dan sejumlah sistem keamanan juga sudah dibekalkan pada aplikasi ini, misalnya saja Two-step Verification.
Two-step Verification WhatsApp
WhatsApp via Pexels.com
Apa itu Two-step Verification WhatsApp? Oke, sebelum membahas fitur unik yang satu ini, ada baiknya kita sedikit melihat perkembangan WhatsApp.

Kilas Balik Perkembangan WhatsApp

Meski awalnya hanya diperuntukkan bagi pengguna iPhone, akhirnya WhatsApp juga tersedia untuk pengguna smartphone lainnya, seperti BlackBerry, Android, Windows Phone, bahkan Symbian. Penggunaan WhatsApp semakin meningkat setelah aplikasi perpesanan yang satu ini menyatakan dapat digunakan secara gratis selamanya. Sebelumnya pengguna hanya dapat menggunakan layanan ini secara gratis selama setahun pertama. Setelahnya untuk tetap bisa berkomunikasi melalui layanan ini, pengguna diharuskan untuk berlangganan.

Dengan dibebaskannya penggunaan WhatsApp, membuat banyak orang semakin mudah untuk berkomunikasi melalui internet. Mereka tidak perlu lagi membeli pulsa untuk mengirim pesan kepada orang lain. Cukup dengan berlangganan paket internet dan sama-sama menggunakan aplikasi yang akrab disebut WA ini, maka mereka dapat saling terhubung.

Saat ingin masuk dan menggunakan WhatsApp, pengguna diharuskan untuk memiliki nomor telepon yang nantinya digunakan sebagai login online messaging tersebut. Masalahnya, kebanyakan pengguna terkadang mengganti nomor telepon yang mereka gunakan. Sementara untuk bisa masuk kembali ke WA, pengguna harus menggunakan nomor yang digunakan sebelumnya, ditambah lagi adanya kode verifikasi yang akan dikirim melalui SMS ke nomor yang sudah terdaftar. Hal itu terasa sangat sulit saat dialami oleh pengguna yang sering berganti nomor. Khususnya bagi pengguna di Indonesia.

Baca juga: WhatsMac, Alternatif WhatsApp untuk Pengguna Mac

Mengenal Two-step Verification WhatsApp, Alternatif Login yang Lebih Mudah

Entah disadari atau tidak, ternyata tim pengembang WhatsApp seolah mengetahui masalah tersebut. Terbukti dengan hadirnya fitur baru pada WhatsApp, yaitu Two-step Verification. Sebenarnya fitur semacam ini sudah banyak diadopsi oleh banyak layanan online lain, dan kini juga dikembangkan oleh WhatsApp. Lalu, bagaimana fitur ini bekerja pada aplikasi perpesanan yang sudah bisa diakses melalui web browser ini?

Sebelum menjawab pertanyaan tadi, ada baiknya kita mengenal Two-step Verification pada WhatsApp. Fitur ini merupakan sebuah sistem keamanan tambahan yang dihadirkan oleh tim pengembang pada update terbaru aplikasi mereka ini. Untuk itu, jika kamu ingin menikmati fitur ini, silajkan update terlebih dahulu WA yang kamu gunakan.

Seperti nama dan fungsinya, sistem keamanan ini akan membuat akun yang kamu miliki semakin aman dan mudah untuk masuk kembali ke dalam aplikasi. Sebab biasanya jika kita melakukan re-login pada akun yang kita miliki, kita diminta untuk memasukkan kode yang dikirimkan oleh pihak WhatsApp melalui SMS. Dengan mengaktifkan fitur ini, nantinya pengguna hanya diminta untuk memasukkan passcode yang telah dibuat ketika akan memunculkan pilihan ini. Kedepannya saat sudah diaktifkan, pengguna hanya login menggunakan nomor WA mereka, lalu passcode yang sudah mereka buat.

Cara Mengaktifkan Two-step Verification WhatsApp

Sebelum mengaktifkan fitur istimewa ini di akun WA yang kamu gunakan, ada baiknya kamu melakukan beberapa persiapan berikut ini.

  1. Mengupadate aplikasi WhatsApp
  2. Menyiapkan 6 digit angka yang akan digunakan sebagai passcode
  3. Menyiapkan email aktif
Jika semua persiapan sudah dilakukan, silahkan ikiti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktivasi fitur Two-Step Verification di WhatsApp.
  • Buka “Settings” pada menu WhatsApp
  • Pilih “Account”
  • Kemudian pilih “Two-step verification”
  • Klik “ENABLE” dan masukkan 6 digit passcode yang sudah kamu siapkan
  • Masukkan kembali passcode tadi
  • Masukkan email aktif
  • Ulangi sekali lagi
  • Selesai
WhatsApp Two-step Verification Aktif
Two-step Verification WhatsApp Sukses Diaktifkan

Baca juga: Cara Memunculkan Tombol Enter di WhatsApp

Setelah mengikuti langkah-langkah tadi, maka seharusnya saat ini fitur tersebut sudah aktif. Nantinya kamu bisa memiliki untuk tidak mengaktifkannya, mengganti passcode, atau mengganti email. Pastikan kamu tidak lupa dengan passcode dan email yang kamu gunakan. Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon