Tips Memilih Pipa Air Rucika untuk Instalasi Saluran Air di Rumah

Post a Comment

Ketersediaan air bersih menjadi hal yang sangat penting untuk dipenuhi. Karena ada banyak aktivitas harian yang memerlukan air. Termmasuk untuk keperluan memasak dan minum di rumah. Untuk mendapatkan air yang baik, tentunya kita perlu menyediakan instalasi saluran air yang baik pula. Apalagi jika digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Namun ternyata ada banyak jenis pipa air yang perlu diketahui. Itu akan sangat membantu ketika kita merencanakan pembuatan saluran air. Dengan begitu kita bisa memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Pipa Air Rucika

tips memilih pipa air rucika

Banyak dari kamu yang mungkin mengenal Rucika sebagai brand pipa air rumahan. Namun nyatanya ada banyak jenis pipa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan instalasi di rumah maupun perkantoran, seperti:

1. Pipa PVC Standar

Meski digolongkan sebagai produk standar, pipa PVC rucika memiliki banyak keunggulan disbanding pipa polimer. Pipa ini terbuat dari bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride). Fungsi utamanya adalah untuk instalasi saluran air bersih bertekanan dan pembuangan.

Produksi pipa PVC Standar ini mengacu pada ketentuan JIS dan ISO. Pipa air Rucika ini memiliki sertifikasi system manajemen mutu ISO 9001:2000. Ringan, tahan terhadap korosi, dan mudah dalam proses penyambungan serta pemeliharaannya.

2. Rucika Kelen Green

Pipa air Kelen Green sangat cocok digunakan pada rumah atau penginapan yang memerlukan air dingin dan panas. Rucika Kelen Green menggunakan material Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80.

Untuk penyambungannya menggunakan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga lebih kuat dan dapat digunakan hingga 50 tahun.

3. Pipa Rucika Lite

Bagi yang tinggal di perumahan, pipa air Rucika Lite ini sangat direkomendasikan. Rucika Lite merupakan pipa yang ditujukan untuk menghindari pembuangan terbuka. Sangat cocok digunakan oleh para kontraktor untuk instalasi saluran air di kawasan perumahan atau perkantoran. Karena dapat membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

4. Rucika PP3

Rucika PP3 adalah pipa air yang cocok untuk kebutuhan industrial. Terutama untuk pembuangan limbah terpadu. Pipa ini menggunakan 3 layer material khusus, yaitu grey polypropylene, mix polypropylene, mineral loads, dan white polypropylene.

Dengan kombinasi tersebut pipa air Rucika ini mampu menahan air buangan yang bersifat panas serta meredam suara.

5. Rucika Kelox

Jika kamu memerlukan pipa air yang aman untuk saluran air minum, instalasi air panas dan berstandar foodgrade, pipa Rucika satu ini bisa jadi pilihan terbaik. Pipa ini mudah dibengkokkan dan penyambungannya tanpa menggunakan lem, sehingga instalasi pipa jadi lebih cepat.

Pipa Rucika Kelox mampu bertahan pada suhu dingin dan pasnas mulai dari 0°C – 80°C serta memiliki diameter terkecil dari 16-25mm.

Daftar Harga Pipa Air Rucika

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan budget untuk membeli pipa air rucika, berikut daftar harga yang bisa disesuaikan dengan produk yang kamu mau.

harga pipa air rucika

Tips Memilih Pipa Air Rucika Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui jenis pipa air yang disediakan oleh Rucika, kini saatnya untuk mengetahui cara memilih pipa air yang sesuai kebutuhan, yaitu:

Kenali Jenis Pipa

Penjelasan mengenai jenis pipa air di atas tentunya sudah memberikan gambaran pipa seperti apa yang kamu butuhkan. Mengenali jenis pipa sangat penting, terutama untuk instalasi tertentu seperti pembuangan limbah atau instalasi saluran air panas dan dingin.

Sesuaikan Ukuran Pipa

Kamu juga perlu mengetahui ukuran pipa yang akan digunakan. Tujuannya agar pemasangan yang dilakukan lebih efisien serta dapat menghemat biaya. Kamu bisa menyesuaikan ukuran pipa dengan jenis rumah atau pemasangan saluran yang akan dikerjakan.

Memastikan Kekuatan Pipa

Untuk menguji seberapa kuat pipa yang akan digunakan, ada baiknya ada sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Sebab pengujian tiap pipa berbeda. Sebagai contoh kita akan menggunakan pipa jenis HDPE.

Untuk menguji kekuatannya, kamu bisa melengkungkan pipa hingga kedua sisinya bertemu. Jika pipa tidak pecah atau patah, bisa dipastikan kualitasnya bagus.

Kenali Jenis Fitting yang Digunakan

Setiap pemasangan pipa memerlukan sambungan atau fitting. Terutama untuk pipa jenis PVC. Agar pemasangan lebih aman dan tahan lama, pastikan kamu menggunakan fitting yang sesuai dengan ukuran pipa. Penggunaan lem pipa yang tepat juga akan memudahkan proses pemasangan.

Pemasangan saluran air merupakan hal yang penting diperhatikan. Terutama jika kamu ingin mendapatkan kualitas terbaik dalam jangka waktu lama. Langkah awal bisa dilakukan dengan mengenali jenis pipa air. Menyesuaikan jenis pipa dengan kebutuhan instalasi juga sangat perlu dipertimbangkan.

Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment