Frittata: Kuliner Italia yang Terbuat dari Telur, Mau Coba?

Post a Comment

 Kamu tentu sudah tidak asing dengan beragam olahan makanan yang terbuat dari telur. Bahkan olahan seperti telur goreng atau telur dadar sudah sangat akrab dijadikan sebagai santapan.

Tapi, apakah kamu sudah mencoba Frittata?

frittata

Makanan satu ini memang sangat asing di telinga, tapi percayalah makanan satu ini sebenarnya sudah sangat sering kita jumpai. Tentunya dengan gaya khas Indonesia.

Namun mari kita mengenal lebih dekat hidangan bernama Frittata ini.

Frittata Khas Italia Rasa Indonesia

Frittata merupakan makanan asal Italia yang menggunakan telur sebagai bahan dasarnya.

Sekilas kuliner ini memiliki kemiripan dengan kuliner Indonesia, yaitu telur dadaratau telur orak-arik.

Bedanya, Frittata diolah dengan menambahkan beberapa bahan pelengkap, seperti daging, keju, dan sayuran.

Sehingga makanan ini terasa lebih bergizi dan mengenyangkan.

Menurut sejarahnya, nama Frittata berasa dari kata Frigerre dalam bahasa Italia yang berarti fried atau dalam bahasa Indonesia bermakna digoreng.

Pada dasarnya bahasa tersebut digunakan untuk menggambarkan telur yang dimasak melalui wajan. 

Juga seperti ketika kita membuat telur dadar sendiri di rumah.

Namun seiring berjalannya waktu, Frittata kemudian disebut sebagai “omelet terbuka Italia” yang dipopulerkan oleh seorang bernama Delia Smith.

Perbedaan Omelet dan Frittata

frittata omelet

Walau sempat disebut sebagai “omelet terbuka”, ternyata Frittata memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan omelet, yaitu:

  • Selalu ada minimal satu bahan pilihan di setiap pembuatannya. Lalu bahan tersebut dimasukkan ke dalam adonan telur yang masih mentah, kemudian dimasukkan ke dalam campuran telur yang sebagian sudah dimasak untuk selanjutnya dilipat.
  • Adonan telur dapat dikocok dengan kuat agar dapat memberikan lebih banyak ruang pada udara yang masuk. Itu dapat membuat telur terasa lebih gurih, ruang isian yang lebih dalam, dan memberikan tekstur yang lembut pada telur.
  • Adonan yang sudah dikocok dimasak dengan api kecil hingga bagian bawahnya padat dan tebal, sementara bagian atasnya masih basah.

Membuat Frittata Sendiri di Rumah

Karena cara membuatnya sangat mudah serta bahan-bahannya juga bisa didapatkan dengan gampang, kamu bisa mencoba membuat Frittata sendiri di rumah.

Selain menggunakan telur dengan berbagai bahan campuran yang sudah disebutkan, kamu juga bisa membuat Frittata kreasimu sendiri.

Misalnya kamu membuat Frittata menggunakan resep Frittata kentang.

Ada juga beberapa variasi lainnya yang bisa kamu kreasikan sendiri sesuai selera.

Kamu bisa jadikan makanan ini sebagai bekal sekolah atau sarapan sebelum berangkat ke tempat kerja.

Jika kamu ingin memadukan makanan ini dengan kuliner lainnya sebagai tambahan, kamu bisa mencoba resep bolu pandan yang enak dan nikmat ini.

Selain itu, bagi kamu yang sedang menjalani program diet, kamu bisa mencoba beberapa pilihan makanan untuk diet sehat yang sudah kami bahas di artikel sebelumnya.

Karena Frittata merupakan makanan yang masih asing di Indonesia, jika kamu berhasil menciptakan resep baru, kamu bisa menjadikannya menu andalan di usaha kulinermu.

Ini tentu menjadi peluang yang sangat bagus.

frittata telur dadar

Kesimpulan

Telur dadar yang sudah tidak asing dengan lidah kita ternyata masih bisa diolah menjadi makanan yang lebih lezat dan mengenyangkan.

Bahkan di Italia, ada kuliner berbahan dasar telur yang diberi nama Frittata.

Bahkan jika kita dalami lagi, makanan tersebut memiliki kemiripan dengan kuliner Indonesia, yaitu telur dadar.

Makna dari namanya pun sangat menggambarkan bahwa kuliner tersebut adalah omelet versi Indonesia dengan beberapa bahan tambahan yang membuatnya semakin nikmat.

Makanan tersebut masih sangat asing di Indonesia, jika beruntung kamu bisa saja mengolahnya sebagai menu andalan di bisnis kuliner yang sedang kamu jalankan.

Jika kamu memiliki permasalahan dengan proses pembayaran untuk para pelanggan, kamu bisa mencoba solusi pembayaran untuk usaha kuliner yang sudah kami bahas di blog ini.

Semoga informasi ini bisa menjadi wawasan baru untukmu.

Juga bisa menjadi inspirasi olahan sarapan untukmu yang masih sekolah dan bekerja dari rumah.


Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment