4 Alasan Kamu Merasa Insecure, Kenapa Sih? Sini Cerita Sama Aku

Post a Comment

 Dulu orang lebih senang mengatakan “aku nggak pede” untuk bilang kalau dia sedang merasa tidak percaya diri. Tapi belakangan ini mungkin kita sudah jarang mendengar kata itu, karena orang-orang sudah mulai menggunakan istilah insecure untuk mengungkapkan perasaan tersebut.

Lalu, apa itu insecure? Kenapa banyak orang mudah sekali mengaku mereka insecure?

rasa insecure

Apa itu Insecure?

Mudahnya, istilah insecure digunakan oleh seseorang ketika mereka merasa gelisah, malu, dan perasaan lain yang juga menunjukkan kalau ia sedang tidak percaya diri.

Ini sebenarnya bukan istilah baru, namun memang belakang menjadi tren di kalangan pengguna sosial media, sehingga viral dan semakin banyak yang mengucapkannya.

Alasan Seseorang Merasa Insecure

Sama halnya seperti kurang percaya diri, ada beberapa hal yang membuat seseorang mudah merasakan insecure. Ada yang merasa insecure karena diri mereka sendiri, ada juga karena faktor luar atau dari orang lain.

Berikut penjelasannya.

1. Susah Move On

Sulit move on atau melupakan masa lalu, bisa jadi salah satu penyebab seseorang merasa insecure. 

Kebanyakan masa lalu yang pernah dialami oleh seseorang berkaitan dengan masalah yang membuatnya takut. Sehingga tidak berani untuk menatap masa depan dan selalu merasa takut untuk memulai hal baru yang lebih baik.

2. Overthinking

Istilah satu ini juga sering kita dengar belakangan ini. Ternyata ini juga berkaitan dengan perasaan insecure yang dialami seseorang.

Terlalu banyak memikirkan sesuatu, apalagi kemungkinan buruk yang belum tentu terjadi, dapat membuat kita mudah merasa tidak percaya diri. Selain itu, kebiasaan ini disebut juga tidak baik untuk kesehatan.

3. Terlalu Akrab dengan Sosial Media

Banyak orang yang berusaha menampilkan keseharian mereka yang bahagia di sosial media. Setiap apa yang mereka lakukan dianggap sangat penting untuk diketahui orang lain. Sehingga tanpa sadar, hal tersebut juga membuat dirinya menjadi pembanding bagi orang lain.

Sayangnya, itu justru membuat orang lain menjadi kehilangan kepercayaan diri mereka.

4. Terlalu Memikirkan Perkataan Orang Lain

Selain overthinking dan suka membandingkan diri dengan orang lain, terlalu memikiran perkataan orang lain juga menjadi hal buruk untuk diri kita sendiri.

Padahal, belum tentu apa yang dikatakan oleh orang lain itu benar dan sesuai dengan diri kita yang sebenarnya. Hanya saja pikiran kita yang terlalu sibuk untuk menjadi yang terbaik di mata orang lain.

Tips Mengatasi Insecure

Jika kamu termasuk orang yang mudah merasa insecure, kamu bisa coba beberapa tips mengatasi perasaan insecure berikut ini.

Perbanyak Menulis Hal Positif

Menulis bagi sebagian orang dipercaya sebagai terapi yang baik. Salah satunya untuk kesehatan mental kita. Maka dari itu, menulis adalah cara yang disarankan agar kita tidak mudah merasa insecure, apalagi di sosial media.

Kita pun bisa memanfaatkan sosial media sebagai tempat menulis hal-hal positif. Sehingga pikiran kita juga akan ikut memikirkan hal-hal yang baik saja.

Menuliskan kata-kata yang membuat dirimu bersemangat dan lebih percaya diri juga akan sangat membantumu untuk terbebas dari perasaan tidak percaya diri. Kamu bisa menuliskan kata-kata itu di buku, ponselmu atau di tempat lain yang mudah dilihat olehmu.

Kurangi Penggunaan Sosial Media

Ini memang salah satu yang sulit untuk dilakukan. Namun dengan begitu, kita akan terhindar dari hal-hal negatif dan mulai berhenti untuk membandingkan diri kita dengan orang lain. Jika kamu merasa ini sangat sulit, mulailah dengan mengatur timeline sosial mediamu. Salah satunya dengan tidak mengikuti akun-akun yang senang membagikan hal negatif.

Perbanyak Teman yang Baik

Memperbanyak teman, terutama yang selalu mendukung kita, senang berpikiran positif, akan sangat membantu kita untuk berubah menjadi orang yang lebih baik pula. Untuk itu, mulailah untuk perbanyak berteman dengan orang-orang yang membawa kebaikan dalam hidupmu.

Selalu Bersyukur

Bersyukur atas apa yang sudah kamu dapatkan atau yang kamu lalui setiap hari, akan membuatmu lebih tenang dan mudah merasa bahagia. Bersyukur akan membuatmu lebih mudah menerima apa yang sudah terjadi dan memaafkan segala hal yang buruk yang tentunya tidak kamu inginkan.

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang insecure dan bagaimana sebaiknya kamu bersikap untuk mengatasinya.

Jika ada alasan lain yang membuatmu merasa tidak percaya diri, silahkan tulis di kolom komentar atau bagikan artikel ini di sosial mediamu. Semoga akan semakin banyak yang membantumu terbebas dari perasaan insecure yang sangat menganggu.


Bahrul Ilmi
Blogger, SEO Content Writer dan Freelance Web Content Editor.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment