Sunday, February 24, 2019

Keuntungan Menggunakan Pemendek URL

Internet memberikan kita banyak hal baru yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Misalnya saja ketika mencari sebuah informasi hanya dengan link yang mengarah pada sebuah laman web di dunia maya. Struktur link yang sering kita klik di internet itu terbilang unik, karena tersusun dari kombinasi huruf, angka, dan simbol. Di mana kombinasi tersebut membentuk sebuah URL yang mampu memuat berbagai informasi.

Keuntungan Menggunakan Pemendek URL

Terkadang link tersebut terbentuk dengan cukup singkat, namun tidak jarang juga bisa panjang dan sulit untuk diketik secara manual. Sehingga kita perlu melakukan copy-paste jika ingin menggunakan atau membagikannya. Ada beberapa bidang pekerjaan yang sangat mengandalkan link, misalnya saja membuat form online dan berbagi file dengan orang lain.

Pemendek URL Memudahkan Pekerjaan


Struktur URL yang panjang dan mengandung simbol tertentu seringkali membuatnya terasa rumit untuk diingat. Apalagi jika salah dalam mengetikkan satu huruf saja, maka link itu akan mengalami error. Sehingga perlu ketelitian untuk menggunakannya.

Sejumlah masalah yang terjadi akhirnya bisa diatasi dengan bantuan pemendek URL. Kita bisa menyingkat sebuah deretan link yang panjang dan rumit menjadi lebih singkat dan mudah untuk dibagikan. Meski dulu pemendek URL juga masih menggunakan karakter yang unik.

Keuntungan Menggunakan Pemendek URL


Meski begitu, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan adanya pemendek URL ini. Misalnya saja sebagai berikut.

Lebih Singkat


Sesuai namanya, setiap link yang dimasukkan ke dalam layanan link shortener akan menjadi lebih singkat. Sehingga kita bisa lebih mudah untuk mengetik ulang secara manual atau membagikannya. Meski terkadang masih ada beberapa layanan penyingkat URL yang belum mendukung fitur alias atau custom link.

Mudah Diingat


Selain menjadi lebih singkat, link yang sudah dibuat dengan link shortener biasanya akan lebih mudah untuk diingat. Apalagi sekarang ini sudah ada beberapa layanan yang mendukung fitur alias. 

Di mana kita bisa membuat link sesuai keinginan. Misalnya saja pendek.id/dapatuang yang akan mengantarkanmu pada sebuah laman yang sudah ditentukan.

Mudah Digunakan


Ketika bekerja secara online, tidak jarang kita berbagi file dan membuat form online untuk berbagai keperluan. Adanya pemendek link memudahkan kita dalam membuat link yang mudah diakses dan digunakan. Fitur alias yang tersedia juga memungkinkan kita untuk menamai link sesuai project atau file yang ingin dibagikan.

Bisa Jadi Penghasilan Tambahan


Sudah bukan rahasia lagi jika banyak penyedia link shortener yang berani membayar penggunanya. Setiap menggunakan yang mendaftar pada layanan mereka dimungkinkan untuk menghasilkan uang secara online dengan pemendek URL. Di mana setiap mencapai jumlah tertentu, pengguna akan mendapat bayaran sesuai rate yang sudah ditentukan. Sunggu menyenangkan.

Dari beberapa keuntungan menggunakan pemendek URL yang sudah kita bahas, mana yang sudah kamu rasakan? Apa layanan pemendek URL yang biasanya kamu gunakan? Jangan ragu untuk berbagi pengalaman dan pengetahuanmu tentang link shortener.


EmoticonEmoticon