Friday, September 21, 2018

Cara Menghilangkan “?m=1” di Blogspot

Ketika ditekuni dengan lebih serius, ternyata aktivitas blogging itu semakin menyenangkan. Apalagi kalau kamu adalah orang yang suka belajar dan punya rasa ingin tahu cukup besar terhadap sesuatu. Belakangan ini Softrickinfo mulai aktif untuk mempelajari tentang SEO (Search Engine Optimization). Meski terbilang telat, setidaknya lebih baik daripada tidak pernah belajar sembari mencoba sama sekali, kan?. Ada banyak hal baru yang ditemukan dan mulai diterapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan “?m=1” di Blogspot

Awal blog ini terbentuk, semua ditulis sesuka hati. Apa yang terlintas di pikiran, itu yang ditulis. Bisa dibilang ini adalah salah satu blog uji coba. Sehingga tidak heran kalau masih ditemukan beberapa hal yang aneh dalam blog ini. Misalnya saja indikasi duplikat konten karena kesalahan pengaturan atau semacamnya.

Namun ternyata tanpa sadar ada beberapa artikel blog ini yang sanggup menembus halaman satu Google, seperti tutorial WhatsApp yang sempat dibahas beberapa waktu lalu. Berbagai perbaikan terus dilakukan agar kualitas blog ini semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan membenahi SEO-nya agar lebih disenangi mesin pencari serta nyaman ketika diakses oleh pengguna.

Langkah perbaikan yang dilakukan salah satunya adalah menghindari adanya duplikat konten karena kesalahan pengaturan. Ini biasanya akan terjadi pada title tags dan meta deskripsi postingan. Jika dilihat sekilas memang tidak akan tampak. Namun coba perhatikan (blog lainnya yang masih menggunakan blogspot) pada bagian URL postingan, terutama ketika dibuka melalui smartphone.

Masalah Parameter “?m=1” pada Blog


Saat belum dilakukan perbaikan, akan ada kode “?m=1” pada URL postingan blog ini. Mungkin juga pada blog lainnya yang belum menyadari hal ini. Sekilas memang bukan masalah bagi kita selaku pengguna. Namun ini ternyata memberikan dampak negatif pada blog, terutama di mata mesin pencari seperti Google.

Sebab link postingan yang masih terdapat kode tersebut akan terbaca dua kali dengan versi berbeda namun memiliki isi yang sama oleh Webmaster Google. Sehingga dianggap sebagai plagiasi. Untungnya hal ini masih bisa kita atas dengan sedikit memahami tentang coding sederhana. Minimal untuk mengindari supaya tidak terjadi error ketika melakukannya.

Contoh:

http://softrickinfo.com
http://softrickinfo.com/?m=1


Cara Menghilangkan “?m=1” di Blog


Ada beberapa sumber yang menyebut kalau masalah ini bisa diatasi hanya dengan mengganti template blog ke template yang responsive. Mungkin saja solusi itu benar, namun dari pengalaman pribadi yang sudah berulang kali ganti template responsive, kode tersebut tetap ada.

Lalu kenapa sekarang bisa hilang?

Setelah mencoba beberapa tutorial di Google, akhirnya ditemukanlah cara yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Terbukti jika kamu akses blog ini menggunakan smartphone, kode tersebut tidak akan terlihat lagi di URL. Seperti pada link tulisan ini misalnya.

#1 Pastikan Tema Seluler Nonaktif


Tema Seluler Blogspot
Pengaturan tema

Untuk membuat cara ini bekerja, kita akan sedikit melakukan pengaturan pada tema seluler. Ini biasanya untuk mengatur agar blog kita bisa menyesuaikan tampilan ketika diakses melalui ponsel pintar. Namun jika sudah menggunakan template responsive, kamu bisa menonaktifkannya saja. Karena pada template tersebut sudah ada kode tersendiri yang akan membuat blog kita dapat mengubah tampilannya secara otomatis.

Masuk ke Tema, dan kamu akan melihat menu “Seluler” pada bagian kanan. Klik menu gear yang ada pada bagian bawah, lalu pilih “Tidak, tampilkan tema desktop di perangkat seluler” dan klik Simpan.

#2 Mengedit Template


Edit HTML Blogspot
Tampilan menu Edit HTML

Masih di menu yang sama, sekarang lihat ke bagian “Langsung di Blog” dan klik “Edit HTML”. Klik sembarang di dalam kotak berisi kode, lalu tekan CTRL+F untuk menampilkan kotak pencarian. Ketikkan <head>. Setelah itu copy kode yang ada pada tombol downlod dan pastekan tepat di bawah tag <head> tadi.

Posisi pemasangan kode
Tampilan letak kodenya di blog ini
Setelah pengaturan tersimpan dan tidak ada error yang terjadi, silahkan buka blog kamu melalui smartphone, dan lihat apakah kode ?m=1 sudah hilang atau tidak.

#3 Tips Tambahan


Karena ini menggunakan kode yang dimasukkan ke dalam template, pastikan kamu melakukan langkah yang sama ketika mengganti template di kemudian hari.

M1 Remover Blogspot

Sampai di sini sepertinya cukup bahasan soal menghilangkan parameter ?m=1 pada blogspot. Pada beberapa penjelasan kamu juga akan menemukan kode ?m=0, kode tersebut pun bisa diatasi menggunakan cara ini. Jadi kalau sudah menerapkan langkah-langkah di atas, kamu tidak perlu lagi melakukannya. Cukup sekali saja.


EmoticonEmoticon