Wednesday, November 16, 2016

Pilih Sebut Bloger atau Blogger?

SOFTRICKINFO.COM – Terjun tanpa sengaja di dunia tulis-menulis online sejak 2011 membuat Softrickinfo belajar banyak hal, salah satunya adalah tentang blog. Meski terdengar sederhana, namun ternyata pembahasan tentang blog cukup menarik perhatian banyak orang. Beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana cara membuat blog, bagaimana menulis di blog, bagaimana mendapatkan uang di blog, dan mereka yang berkeja di dunia blogging disebut blogger atau blogger?
Pilih Sebut Bloger atau Blogger?
Bloger atau Blogger ya? via Pexels.com
Bermula dari Tulisan Teman di Sosmed

Saat mendengar pertanyaan terakhir di atas, Softrickinfo langsung teringat dengan tulisan seorang teman di akun Facebook-nya. Ia menulis tentang penggunaan istilah blog dan penyebutan orang yang menggunakan blog. Isi tulisannya kira-kira mengarahkan kita untuk memilih bloger atau blogger sebagai kata untuk menunjukkan orang yang bekerja di bidang tulis-menulis online. Dia menuliskan itu tepat pada Hari Blogger Nasional yang diperingati pada 27 Oktober kemarin.

Diingatkan Kembali oleh LBI 2017

Meski baru akan dilangsungkan pada Januari 2017 mendatang, Liga Blogger Indonesia (LBI) 2017 (musim kelima) nyatanya sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Dari sekian banyak persiapan yang dilakukan, baik oleh peserta maupun pihak penyelenggara, babak kualifikasi adalah rangkaian wajib yang selalu ada di setiap musim. Kali ini pun begitu. Mengingat sudah pernah mengikutinya sebanyak dua kali, dan sekarang mencoba untuk ketiga kalinya, Softrickinfo mengira para peserta akan diminta untuk menulis tentang hal yang sama seperti sebelumnya, yaitu Alasan Mengikuti Liga Blogger Indonesia.

Tapi ternyata salah, bukan itu.

Pada babak kualifikasi kali ini peserta diminta untuk menulis sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Ya, kembali pada obrolan sebelumnya, para peserta LBI 2017 diminta untuk menuliskan tentang penggunaan istilah Bloger dan Blogger di kalangan pegiat blog. Dan ya, itu membuat Softrickinfo lagi-lagi teringat dengan tulisan seorang teman tadi akun sosial media miliknya.

Sekilas Tentang Hari Blogger Nasional

Mungkin sobat sedang bertanya-tanya, bagaimana ceritanya sehingga tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Baiklah, Softrickinfo akan mencoba mejelaskan sedikit tentang sejarah diperingatinya Hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober sekaligus perkembangan blog di Indonesia.

Hari Blogger Nasional pernah di kenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger. Tepat pada tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, menetapkan hari itu sebagai Hari Blogger Nasional atau dikenal juga sebagai Event On Off Indonesia (OnOffID).
Tulisan lengkapnya bisa cek di sini.

Istilah Bloger Masuk dalam KBBI IV

Saat akan mengulas tentang tema babak kualifikasi musim kelima LBI 2017, para peserta diberikan contoh tulisan yang berkaiitan dengan tema tersebut. Di salah satu bagian dalam tulisan tersebut Softrickinfo menemukan sebuah informasi yang menyebutkan kalau istilah untuk pegiat blog sudah dimasukkan ke dalam KBBI. Apa itu KBBI? KBBI adalah singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lalu apa isi tulisannya? Kira-kira begini isinya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) baru-baru ini memasukkan istilah blogger. Bukan dengan kalimat double G (baca Blogger), tapi hanya satu (G),yaitu B-L-O-G-E-R. Istilah bloger dalam KBBI adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog.  Tapi ketika kamu mencari istilah ini di Internet, KBBI masih belum mencatatnya dengan benar. Hal itu karena versi KBBI yang digunakan masih versi III. Sementara di dalam KBBI IV, istilah bloger sudah ditulis dengan benar.

Selain KBBI III dan IV, Wikipedia juga memberikan penjelasan berbeda tentang mereka yang melakukan aktifitas blogging. Wikipedia menye butnya dengan Narablog, yaitu penulis atau jurnalis yang mencatat berbagai informasi dalam sebuah blog, baik berupa blog pribadi maupun kelompok, dalam aneka kategori pembahasan.

Jadi, Bloger atau Blogger?

Sebenarnya jika mengikut kebiasaan, maka yang benar adalah Bloger. Kenapa? Karena kita selalu memberikan tambahan ‘er’ pada sesuatu. Missal orang yang suka bermain Facebook, disebut Facebook-er. Mereka yang sering dapat endorse, disebut Endors-er, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi kalau Blog, ya Blog-er. Gimana? Setuju? Kalo nggak setuju silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Tapi mau disebut bloger atau blogger bunyinya terdengar sama saja (hanya mungkin ada sedikit penekanan). Softrickinfo sendiri tidak mempermasalhkan mau disebut bloger atau blogger. Karena menurut orang yang mengucapkannya tentu akan mengarah kepada seseorang yang menulis di blog. Iya kan? Silahkan dikoreksi kalau salah, ya.

Menurutmu Labih Baik Bloger atau Blogger?

Jika kamu menanyakan hal yang sama pada Softrickinfo, maka jawabannya adalah pilih mana yang paling kamu sukai. Sebab seperti yang sudah dijelaskan tadi, baik bloger atau blogger terasa sama saja mendengarnya. Ini hanya pendapat pribadi, bisa saja salah. Nah, sekarang kalu menurut kamu, lebih baik mana, bloger atau blogger? Ayo bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Selamat berkompetisi, belajar dan berjuang untuk teman-teman yang sedang mengikuti LBI 2017.

3 komentar

Ane setuju blogger aja min. Alasanny, klw kita search d om gugel, dia kasih "g" nya 2. 😂😂😂

Aku lebih suka yang sebutan blogger...

Saya mulai bingung dgn istilah Bloger dan Blogger ketika menonton wawancara di salah satu stasiun tv lokal,

Disebutkan disana "Food Bloger", bukan Blogger. Akhirnya saya mengerti perbedaannya 😁 makasih mas..


EmoticonEmoticon