Saturday, November 12, 2016

Posisi-Posisi ‘Wuenak’ Menggunakan Gadget yang Tidak Baik untuk Kesehatan

SOFTRICKINFO.COM – Penggunaan gadget semakin hari semakin meningkat. Kemudahan yang ditawarkan dan juga produksinya yang kian cepat, membuat rata-rata masyarakat memiliki gadget secara pribadi. Dalam aktifitasnya sehari-sehari, setiap pengguna gadget tentu memiliki posisi yang membuat mereka betah berlama-lama memainkan gadget mereka. Tapi saat kamu membaca artikel ini, mungkin kamu harus lebih berhati-hati, sebab ada beberapa posisi ‘wuenak’ saat menggunakan gadget yang dapat membahayakan kesehatanmu.
Posisi-Posisi ‘Wuenak’ Menggunakan Gadget yang Tidak Baik untuk Kesehatan
Enak tapi nggak sehat via Pexels.com
Jika kamu termasuk pengguna yang betah berlama-lama di depan gadget dengan posisi tertentu, ada baiknya bagi kamu memperhatikan beberapa poisisi berikut ini yang disebut-sebut dapat berbahaya bagi kesehatanmu. Mungkin salah satunya adalah posisi yang paling kamu sukai.

#1 Tiduran dengan Posisi Tengkurap dan Sebagian Tubuh Terangkat

Tiduran dengan posisi seperti ini merupakan salah satu poisi terenak yang sering digunakan oleh pengguna saat memainkan gadget kesayangan mereka. Namun tanpa disadari, posisi seperti ini justru tidak baik untuk kesehatan.

Kenapa?

Sebab posisi tersebut tekanan darah dalam tubuh yang menuju ke jari-jari menjadi terhambat oleh posisi siku yang bertumpu pada lantai. Siku akan menopang berat badan yang kemudian mempengaruhi saraf ulnaris, sebuah saraf di dalam tubuh kita yang bertugas mengendalikan otot tangan, lengan bawah, dan jari). Jika saraf tersebut mulai terganggu, maka kita akan merasa kesemutan, mati rasa, dan lama-kelamaan jari kita akan kehilangan tenaga untuk menggeenggam.

Solusinya?

Cobalah untuk mencari posisi yang dapat menghindari siku bertumpu pada lantai. Misalnya dengan berguling ke arah kiri atau kanan. Usahakan sebisa mungkin untuk memegang gadgetmu dengan satu tangan, sehingga jika tangan yang satu mulai lelah, kamu bisa beralih menggunakan tangan yang lainnya untuk memegang gadget tersebut.

#2 Berdiri dengan Kepala Terlalu Menunduk Menatap Gadget

Posisi lainnya yang keliru, tapi sering sering dilakukan saat menggunakan gadget adalah dengan memposisikan gadget sejajar dengan pusar saat beridir. Posisi tersebut membuat kita akan terlalu menunduk saat menggunakan gadget yang kita miliki. Posisi seperti ini dikatakan dapat menyebabkan terjadinya degenerasi pada tulang belakang dan dapat membahayakan otot leher.

Solusinya?

Cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengatur posisi gadgetmu agar sejajar dengan dada. Pastikan kalau kamu tidak perlu terlalu menunduk dengan posisi seperti itu.

#3 Memangku Laptop dalam Posisi Duduk

Banyak orang yang menggunakan posisi ini saat menggunakan laptop mereka. Terutama saat sedang berada di luar dan sulit untuk menemukan meja atau posisi yang nyaman untuk menempatkan gadget mereka. Seorang fisioterapis dari Dalhousie University di Halifax, Nova Scotia, menyebutkan kalau posisi menggunakan gadget atau laptop dengan posisi terlalu menunduk saat duduk, dapat menyebabkan timbulnya masalah pada piringan yang terselip pada sepanjang tali tulang belakang. Masalah tersebut menjadi penyebab utama sakit punggung dan nyeri pada bagian di sekitar panggul.

Tidak hanya itu, posisi tersebut juga menyebab terganggunya aliran darah ke yang akan membuat kita merasa lemas ketika akan berdiri.

Solusinya?

Cobalah untuk memposisikan gadget atau laptopmu sejajar dengan tumbuh atau pandanganmu. Jika memungkinkan gunakan meja untuk meletakkan laptop yang kamu gunakan. Dengan begitu tulang belakangmu akan terasa aman dan nyaman.

Itulah beberapa posisi 'wuenak' tapi tidak baik untuk kesehatan. Semoga kamu tidak terbiasa dengan salah satu diantaranya. Jika iya, sebaiknya cobalah untuk melakukan solusi yang telah diberikan. Mari tetap sehat di era digital dengan lebih bijak menggunakan gadget.


EmoticonEmoticon