Tuesday, January 13, 2015

Terbawa Arus Blogger dan Copywriting

Terbawa Arus Blogger dan Copywriting

Terbawa Arus Blogger dan Copywriting. Liga Blogger Indonesia (LBI) Musim 2015 saat ini sudah memasuki pekan kedua. Pada kesempatan kali ini, para peserta diminta untuk membuat sebuah tulisan yang bertemakan Blogger dan Copywriting. Tantangan lainnya adalah dalam tulisan tersebut harus ada minimal tiga buah gambar yang merupakan milik para peserta, bukan mengambil dari google. Saya sendiri sempat tersenyum bingung melihat tantangan di pekan kedua ini.

Saya tersenyum karena tema yang diangkat kali ini sangat dekat dengan saya, dan saya bingung karena gambar yang nantinya akan dimasukkan ke dalam postingan tema adalah gambar milik pribadi, bukan gambar yang didapatkan dari google, sedangkan saya bukan orang yang suka mengoleksi foto. Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya itu bukan masalah besar. Saya yakin dengan kemampuan menulis saya yang masih minim ini, saya bisa menyelesaikna tulisan ini walaupun akhirnya mungkin akan membuat para pembaca menjadi bingung.

Blogger dan Copywriting

Jika sobat menelusuri setiap postingan yang ada di blog ini, sobat pasti akan menemukan beberapa tulisan yang menceritakan tentang awal mula saya menjadi seorang blogger yang kemudian mencoba memberanikan diri menjadi seorang copywriter. Itulah mengapa saya katakan bahwa tema kali ini adalah tema yang sangat dekat dengan saya.

Saya sendiri banyak belajar dari beberapa blogger senior yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya. Para blogger tersebut kini juga sedang bertanding, menunjukkan kebolehannya di ajang LBI 2015 ini. Ya, mereka adalah Rohani Syawliah (@honeylizious) dan Dwi Wahyudi (@bloggerborneo). Dari kedua blogger itulah saya banyak mendapatkan ilmu tentang ngeblog dan menjadi seorang blogger hingga sekarang ini.

Saya bahkan tidak sadar bahwa cara menulis saya selama ini disebut dengan “copywriting”. Saya hanya membaca artikel di beberapa media online, lalu menuliskannya dengan kata-kata saya sendiri di blog ini. Dan ternyata menjadi seorang blogger dan juga copywriter membawa efek yang luar biasa bagi saya sendiri.

Moz KOpdar PNK 2013
Foto bersama di acara #MozKopdarPNK2013
Dampak Blogger dan Copywriting

Berbicara soal dampak, ada banyak hal yang sudah saya rasakan selama menjadi seorang blogger dan juga ketika belajar menjadi seorang copywriter. Seperti yang banyak ditulis pada artikel-artikel yang tersebar di internet tentang keuntungan menjadi seorang blogger, beberapa hal diantaranya yang sudah saya rasakan adalah punya banyak teman, lebih percaya diri, wawasan lebih terbuka, mengetahui informasi lebih cepat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan selama saya menjadi seorang copywriter, hal yang paling saya rasakan adalah meningkatnya kemampuan menulis yang saya miliki, bertambahnya kosa kata yang membuat kita terhindar dari penggunaan kata yang berulang-ulang, dan juga mampu menghubungkan sebuah tulisan dengan apa yang sudah kita ketahui terkait tema yang diangkat dalam sebuah tulisan.

Di Acara Tupperware Aku Anak Sehat 2014
Diundang ke acara Tupperware Aku Anak Sehat 2014
Alasan memilih gaya copywriting

Ada beberapa alasan yang membuat saya kemudian bertahan dengan gaya penulisan copywrting. Sejak awal saya menulis di blog ini, sebenarnya saya sudah menggunakan cara itu, hanya saja waktu itu saya masih menggunakan sedikit teknik copy-paste. Seiring dengan bertembahnya pengetahuan tentang tata cara ngeblog, saya kemudian mengurangi kebiasan buruk tersebut (copy-paste).

Saya membaca paragraf demi paragraf yang terdapat dalam setiap tulisan yang akan saya tulis ulang di blog ini. Dengan sedikit kemampuan yang saya miliki dipadukan dengan kempuan jurnalistik saya yang juga sedikit, saya akhirnya berhasil membuat tulisan yang saya re-write tersebut menjadi berbeda dari tulisan aslinya.

Jika ditanya mengapa saya suka menggunakan cara itu, jawabannya adalah karena saya merasa nyaman menggunakannya. karena cara itu pula saya dapat terhindar dari label “blogger copy-paste”. Itu terlihat dari beberapa job yang diberikan kepada saya, dan untuk bisa menyelesaikan job tersebut saya harus membuat tulisan yang lolos dari yang namanya copy-paste. Dengan menggunakan cara re-write atau copywriting itulah saya kemudian bisa lolos saja uji coba menggunakan Copy Scape.

Baiknya menggunakan teknik copywriting adalah kita sebagai seorang blogger dapat terhindar dari kegiatan copy-paste karya orang lain, meningkatkan kreatifitas kita dalam menulis, melatih kita untuk mengembangkan ide dan pengetahuan yang kita miliki, dan yang paling saya rasakan adalah kita akan mudah mendapatkan pekerjaan sebagai seorang copywriter atau content writer jika gaya tulisan kita dianggap menarik.

Itulah beberapa hal dan pengalaman yang dapat saya bagikan pada tulisan kali ini. Semoga tidak membuat sobat bingung membacanya.

32 komentar

Jika pertama ngeblog diawali dg kebiasan kopas, mmg butuh perjuangan agar bisa membuat artikel sendiri, meskipun 'cuma' re-writing.

Keren mas tulisannya. Jadi ingat pernah baca quote ini :) "Originality is undetected plagiarism." Ambil dari banyak sumber lalu tulis dg cara sendiri.. Ditunggu kunjungan baliknya ya.. salam LBI2015 :D

mohon koreksinya jika salah berkomentat, Bukankah seorang copywriter itu adalah orang yang berwawasan tinggi jadi tidak mungkin dia melakukan copy paste dan yang saya ketahui seorang copywiter itu orang yang kreatif dalam mengulas suatu produk agar menarik alias mereka berada di dunia koemersial

Itulag gan, sekarang lagi proses. masih perlu banyak belajar dan perlu banyak dukungan serta masukan dari orang lain :)

Terima kasih :) Segera meluncur gan :)

Hahaha... Iya gan, saya juga masih baru kok jadi copywriter. Masih perlu banyak belajar. Belum PRO :D

keren tuh klo sudah bisa menerapkan teknik copywriting dlm ngeblog..
dan jelas bgt bkal terhindar dari copypaste

Waduh sepertinya ada yang salah persepsi nih. Copywriting itu bukan menulis dengan cara meng-copy terus ditulis ulang, itu salah. Copywriting itu menulis untuk iklan, selebihnya bisa belajar di Google khususnya blog luar negeri, bisa berabe ini. :D

@ifanandrip - http://www.ifantastis.com - #LBI2015

Salah fokus kite nengok fotonyeee

@honeylizious

Setuju, seorang copywriter itu harus pintar menulism

Maaf, bukannya copywriting itu sebuah teknik atau seni menulis dengan maksud mengajak, memasarkan dan menjual? Kalau Menurut Wikipedia, copywriting adalah kegiatan menulis teks yang digunakan untuk iklan atau memasarkan produk, jasa, tokoh, ide atau pendapat. Jadi bukan merewrite sebuah tulisan :) CMIIW Salam @S_AdiFirmansyah

Ih curang deket dengan copywriting. keren
apalagi diundang... Lebih keren
iya blogger jangan copas ya re write walo mirip copas lebih gimana getuu

salam dari @guru5seni8

Hahaha... Iya mas, sepertinya saya salah. Terima kasih masukan dan koreksiannya :D

Iya gan, sepertinya saya yang gagal paham soal copywriting hehehe

Setuju memang dg menjadi blogger kita punya banyak teman, lebih percaya diri, wawasan lebih terbuka, mengetahui informasi lebih cepat @ADIBRIZA

yahhh, meskipun namanya copywriter, tapi tulisan gag boleh copy juga hehhe
nice kakak :))

andresyaideep.blogspot.com

Belajar bisa dari mana saja dan siapa saja :)

keren, pengalaman pribadi sebagai copywriter

Saya bahkan tidak sadar bahwa cara menulis saya selama ini disebut dengan “copywriting”.
Nah sama mas, saya aja baru tau setelah nulis tema pekan ke-2 ini haha :D

Hahaha lucu ya rasanya kalo kita baru sadar gaya menulis kita seperti apa :D

Mudah-mudahan kita benar-benar bisa menerapkan gaya seorang copy writer di Blog Kita yah

@rin_mizsipoel


EmoticonEmoticon