Friday, January 9, 2015

Tak Mau Kalah, Smart TV Juga Perang OS


Tak Mau Kalah, Smart TV Juga Perang OS. Persaingan di dunia teknologi sepertinya semakin memanas dan seolah tida habis-habisnya. Terbukti dengan persaingan beberapa perusahaan besar yang terjadi dalam hal kecanggihan teknologi yang selalu berlomba-lomba untuk menghandirkan kecanggihan teknologi terbaru kepada para penggunanya. Sehingga tidak heran jika kabar tentang dunia teknologi akan selalu dihiasi dengan inovasi-inovasi terbaru dari para pengembang teknologi.

Penemuan-penemuan baru yang terus bermunculan dan dikembangkan oleh para penggiat bisnis teknologi tersebut seolah membuat munculnya perang di antara mereka. Namun perang yang mereka lakukan tersebut adalah perang dalam hal yang positif, yaitu pengembangan teknologi untuk para penikmat teknologi yang ada di dunia.

Kita tentu sudah tahu dan terbiasa dengan kabar persaingan sistem operasi atau OS yang ada saat ini. Ya, pada PC (personal computer), kita mengenal adanya beberapa OS ternama seperti Windows, Mac, dan Linux. Sedangkan pada smartphone ada Android, iOS, Windows Phone, dan yang terbaru dari Samsung adalah Tizen.

Persaingan beberapa OS tersebut ternyata juga dipantau oleh para pengembang TV pintar. Sebut saja Samsung, LG, dan Sony. Ketiga perusahaan yang juga bergerak dalam pengembangan gadget dan smart TV tersebut kini juga saling bersaing, melakukan perang OS, fitur dan keunggulan dari masing-masing smart TV yang mereka buat.

Berdasarkan informasi yang disadur dari halaman WinPoin, saat ini terdapat tiga OS ternama yang dibenamkan pada produk smart TV buatan Samsung, Sony, dan LG. Samsung yang sempat menggunakan sistem Android untuk TV pintar mereka kini telah beralih menggunakan Tizen. Sony seperti yang kita ketahui juga sudah sering menggunakan Android pada beberapa produk smart TV mereka. Sedangkan LG menggunakan WebOS sebagai OS andalan pada produk smart TV mereka.

Melihat persaingan yang begitu ketat dan juga perkembangan yang semakin cepat, akankah Microsoft juga akan menjadikan sistem operasi mereka sebagai sistem operasi yang berjalan di smart TV? Ini mengingat bahwa Windows terbaru buatan Microsoft nantinya akan mampu berjalan pada berbagai perangkat. Kita tunggu saja kabar perkembangan selanjutnya.


EmoticonEmoticon