Monday, December 22, 2014

Haruskah Softrickinfo.com Berganti Nama? [Part 2]

Haruskah Softrickinfo.com Berganti Nama? [Part 2]

Tidak terasa dua tahun lebih sudah Softrickinfo berbagi banyak hal kepada para pembacanya di dunia maya bernama internet. Banyak hal dan juga pengalaman yang saya dapatkan selama mengurusi blog ini. Dikenal banyak orang, bertemu dengan orang-orang hebat dalam hal blogging, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan ketika saya merasa blog ini tidak begitu dikenal, banyak orang di luar sana yang tiba-tiba saja mengaku mengenal saya dari blog ini, dari tulisan-tulisan yang saya posting di blog ini.

Senang dan bangga rasanya jika ternyata perjuangan yang dilakukan selama ini tidak sia-sia. Namun saya berharap semua pujian dan sanjungan yang diberikan kepada saya karena blog ini tidak membuat saya lantas menjadi sombong dan sok pintar, seperti apa yang dikatakan oleh beberapa orang kepada saya.

Seiring berjalannya waktu, blog ini ternyata membuat saya semakin dikenal oleh banyak orang. Mulai dari teman dekat, hingga dosen-dosen saya di kampus tahu bahwa saya memiliki blog dan aktif di sosial media. Hal tersebut kemudian membuat saya kembali mendapatkan sebuah komentar tentang blog ini yang sampai saat ini masih saya pertanyakan untuk saya lakukan atau tidak.

Dekan Fakultas dan beberapa dosen saya di kampus menyarankan untuk mengganti nama Softrickinfo.com yang saya gunakan saat ini dengan nama yang lebih bagus, menarik, dan mudah untuk diingat. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Samsul Hidayat, MA, Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak beberapa waktu lalu kepada saya.

“Susah sekali nama blogmu ini. Coba ganti dengan yang lebih mudah diingat dan menarik. Jadi ketika orang baca, orang tertarik untuk masuk,” katanya. Jika saya tidak memikirkan lebih jauh tentang dampak dari saran tersebut, mungkin saat itu juga saya sudah memutuskan untuk membeli sebuah nama domain baru dan menggunakannya di blog ini. Tapi tunggu, ada banyak hal yang harus saya perhitungkan agar saya tidak jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Jika saya mengganti nama domain blog ini dengan nama domain yang baru, maka bukan tidak mungkin saya harus berjuang dari awal lagi untuk membesarkan blog ini. Walaupun nantinya nama domain yang baru ketika diklik dapat mengarah secara otomatis ke domain yang baru, tetap saja itu akan berdampak pada posisi blog ini di internet. Entah itu dari segi jumlah pengunjung, atau persaingan untuk bisa muncull di hasil pencarian tanpa merusak link yang sudah ada.

Itulah kenapa saya lebih memilih untuk bertahan menggunakan domain yang ada saat ini daripada harus menggantinya dengan yang baru. Tapi tenang, saran Pak Dekan masih akan saya lakukan, namun tidak di blog ini. Saya sedang menyiapkan sebuah project baru di tahun depan yang rencananya akan saya gunakan untuk keperluan self branding dan diisi dengan beberapa kemampuan yang saya miliki. Project tersebut juga nantinya diharapkan dapat menjadi sebuah brand yang bisa digunakan sebagai media promosi dan review sebuah produk atau layanan.

Saat ini saya masih mengumplan biaya untuk mebeli beberapa keperluan yang saya butuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut. Jika tidak ada kendala apapun yang menghambat prosesnya, kemungkinan di awal tahun 2015 rencana tersebut sudah bisa terwujudkan. Mohon do’a dan dukungannya saja agar rencana tersebut bisa berjalan dengan lancar dan bisa lebih baik dari Softrickinfo.com.

2 komentar

Ngape pula harus ganti name Bro? Menurut saye yang penting bukan pada nama domainnye melainkan pada kontennya. 2 tahun membangun dan menjaga eksistensi bukanlah sebuah hal yang mudah. Kalau secara pribadi sudah hafal dgn nama domain ente yaitu www.softrickinfo.com. Itu menulis tanpa mencontek lho alias saye udah hafal dgn nama domain ente. :-)

Itulah bang, makanya saya sampe sekarang belum mau punya blog baru yang seperti ini lagi, takut ndak bisa ngisi kontennya secara rutin. Lagi pun kalo nama domain blog ini diganti, saya mikir pasti banyak efeknya. Tapi rencananya saya mau serius belajar pake Wordpress di 2015, tinggal nunggu rezekinya aja untuk sewa hosting dan beli domainnya. Insya Allah mau pake nama pribadi (Bahrul Ilmi) karena belum ada yang pake. Terima kasih support-nya bang :)


EmoticonEmoticon