Monday, December 22, 2014

Haruskah Softrickinfo.com Berganti Nama?

Haruskah Softrickinfo.com Berganti Nama?

Tiba-tiba saja akhir-akhir ini saya merasa kembali ke dua tahun yang lalu, ketika blog ini akan berganti domain dari yang sebelumnya menggunakan [dot]blogspot.com hingga kini hanya menggunakan [dot]com dibelakang namanya seperti saat ini. Saya rasa tidak ada seorang blogger yang tidak mengingkan blog yang ia buat menjadi besar dan terkenal, begitu juga saya. Bermain-main dengan banyak layanan blog sebelum memtuskan untuk serius pada blog ini membuat saya mempunyai keinginan untuk lebih konsentrasi dan fokus untuk mengmebangkan blog ini.

Softrickinfo sendiri dibuat pada tanggal 13 Agustus 2012. Sebelumnya saya juga sudah memiliki sebuah blog mobile ketika saya memutuskan untuk benar-benar melangkah ke dunia perbloggeran pada 1 Januari 2012 lalu. Sempat bingung ketika akan menentukan nama yang pas untuk blog ini kala itu, setelah berfikir cukup lama, saya kemudian menemukan tiga kata yang menjadi kemampuan dasar saya dalam menulis artikel di blog. Tiga kata tersebut adalah Software, Trik, dan Informasi seputar IT. Jika dipikir-pikir tidak mungkin saya menggunakan ketiga kata tersebut begitu saja tanpa menyingkatnya, karena pastinya nama blog saya akan jadi sangat panjang sekali.

Saya kembali berfikir. Saya kemudian menemukan jalan keluarnya. Masing-masing kata tersebut saya sederhanakan menjadi Soft, Trick, dan Info. Kemudian saya gabungkan ketiganya dan jadilah “Softrickinfo”. Sesuai dengan namanya, isi atau konten dari blog ini tidak jauh-jauh dari seputar Software, Trik, dan Informasi seputar IT. Tidak berkembang namanya kalau blog ini tidak dikenal orang sehingga banyak orang yang kemudian memberikan kritik dan saran untuk blog ini dengan nada dan gaya yang bermacam-macam.

Salah satu komentar yang kemudian membuat Softrickinfo mulai berbenah diri adalah tanggapan tentang konten Softrickinfo.com yang lebih banyak ke software dan sebagian besar merupakan hasil crack-an atau bajakan. Semula saya tidak begitu memperdulikan komentar tersebut, tapi lama-kelamaan, seiring bertambahnya pengetahuan tentang blog, saya mulai berfikir kembali tentang komentar tersebut.

Persaingan di tema software sepertinya cukup berat untuk saya. Setiap hari ada saja software-software terbaru yang bermunculan, dan jika ingin terlihat baik dengan selslu menyajikan software-software terupdate, saya harus mampu untuk menuliskan semuanya di blog ini. Tidak hanya itu, pengetahuan tentang software tersebut walau sedikit juga harus dimiliki. Selain agar pembaca tidak bingung, juga sebagai nilai lebih untuk blog yang dimiliki serta kita sebagai penulis.

Membahas tentang software, apalagi di Indonesia, ternyata membawa dampak bagi trafik blog kita sendiri. Bisa berpengauh baik, tapi bisa juga sebaliknya. Saya sendiri merasakan efek yang kedua. Jika diperhatikan dari hitungan yang diberikan oleh blogger (layanan blog milik Google yang saya gunakan saat ini), jumlah pageviews dan juga kunjungan jauh lebih banyak jika saya membahas tentang informasi selain software di blog ini. Melihat hal tersebut, saya semakin berfikir apakah saya harus benar-benar berhenti membahas tentang software.

Tak berapa lama kemudian saya mencoba untuk mengurangi tulisan tentang software di blog ini dan lebih banyak membahas tentang informasi seputar IT. Dan ternyata efeknya jauh lebih baik daripada ketika membahas tentang software. Jumlah pengunjung semakin hari semakin bertambah, stabil, dan bounce rate blog ini perlahan-lahan menurun.

Setelah sekitar setahun lebih blog ini saya kembangkan, owner Honeylizious.com, Rohani Syawaliah, menyarankan saya untuk mengganti domain blog ini dengan domain TLD (Top Level Domain). Sejenak saya berfikir dengan besarnya biaya yang harus saya keluarkan setiap tahun untuk membayar domain tersebut. Namun dengan bermodalkan keyakinan dan semangat, saya kemudian mengiyakan saran tersebut pada Semtember 2013.



EmoticonEmoticon