Wednesday, October 8, 2014

Toshiba Glass, Kacamata Pintar Pesaing Google Glass

Toshiba Glass, kacamata Pintar dari Toshiba

Kacamata pintar besutan Google yang diberi nama Goole Glass dan sempat menuai kontroversi tersebut tampaknya membuat beberapa orang yang ada di luar sana juga ingin membuat kacamata pintar yang serupa dengan Google Glass. Salah satu yang dikabarkan sedang mencoba menyaingi Google Glass buatan Google adalah Toshiba yang dinamai Toshiba Glass.

Toshiba rupanya diam-diam mengincar pasar wearable gadget. Baru-baru ini, Toshiba memamerkan prototipe kacamata pintar di ajang Ceatec Trade Show yang berlangsung di Jepang. Toshiba Glass, kacamata yang terkesan meniru nama Google Glass ini punya semacam proyektor mikro di salah satu sisi yang ada di dekat lensa. Proyektor tersebut menampilkan gambar yang merefleksikan apa yang ada di lensa layaknya yang terdapat pada Google Glass,

Namun tidak seperti Google Glass, kacamata pintar besutan Toshiba ini tidak dilengkapi prisma di lensanya yang merefleksikan gambar ke mata. Sebagai gantinya, kacamata pintar milik Toshiba terdiri dari serangkaian prisma sempit yang disusun vertikal. Mereka akan terlihat lebih jelas ketika pengguna melihat lurus ke lensa. Gambar yang diproyeksikan akan direfleksikan balik ke mata.

Toshiba menyebutkan kacamata pintar tersebut punya berat 42 gram, sama seperti Google Glass. Namun sayangnya secara penampilan Toshiba Glass masih kurang menarik, sepertinya Toshiba harus memikirkan ulang soal desainnya jika memang berambisi untuk menyaingi Google.

Dari segi harga, untuk menarik minat Toshiba pun memikirkan lagi harga jualnya. Untuk saat ini, Toshiba sudah menentukan banderolnya sama dengan Google Glass yakni USD 1.500 atau sekitar Rp 18 jutaan (1 USD = Rp 12.000). 


EmoticonEmoticon