Saturday, September 27, 2014

Tips Memilih Ukuran TV yang Tepat

Tips Memilih Ukuran TV yang Tepat

Di era modern yang serba digital ini kebaradaan sebuah televisi (TV) tampaknya masih diperhitungkan. Meskipun beberapa gadget canggi keluaran terbaru seperti tablet sudah mendukung untuk menonton TV, namun ternyata masih banyak orang yang memerlukan sebuah televisi yang berukuran lebih besar dari sebuah tablet yang bisa disimpan di tempat yang mereka inginkan.

Sobat sedang berencana untuk membeli TV? Sudah menemukan yang cocok? Hm.. Sepertinya ini pertanyaan yang cukup sulit karena ada begitu banyak jenis televisi yang dijual di pasaran. Mulai dari jenis layar (LCD, LED, OLED, Plasma, atau Curved), resolusi layar (High Definition atau Ultra High Definition), ukuran layar, dan lain sebagainya. Kali ini Softrickinfo akan mencoba memberikan sedikit saran mengenai cara memilih ukuran televisi yang pas untuk kebutuhan sobat.

Flat TV memiliki ukuran yang jauh lebih kecil (tipis) dari yang sobat bayangkan. Jika sobat sudah memperkirakan jarak pandang dari posisi televisi ke sofa, jarak tersebut akan bertambah beberapa puluh centimeter ketika kamu sudah benar-benar membeli dan menaruhnya di ruang keluarga atau kamar tidur. Jadi, gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih kecil dari posisi dudukmu. Jika kamu ingin membeli televisi HD, ada sebuah rumus yang dapat sobat gunakan untuk memilih ukuran televisi yang tepat sesuai dengan jarak pandang.

Caranya, ukur secara pasti jarak mata dari tempat kamu duduk ke posisi televisi, dalam hitungan inci. Kemudian, kalikan jarak itu dengan 0,535. Pilihlah ukuran televisi yang mendekati hasil kalinya. Jadi, jika misalnya jarak dari tempat kamu duduk ke posisi televisi sekitar 60 inci, maka ukuran televisi yang ideal adalah 32 inci (60 x 0,535 = 32,1). Cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang sedang bingung menentukan ukuran televisi yang tepat.


EmoticonEmoticon