Sunday, May 25, 2014

Dual Boot Windows 7 dan Linux Mint 17

Dual Boot Windows 7 dan Linux Mint 17

Judul postingan kali ini adalah 'Dual Boot Windows 7 dan Linux Mint 17'. Weiitss, jangan buru-buru terkecoh dengan judulnya, karena kali ini saya tidak sedang berbagi tutorial cara Dual Boot Windows 7 dan Linux Mint 17, tapi saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya tentang itu.

Meski Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan dan saya adalah salah satu pengguna yang sangat menyukai Windows, tapi tidak ada salahnya kan jika saya ingin mencoba menggunakan sistem operasi Linux yang lisensinya free alias gratis?

Karena keinginan tersebut dan ketergantungan saya terhadap Windows, akhirnya saya berusaha untuk mempelajari bagaimana caranya agar bisa melakukan dual boot antara Windows dan Linux di laptop yang saya gunakan. Namun meski sudah berkali-kali mencari tutorial dan mencoba, saya masih saja selalu gagal melakukannya.

Entah sudah berapa kali saya membuat seluruh data saya yang tersimpan di laptop ini hilang tanpa sisa, bukan karena virus atau yang lain, tapi karena saya selalu salah ketika melakukan instalasi dual boot di laptop saya. Karena sekarang saya sudah kuliah dan takut data-data kuliah saya hilang lagi, saya sempat berfikir baru akan menggunakan Linux lagi nanti, ketika saya sudah memiliki rezeki lebih dan membeli sebuah laptop baru khusus untuk Linux.

Tapi sepertinya saya tidak perlu menunggu terlalu lama untuk itu, karena pagi ini sekali lagi sepupu saya menawarkan saya untuk mencoba menggunakan Linux. Ya, sepeupu saya lah yang paling sering mengingatkan saya kepada Linux, yaa meskipun setiap kali saya melakukannya saya harus merelakan Windows 7 saya untuk di instal ulang.

Dengan masih dihantui rasa takut akan rusaknya Windows 7 saya karena menginstal Linux, saya menolak keinginan sepupu saya yang mau membantu saya agar bisa menggunakan Linux. Itu karena pengalaman-pengalaman sebelumnya. Namun dengan penuh percaya diri ia meyakikan saya untuk mau menginstal Linux di Laptop saya.

Akhirnya dengan harap-harap cemas saya membiarkannya melakukan instalasi Linux Mint 17 di laptop ASUS X45A yang saya gunakan sambil menjelaskan kepada saya langkah-langkah instalasinya. Tidak butuh waktu lama, setelah melakukan beberapa pengaturan di Windows, akhirnya saya bisa menggunakan Linux Mint 17 dan Windows 7 Ultimate secara bersamaan di laptop yang sudah memberi saya banyak pengalaman ini.

Bagi sobat yang ingin melakukan Dual Boot Windows 7 dan Linux Mint 17 di alptop atau komputernya, saya sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu untuk data-data penting yang sobat miliki. Satu pesan yang bisa saya katakan, "Do with your own risk".

6 komentar

kalo gagal, ntar ilang semua ya data di laptop?

mas kalo mau intal dual boot tapi yang di instal linux dulu baru windows gimana caranya kalo yang sering kan windows dulu baru linux, kalo sebaliknya gimana mas,,, makasih

Nggak kalo instalasinya di partisi khusus

Wah, saya belum pernah coba yang seperti itu. Biasa install windows baru linux :)

caranya gampang instal aja linux nya di partisi selain partisi system windows, setelah di instal jangan takut soalny windows nya tidak terload ke boot jadi kita akan terload ke linux tapi saya punya solusi setelah instal masukan installan windows lalu klik reprair computer lalu ada system recover options klik next aja lalu pilih Command Prompt. masukan kode bootrec /fixmbr ,bootrec /fixboot,
bootrec /rebuildbcd cara ini baru saya gunakan jadi belum tentu work di semua laptop saya pakai win7 dan linux mint ver 18


EmoticonEmoticon