Friday, April 18, 2014

Cara Agar Tidak Dikatakan Blogger Asal Copas

No copy paste
Copas atau yang juga disebut copy-paste adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan cara menyalin tulisan seseorang, kemudian memindahkannya pada karya pribadi tanpa mengubah sedikitpun isi dari tulisan tersebut dan tidak menggunakan aturan copy-paste yang baik dan benar.Kegiatan copas bisa dilakukan oleh siapa saja, namun kegiatan copas ini biasanya lebih dikait-kaitkan dengan para blogger yang terus bermunculan di dunia maya.

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana caranya agar kita atau sobat yang merasa sebagai blogger sejati, agar tidak dikatakan sebagai blogger yang asal copas. Meski kegiatan copy-paste dianggap sebagai suatu kegitan yang melanggar di dunia maya, kegiatan copas juga tidak bisa kita hilangkan begitu saja, karena bagaimanapun kita pastinya akan membutuhkan yang namanya copy dan paste pada waktu-waktu tertentu. Maka dari itu dibuatlah beberapa cara agar kita tidak menjadi orang atau blogger yang tidak asal copas.

Berikut beberapa cara agar kita tidak dikatakan blogger asal copas yang Softrickinfo dapatkan berdasarkan pengalaman yang Softrickinfo dapatkan ketika memperlajari pengetahuan-pengetahuan tentang blog. Cara-cara tersebut di antaranya adalah.

  • Dilihat dari sisi pengguna
  1. Meminta izin
    Sebelum kita memutuskan untuk mengkopi sebagian atau seluruh tulisan milik orang lain, ada baiknya jika kita terlebih dahulu meminta izin kepada sang pemilik atau pembuat tulisan tersebut. Tujuannya adalah agar tidak terjadi penyalahgunaan tulisan dan kesalahpahaman dikemudian hari.

  2. Mencantumkan sumber
    Ketika kita menyalin tulisan atau mengutip kata-kata dari tulisan orang lain ke dalam tulisan kita, sebaiknya kita mencantum dari mana tulisan atau kata-kata itu kita dapatkan. Kita bisa mencantumkan sumber dalam bentuk link, nama penulis atau nama situs tempat kita mendapatkan tulisan atau kata-kata yang kita copy tersebut.

  3. Menggunakan bahasa sendiri
    Ketika kita membuat sebuah tulisan, kita tentu membutuhkan referensi untuk tulisan kita tersebut. Nah, agar tulisan yang kita buat tidak sama persis dengan tulisan yang kita jadikan sebagai referensi dan kemudian menimbulkan kesan copas, ada baiknya jika kita membaca terlebih dahulu tulisan tersebut lalu menuliskannya kembali dalam tulisan kita dengan gaya bahasa kita sendiri (gaya penulisan kita).
  • Dilihat dari sisi pemilik
  1. Membuat peringatan atau larangan
    Cara yang paling mudah untuk mengingatkan seseorang untuk tidak sembarangan mengcopas tulisan kita adalah dengan cara membuat peringan atau larangan copy-paste pada tulisan yang kita buat. Peringatn tersebut biasanya dibuat dalam bentuk pop-up, peringatan ketika menekan tombol CRTL+C, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  2. Memasang script link sumber otomatis
    Untuk menghindari pengguna yang tidak menyertakan link sumber pada tulisan kita yang mereka copas, sobat bisa menggunakan script link sumber otomatis pada blog yang sobat milki. Jadi ketika ada yang mengcopy tulisan sobat, ketika ia melakukan paste maka secara otomatis pada tulisan tersebut akan terdapat link tulisan yang sobat buat.

  3. Memasang script anti klik kanan
    Cara ini adalah cara yang sedikit ekstrim yang terkadang dapat membuat kita dikatakan sebagai blogger yang pelit dan terkadang menyusahkan diri kita sendiri. Tapi apa boleh buat, jika para copaser sudah tidak lagi mengindahkan etika-etika dalam melakukan copy-paste, maka cara ini terpaksa kita lakukan. Dengan memasang script anti klik kanan di blog kita, itu berarti penggunakan tidak bisa melakukan klik kanan pada blog kita dan melakukan copy melalui cara itu.
Itulah beberapa cara agar kita tidak dikatakan sebagai blogger atau orang yang asal copas dan sekaligus berusaha untuk memberantas blogger tukang copas yang berkeliaran di mana-mana. Menurut informasi yang pernah Softrickinfo dapatkan, kegiatan copas tanpa etika biasanya terjadi pada situs yang menggunakan Web Hosting Indonesia yang kurang terpercaya dan juga nama domain lokal seperti [dot]co[id].

Semoga artikel ini dapat membantu sobat memberantas para blogger tukang copas yang tidak mengetahui etika copas yang baik dan benar, serta dapat bermanfaat bagi sobat sehingga dapat menghindarkan sobat dari julukan 'Blogger Asal Copas'.


Lomba Blog by : andre.web.id

1 komentar so far

Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
Websitedari babastudio.

Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


Salam
Baba Studio


EmoticonEmoticon