Thursday, April 17, 2014

Belajar Melalui Tontonan


Salah satu keuntungan menggunakan internet TV adalah kita daftar program apa saja yang sudah kita tonton. Bukan saja sebagai pengingat bagi kita misalnya tanggal berapa kita menonton itu, dari jam berapa hingga jam berapa, dan programnya mengenai apa. Dengan TV tersebut kita juga bisa memantau apa saja yang ditonton oleh orang rumah ketika kita sedang berada di kantor.


Meski saya dan keluarga senang menonton tapi bukan berarti kita tidak sering berkomunikasi. Justru TV seringkali dijadikan sebuah media bagi kami untuk saling berdiskusi. Dengan begitu, kami berusaha untuk mempelajari bagaimana caranya menyampaikan pendapat dengan baik pada orang-orang di rumah. Refleksi apa yang bisa mereka dapatkan dari menonton sebuah tayangan dan bagaimana cara mereka menyampaikannya. Apa yang seharusnya dilakukan menurut mereka. Begitulah kiranya seharusnya fungsi sebuah TV. Bukan semata hiburan atau menjadikan kita hanya sebagai penonton tapi kita bisa juga terlibat aktif dan menjadikannya sebagai alat untuk mendidik atau sebagai media pembelajaran.

Seringkali juga saya agak resah dengan apa yang ditonton oleh adik-adik saya di rumah. Tapi saya tidak ingin menduga-duga. Terkadang saya ada di samping mereka ketika mereka sedang menonton, sambil menjelaskan bagain mana dari tayangan itu yang kurang baik dan bagaimana cara mengatasinya. Seringkali juga terjadi tayangan yang saya kira tidak baik namun setelah ditonton kembali ternyata isinya tidak apa-apa. Begitulah dengan internet TV saya merasa keluarga saya bisa lebih belajar melalui tontonan.


EmoticonEmoticon