Sunday, March 2, 2014

Merelakan 2 Tiket Gratis Demi Tugas

Merelakan 2 Tiket Gratis Demi Tugas
Kegiatan Pekan Bakti Mahasiswa (PBM) 2014 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak memang sudah selesai dilaksanakan pada tanggal 27 Ferbruari yang lalu, namun kegiatan tersebut masih menyisakan sebuah tugas bagi saya dan para peserta yang lain ketika kami pulang kembali ke rumah masing-masing.


Setiap kelompok yang mengikuti PBM 2014 diharuskan untuk membuat laporan hasil PBM yang dilakukan selama kurang lebih satu minggu berdasarkan lokasi PBM masing-masing kelompok. Karena tidak ingin berlama-lama dengan tugas tersebut, banyak kelompok yang menyelesaikan laporan mereka lebih awal. Kelompok saya sendiri awalnya sepakat bahwa laporan tersebut akan dikerjakan bersama-sama pada hari Senin, hanya saja karena sudah banyak kelompok yang mengerjakan lebih dulu, jadinya kelompok saya juga ingin mengerjakannya lebih awal, yaitu pada hari Sabtu kemarin.

Anggota kelompok saya sepakat untuk mengerjakannya pada pukul 13.00 WIB, namun saya datang ke kampus lebih awal, yaitu sekitar pukul 7.30 WIB. Yaa seperti biasa, saya memang selalu datang pagi-pagi ke kampus untuk mencari sinyal Wi-Fi yang masih segar, alias belum banyak digunakan oleh yang lain hehehe. Hari sudah semakin siang, untuk mengisi kekosongan saya berkeliling kampus bersama teman saya. Tak ada aktifitas lain yang terlihat keculali para peserta PBM yang sibuk mengerjakan laporan mereka.

Waktu shalat dzuhur pun tiba, saya dan teman saya lalu menuju ke masjid untuk shalat. Setelah shalat, saya lalu menuju ke Gazebo STAIN Pontianak untuk menunggu teman-teman yang akan mengerjakan laporan. Sekian lama menunggu, bukannya teman kelompok yang datang, tapi malah asisten dosen, yaitu kak Farninda Aditya dan kak Sumama yang datang menghampiri saya. Saya baru ingat kalau siang itu ada acara di gedung UPT STAIN Pontianak, yaitu Workshop Menulis Cerita Anak bersama Ali Muakhir.

Sebenarnya dari awal memang tidak ada niat untuk mengikuti acara itu karena saya sudah fokus duluan sama tugas membuat laporan. Sambil menghampiri saya kak Ninda bertanya, "Sudah beli tiket?" "Belum kak". "Nih, cuma 10 ribu." "Ndak kak, lagi mau ngerjain tugas sama teman." "Gratis deh, tapi datang ya." Karena sudah terlanjur janji sama teman-teman kelompok, terpaksa tiket gratis pertama dilewatkan dan direlakan lepas begitu saja.

Tak lama waktu berselang, dari jarak yang tidak begitu jauh terlihat seorang wanita yang sudah tidak asing lagi bagi saya, datang mendekati saya menggunakan sepeda motor yang ia dapatkan ketika ia mengikuti sebuah lomba. Yap, siapa lagi kalau bukan kak Rohani Syawaliah yang akrab disapa hani. Hal yang sama kembali terulang.

"Sudah beli tiket?" "Belum kak, lagi mau ngerjain tugas sama teman." "Yaaa... Kakak ada tiket ni, dua. Dapat dari Volare bah." Masih dengan kata-kata yang sama, tiket gratis ke sekaligus kesempatan kedua lewat begitu saja. Dalam hati saya berkata, "Kalau kawan-kawan ni tak datang sebentar lagi, saya akan ikut Workshop itu." Tapi ya sudahlah, waktunya memang belum tepat.

Tak lama kemudian teman-teman kelompok mulai berdatangan satu persatu. Karena Cuaca saat itu sedang hujan, saya dan teman-teman memutuskan untuk berteduh sebentar sambil menunggu hujan berhenti. Setalah hujan mulai berhenti dan teman-teman sudah berkumpul semuanya, kami lalu menuju ke rumah salah seorang teman kami yang pada hari itu juga mengadakan syukuran di rumahnya. Niatnya sih mau sekalian ngerjain laporannya di sana, tapi karena sudah kenyang duluan cerita membuat laporan pun di tunda lagi.

Asemm!! Tapi tak apalah, setidaknya masih dapat yang gratis, gratis makan di rumah teman yang lagi syukuran hehehe... :D 



EmoticonEmoticon