Wednesday, January 29, 2014

Punya Android, Root Atau Tidak?

Punya Android, Root Atau Tidak?
Android, salah satu sistem operasi yang sangat ramai dibicarakan saat ini. Banyak pengembang Smartphone yang menggunakan Robot Hijau yang memukau ini. Bahkan Nokia yang semula tak begitu tertarik dengan Robot mungil tersebut dapat berubah pikiran karena daya tariknya yang begitu kuat.

Ketika pertma kali digunakan, setiap Smartphone yang menggunakan sistem Android akan dipenuhi dengan aplikasi bawaan dari pengembang Smartphone tersebut. Untuk menghapus beberapa plikasi tersebut sobat harus memiliki hak akses terhadap Robot Hijau yang berada di Smartphone sobat. Proses tersebut dinamakan Root.

Root menurut yang Softrickinfo ketahui adalah sebuah usaha yang dilakukan agar pengguna Smartphone Android memiliki hak akses penuh terhadap Androidnya. Awalnya untuk melakukan hal yang satu ini memiliki banyak resiko, salah satunya adalah kehilangan garansi resmi Smartphone yang sobat miliki. Hal lainnya Smartphone sobat akan mengalami bootloop, keadaan dimana Smartphone tidak mau masuk ke Home Screen, hanya berada di logo atau layar tidak memunculkan apa-apa.

Tenang, itu bukan masalah. Semakin banyaknya pengguna Android membuat hal-hal seperti Root dan cara mengatasi masalah-masalah yang timbul akibat Root yang gagal sudah bisa ditangani dengan mudah. Jadi apakah harus sebuah Android di Root?

Jawabannya adalah tidak juga. Karena itu pilihan masing-masing pengguna. Jika sobat sebagai pengguna ingin melakukan hal yang lebih seperti menaikkan versi Android sobat atau menambah aplikasi-aplikasi tertentu yang membutuhkan Root, maka silahkan lakukan Root terhadap Smartphone sobat. Tapi jika sobat tidak memerlukannya, maka Smartphone yang sobat gunakan tidak wajib untuk di Root.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon