Tuesday, January 21, 2014

Cara Mengganti Font Dan Tampilan Android

CaraMenggantiFontDanTampilanAndroid
Beberapa waktu tang lalu ada pengunjung yang bertanya kepada Softrickinfo melalui kotak komentar di salah satu artikel blog ini. Kalau tidak salah pertanyaannya adalah tentang bagaimana cara mengganti font atau jenis tulisan dan tampilan pada Android. Nah, pada kesempatan kali ini, Softrickinfo akan mencoba membahas kedua hal tersebut.

Sebelumnya Softrickinfo mohon maaf jika jawaban yang Softrickinfo berikan ini tidak sesuai dengan apa yang sobat harapkan. Softrickinfo hanya mencoba berbagi dan menjawab pertanyaan pengunjung itu berdasarkan apa yang sudah Softrickinfo alami ketika menggunakan Android.

#Cara Mengganti Font

Baiklah, untuk bisa mengganti font pada Android yang sobat gunakan sebenarnya ada beberapa cara. Bisa secara manual, bisa juga dengan menggunakan bantuan aplikasi yang ada di Play Store. Di sini Softrickinfo akan menjelaskan cara mengganti font pada Android sobat dengan menggunakan aplikasi bantuan bernama "MyFont". Aplikasi tersebut bisa sobat download melalui Play Store.

Sebelumnya, untuk bisa menggunakan aplikasi MyFont, Android yang sobat gunakan harus di root terlebih dahulu. Tidak usah khawatir, sekarang ada aplikasi bernama Framaroot yang bisa membantu sobat melakukan root tanpa perlu was-was Android sobat akan mengalami gangguan.

Oke, Softrickinfo anggap Android sobat sudah di root. Buka aplikasi MyFont, lalu tekan tab "Sports". Di situ banyak sekali font yang siap untuk di download. Pilih salah satu, lalu klik font tersebut. Jika sudah maka font tersebut akan terbuka dalam sebuah layar, klik tombol "Download" yang ada di bawahnya.

Jika sudah tekan tab "Local". Di situ akan muncul beberapa font yang sudah sobat download. Pilih font yang sobat inginkan. Di tampilan berikutnya, tekan tombol "Use". Setelah itu akan muncul sebuah konfimasi, klik "Ok". Jika konfirmasi muncul dalam bahasa Mandarin, klik tombol yang sebelah kanan. Setelah menekan tombol tersebut, maka Android sobat akan secara otomatis melakukan restart.

Selamat! Font anda sudah berubah :)

#Cara Mengubah Tampilan

Untuk bisa mengubah tampilan, Android yang sobat gunakan tidah harus di root. Namun jika jika sudah di root maka akan lebih baik lagi. Di sini Softrickinfo menggunakan bantuan sebuah aplikasi bernama "Launcher". Launcher ini bisa dikatakan sama seperti tema pada handphone Nokia atau OS Windows. Untuk mendapatkan sebuah launcher, sobat bisa langsung menuju ke Play Store dan mengetikkan "Launcher for android" (tanpa tanda petik).

Pilih launcher yang sobat inginkan lalu tekan "Install" atau "Pasang". Jika sudah tekan "Open" atau masuk ke menu dan cari launcher yang tadi sudah sobat download. Tekan menu launcher tersebut dan tunggu hingga tampilan Android sobat berubah.

Selamat! Tampilan Android sobat sudah berubah :)

Ditulis berdasarkan pengalaman sendiri ketika menggunakan Android. Sudah berhasil dicoba pada Cross Andromeda A88.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon