Saturday, December 28, 2013

Persiapan Sebelum Root Android

persiapansebelumrootandroid
Smartphone dengan sistem operasi Android semakin banyak diminati oleh para pengguna gadget, apalagi saat kemunculan BBM For Android. Gadget-gadget yang menggunakan OS Android terbaru semakin jadi incaran para pengguna. Ada satu topik yang seru di kalangan para pengguna Android, yaitu Root Android, ada yang takut dan ada pula yang dengan mudah melakukan Root pada Android yang mereka gunakan.


Root terhadap Android dilakukan agar pengguna dapat mengakses secara penuh Android yang mereka gunakan layaknya sang pengembang atau developer Android tersebut. Proses Root sendiri bukan tanpa resiko, kebanyakan pengguna yang gagal melakukannya harus rela melihat Smartphone atau gadget mereka mati total alias tidak bisa nyala. Selain itu, bagi mereka yang berhasil melakukan Root terhadap Androidnya, mereka akan kehilangan garansi resmi dari vendor Smartphone yang mereka Gunakan.

Pada kesempatan kali ini Softrickinfo akan mencoba membagikan apa-apa saja yang harus sobat persiapkan jika sobat ingin melakukan Root terhadap Android yang sobat miliki. Berikut beberapa persiapan sebelum Root Android.

1. Cek Versi Androidmu

Sebelum melakuka Root terhadap androidmu, ada baiknya sobat mengetahui versi dari Android sobat terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah versi Android sobat tersebut nantinya bisa di Root atau tidak, dan apakah sudah ada yang berhasil melakukan Root dengan versi Android yang sama atau tidak.

2. Backup Data

Ini adalah yang paling penting untuk dilakukan sob, sebab kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada data-data kita selama proses Root berlangsung. Menurut pengalaman beberapa pengguna, setiap vendor Smartphone yang menggunakan Android, berbeda-beda cara dan proses Root-nya.

3. Cari Tutorial Dari Berbagai Sumber

Nah, yang satu ini juga tidak kalah penting sobat, karena setiap jenis Smartphone atau gadget itu berbeda-beda cara melakukan Root-nya, ada yang sulit dan ada pula yang mudah. Apalagi jika sobat baru pertama kali melakukan Root, mencari tutorial dari berbagai sumber perlu untuk dilakukan. Selain untuk mencari tahu dan mencocokkan, dari tutorial tersebut sobat mungkin juga akan menemukan kendala apa saja yang dialami oleh sang pemberi tutorial ketika melakukan proses Root.

4. Mempersiapkan Perangkat Yang Diperlukan

Kita sudah semakin dekat dengan proses Root Android, tapi sebelumnya sobat harus mempersiapkan perangkat apa saja yang nantinya akan sobat butuhkan agar proses Root yang sobat lakukan berjalan dengan aman dan lancar.

5. Merelakan Garansi Anda Hilang

Ini adalah salah satu resiko yang harus diterima oleh para pengguna Android yang mana Smartphone atau gadget yang mereka gunakan sudah berstatus "Rooted". Proses Root Android sekali lagi adalah untuk mendapatkan akses penuh terhadap Android yang kita gunakan, pihak pengembang tidak mengijinkan kita sebagai pengguna untuk mengota-atik atau merubah sistem bawaan dari Smartphone Android yang mereka kembangkan. Maka dari itu, ketika Smartphone Android yang kita miliki sudah di Root, maka jaminan atau garansinya akan hilang, karena kita dianggap telah merubah sistem yang ada.

Itulah beberapa persiapan yang harus sobat lakukan ketika akan melakukan Rott terhadap Gadget Android yang sobat miliki. SOftrickinfo tidak menyarankan sobat untuk melakukannya, namun hanya sekedar memberikan informasi saja.

Semoga bermanfaat.

5 komentar

kalau sudah di root, apakah bisa di restore seperti semula?

This comment has been removed by a blog administrator.

kak,hp advan s4f boleh (bisa) gx di root??


EmoticonEmoticon