Wednesday, September 11, 2013

Picture Password Windows 8 Bisa Dihack?

windows 8
Hai sobat, sudah menggunakan Windows 8 hari ini? Pada postingan kali ini Softrickinfo akan membahas tentang salah satu fitur kemanan yang ada pada Windows 8. Fitur keamanan tersebut bernama
'Picture Password'. Sebuah fitur login Windows yang menggunakan objek pada gambar sebagai password. Namun kabarnya fitur keamanan tersebut ternyata bisa dihack, apa itu benar?

Beberapa peniliti dari Arizona berdasarkan hasil penelitian mereka menyatakan bahwa picture password di Windows 8 bisa dihack. Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan orang yang menggunakan fitur picture password terfokus pada objek yang keliahatan mencolok, seperti hidung, mulut, atau mata.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Arizona tersebut menlibatkan sekitar 685 pengguna Windows 8. Mereka diminta untuk membuat kombinasi gesture untuk picture password mereka. Sekitar 60.3% pengguna Windows 8 menggunakan gesture pada objek yang mudah ditebak. Hanya sekitar 9.8% saja yang menggunakan gesture pada objek yang sulit untuk ditebak.

Berdasarkan hasil tersebut, para peneliti kemuadian membuat sebuah alogaritma untuk membobol picture password di Windows 8, dan hasilnya sekitar 48% picture password pengguna Windows 8 bisa dihack.

Itulah sedikit informasi tentang sistem keamanan Windows 8 yang bisa Softrickinfo bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberi manfaat bagi sobat semuanya.


EmoticonEmoticon