Tuesday, July 16, 2013

Cara Menghindari Mendownload Installer Downloader

Sobat suka mendownload file di internet? Sobat sudah menemukan file bagus yang bisa di download hari ini? Apa sobat pernah mengalami saat dimana sobat mendownload sebuah file, tapi ketika dibuka ternyata file tersebut bukan file yang sobat inginkan melainkan installer downloader yang akan membawa sobat untuk mendownload kembali file yang sobat inginkan melalui downloader tersebut? Jika begitu, mungkin cara berikut ini bisa membantu sobat.

Ketika kita akan mendownload sebuah file dari sebuah blog atau website, biasanya kita tidak langsung diarahkan ke halaman dimana file tersebut tersimpan untuk didownload secara langusng, tapi kita akan diarahkan ke halaman sebuah situs file hosting (situs penyimpanan online) tempat file tersebut di upload (disimpan secara online).

Banyak situs file hosting yang digunakan oleh para uploader (orang yang mengupload file) untuk menyimpan file mereka secara online. Selain aman, para uploader juga akan mendapatkan sedikit rezeki dari file hosting yang mereka gunakan sebagai tanda terima kasih telah menggunakan jasa mereka (situs file hosting).

Masalahnya bagi kita sebagai seorang downloader (orang yang mendownload/mengambil file secara online) adalah terkadang kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan saat mendownload sebuah file. Contoh, sobat ingin mendownload sebuah file yang sobat sukai di sebuah file hosting menggunakan IDM, tapi setelah sobat membuka folder dimana file tersebut tersimpan, bukannya file yang sobat inginkan yang muncul, tapi malah sebuah downloader yang nama filenya terkadang sama persis dengan file yang ingin sobat download.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk menghindari mendownload installer downloader tersebut dan mendapatkan file asli yang sobat inginkan secara langsung, karena ada beberapa file hosting yang memberikan kita pilihan apakah kita ingin mendownlad menggunakan downloader mereka atau tidak.

Cara menghindarinya adalah dengan cara menghilangkan tanda checklist atau tanda centang pada tulisan "Download with ....... downloader" (setiap file hosting biasanya menggunakan kata-kata yang berbeda) sebelum sobat menekan tombol "Download" atau tulisan yang serupa.

Downloader

Jika sobat telah melakukan cara tersebut dengan benar, lalu kemudian menekan tombol download, maka seharusnya sobat sudah mendapatkan file asli yang sobat inginkan dan siap untuk di download mnggunakan downloader bawaan browser atau downloader favorit sobat.

Ditulis berdasarkan: Pengalaman pribadi Bahrul Ilmi

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon