Sunday, May 19, 2013

Cara Mengatasi Error Dual Boot Windows 8 Dan Windows 7



Masih seputar Windows 8 nih sobat. Kali ini Softrickinfo akan coba membahas tentang ‘Cara Mengatasi Error Dual Boot Windows 8 Dan Windows 7’. Banyak sekali orang yang ingin mencoba dan menggunakan Windows 8 tapi masih sayang dengan Windows 7 mereka. Alhasil Dual Boot menjadi cara yang harus mereka tempuh. Softrickinfo sendiri melakukan hal yang sama pada komputer yang Softrickinfo gunakan.

 Betapa bahagianya melihat Windows 8 sudah terinstal dengan baik di komputer tanpa harus mengorbankan Windows 7 yang sudah ada sebelumnya. Namun alangkah terkejutnya ketika menyalakan komputer kembali dan melihat windows 8 yang kita banggakan malah memunculkan layar yang blank, bukan tampilan metro seperti yang seharusnya.

Jika sobat juga mengalami hal yang sama, mungkin beberapa cara berikut ini bisa membantu sobat.

#Cara 1: Ketika sudah terjadi Error

Jika Windows 8 sobat memunculkan layar kosong (blank screen) yang berwarna hitam atau warna yang lainnya, segera tekan tombol Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan. Jika kemudian layar memunculkan beberapa pilihan menu, pilih menu ‘Sign Out’.
Ketika sudah berada pada layar untuk masuk ke Windows 8, arahkan kursor sobat pada tombol power yang ada di sebelah pojok kanan bawah layar Windows sobat. Pilih menu Restart atau Shutdown untuk keluar dari Windows 8 secara aman.

NB: Jika hal diatas sudah terjadi pada windows sobat, sobat terpaksa harus menginstal ulang Windows 8 sobat (Masih menggunakan cara Dual Boot).

#Cara 2: Ketika belum terjadi Error

Bersyukurlah jika sobat belum mengalami Error pada Windows 8 sobat, karena sobat masih bisa melakukan tindakan pencegahan. Yaitu dengan cara merubah Default OS sobat menjadi Windows 7. Karena saat sudah terinstal Windows 8 mendominasi proses Booting pada komputer sobat.
Pada saat akan memilih menggunakan antara Windows 8 atau Windows 7, jangan langsung memilih, tapi pilihlah menu yang berbentuk tulisan yang ada di bawah pilihan Windows 8 dan Windows 7. Kalau tidak salah tulisannya seperti ini “Choose another default”. Setelah itu pilih menu kedua (dibawah menu change timer). Klik Windows yang akan dijadikan sebagai Default OS.

#Cara 3: Jika bingung dengan #Cara 2

Cara ini adalah alternatif cara kedua. Yaitu dengan menggunakan software Easy BCD. Jalankan Easy BCD, pilih “Edit Boot Menu”.klik salah satu Windows, lalu pilih tanda Up atau Down untuk mengubah posisi Windows. Usahakan Windows 7 berada di atas. Jangan lupa klik “Save setting” ya sobat.

Maaf jika tutorial kali ini terlalu panjang, Karena Softrickinfo juga menemukannya melalui proses yang cukup lama dan panjang. Softrickinfo melakukan instalasi windows 8 selama 2 hari dan sudah melakukan instalasi sebanyak 10 kali pada komputer yang Softrickinfo gunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (BI)


EmoticonEmoticon