Thursday, December 27, 2012

Perjalanan Bahrul Ilmi Menjadi Seorang Blogger Selama Tahun 2012

Pergantian tahun 2012 ke tahun 2013 tinggal menghitung hari, tentu sudah banyak hal yang kita lalui selama hampir setahun ini. Untuk mengenang semua itu banyak orang yang mengabadikannya dalam sebuah diary, foto, kaleidoskop, dan masih banyak lagi cara lainnya yang dilakukan orang-orang diluar sana untuk mengabadikan seluruh hal-hal menarik yang mereka alami selama hampir setahun ini.


Saya sendiri memilih untuk mengabadikan perjalanan saya sebagai seorang blogger selama tahun 2012 dalam sebuah artikel di blog saya yang sederhana ini. banyak hal sebenarnya yang ingin saya tulis, tapi saya bingung harus memulainya dari mana. Jadi sya putuskan untuk membiarkan pikiran saya yang menuntun jari-jari saya untuk menulis semua yang telah saya lalui sebagai seorang blogger selama tahun 2012 ini.

Saya mulai berkenalan dengan blog sekitar oktober 2011, saat itu saya hanya iseng-iseng mengikuti ajakan sepupu saya untuk mencoba menggunakan blog. Kami mencari banyak referensi tentang blog melalui mbah google dan akhirnya kami berkenalan dengan dua layanan penyedia blog yang bisa membantu kami mebuat dam memiliki blog secara gratis, yaitu Blogspot dan Wordpress.


Saya tertarik untuk menggunakan layanan dari blogspot dan mulai menyiapkan semua yang saya butuhkan untuk bisa membuat sebuah blog di blogspot. Beberapa minggu berselang saya masih asyik bermain dengan tata letak dan tampilan dashboard blogspot yang lama. Karena saya merasa blogspot sedikit sulit untuk diakses melalui Hp bertipe s40 (Java) dan saya juga tidak bisa setiap saat pergi ke warnet untuk mengurus blog saya di blogspot, akhirnya saya meninggalkan blog saya tersebut tanpa satu artikel pun didalamnya.

Suatu hari di sekolah ketika pelajaran TIK dimulai saya dan teman-teman diajarkan bagaimana caranya membuat e-mail dan blog. Saya hanya memperhatikan dengan santai ketika guru saya menjelaskan cara membuat akun e-mail di yahoo karena saya sudah begitu memahaminya dan sempat memiliki beberapa akun e-mail di sana. Tapi saya mulai tertarik ketika guru saya menjelaskan tentang cara membuat blog di sebuah situs yang bernama Blog.com.

Ketika di rumah, saya teringat dengan pelajaran tentang membuat blog tadi. Karena penasaran apakah blog tersebut bisa diakses melalui Hp saya atau tidak, saya lalu mencoba membuka melalui Opera mini di hp saya dan ternyata bisa. Saya lalu membuat akun disana dan kembali mendapatkan sebuah blog baru. Nasibnya hampir sama dengan blog saya di blogspot, tapi di blog yang satu ini saya sempat menulis beberapa artikel sebelum akhirnya saya meninggalkannya dan beralih ke layanan blog yang lain.

Sekitar awal bulan Desember 2011 rasa keinginan saya untuk memiliki sebuah blog kembali muncul, dan kali saya memutuskan untuk menggunakan layanan dari Wordpress. Saya berharap blog saya di Wordpress kali ini bisa bertahan lama karena saya merasa hanya layanan dari wordpress yang bisa saya akses emlalui hp saya tanpa merasa kesulitan karena wordpress memiliki dashboard versi mobile yang memudahkan saya untuk melakukan postingan.

Karena sempat memiliki beberapa blog sebelumnya dan cukup bermain-main dengan fitur yang ada, saya tidak butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan halaman post editor versi mobile milik wordpress karena tidak jauh berbeda dengan versi desktop-nya. Dari blog saya di wordpress, saya telah berhasil mempublikasikan beberapa artikel dalam waktu yang cukup singkat. Karena dalam satu hari saya bisa membuat lebih dari satu postingan.

Lama-kelamaan saya kembali merasa tidak puas lagi dengan blog yang saya punya waktu itu karena saya tidak bisa memasukkan gambar dan yang lainnya untuk mendukung artikel saya. Saya maklum dan saya sadar itu adalah hal yang wajar karena saya menggunakan wordpress melalui hp bukan komputer/laptop.

Saya kembali berburu penyedia layanan blog yang bisa memberikan saya sebuah blog gratis dan bisa saya operasikan sepenuhnya melalui hp Nokia 5300 saya. Setelah beberapa hari melakukan pencarian di google, saya akhirnya menemukan sebuah layanan blog yang pas untuk saya dan untuk hp saya, yaitu Mywapblog.com atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mwb. Saya merasa pencarian saya sudah berakhir ketika saya bertemu dengan Mwb, karena di Mwb saya bisa melakukan kegiatan blogging tanpa harus terbatas fitur dan kemampuan dari hp yang saya miliki.

Tepat pada 31 Desember 2011 pukul 21.00 saya mulai melakuka posting pertama saya di Mwb, dan mulai saat itu juga saya mulai serius menjalani hari-hari saya sebagai seorang blogger. Tidah butuh waktu lama bagi saya untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dan membuat blog saya dikenal oleh banyak orang, karena di Mwb semua member baik lama atau baru master ataupun newbie sama saja dan dianggap sebagi saudara dekat dan keluarga baru.

Hari-hari saya mulai terasa berbeda dan terasa lebih menyenangkan sejak saya menjadi blogger di Mwb, dan ternyata sesuatu yang lebih hebat telah menunggu saya di masa depan. karena tepat pada tanggal 30 April saya mendapat rezeki lebih sehingga saya bisa memilliki sebuah notebook ASUS yang masih saya gunakan sampai sekarang untuk menulis artikel ini.

Karena sudah memiliki notebook dan modem, saya mencoba untuk melirik kembali layanan blog milik google, yaitu blogger. Saya membuat akun baru baru dan sebuah blog baru yang saya beri nama Softrickinfo. Nama tersebut adalah singkatan dari Software, Trik, dan Informasi, hasil pengetahuan selama saya menggunakan Mwb. Sampai sekarang saya masih aktif di mwb walaupun jarang melakukan postingan karena blog utama saya saat ini adalah Softrickinfo.

Meskipun baru berjalan kurang lebih 6 bulan, tapi saya telah berhasil membuat Softrickinfo mulai dikenal banyak orang dan dan beberapa media online yang ada di dunia maya. Bahkan saya telah berhasil membuat desain template sendiri untuk Softrickinfo dan masih saya gunakan sampai artikel saya publikasikan.

Saya berharap di tahun 2013 nanti blog ini akan semakin maju dan dikenal banyak orang serta cita-cita saya untuk menjadi seorang blogger terkenal bisa terwujud. Saya juga berharap di tahun 2013 nanti banyak pengalaman-pengalaman seru yang saya alami sehingga kita bisa bertemu lagi pada Perjalanan Bahrul Ilmi Sebagai Seorang Blogger Selama Tahun 2013.

Demikianlah cerita saya yang cukup panjang namun berkesan bagi saya tentang pengalaman perjalanan saya selama menjadi seorang blogger di tahun 2012. Semoga cerita ini bisa menghibur sobat dan bisa menjadi inspirasi bagi sobat Softrickinfo semuanya.

Salam sukses selalu untuk semuanya :)




6 komentar

mantap gan. di tunggu kunjungan baliknya->www.maf-tohe.blogspot.com

Ok deh, makasih udah berkunjung kemari :)

lanjut terus kawan. thanks atas kunjungannya. link sudah di add

Iya sama2, makasih juga sudah berkunjung disini.

wah, bagus sekali pengalamanya. Salam kenal
kunjung balik y
maruf-blog.blogspot.com

Saya membuat blog gratisan untuk mendukung website bisnis saya yang berbayar. Dalam membuat blog, saya sendiri lebih suka blogger dan wordpress, karena dua layanan blog gratis ini memang paling banyak dipakai oleh para bloger. Lebih spesifik lagi saya lebih suka bloger karena layanan gratis tersebut punyanya google, dan kalao saya lihat di search persentase paling banyak adalah blog yang dibangun dengan blogger


EmoticonEmoticon