Thursday, December 27, 2012

Cara Mudah Menonaktifkan Windows Defender

Antivirus merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting bagi sebuah komputer, antivirus berfungsi untuk menjaga komputer kita dari serangan virus-virus jahat yang berpontensi menyerang komputer kita dan merusak sistem yang ada di dalamnya. Oleh karena itu dalam beberapa OS (Operating system) telah disediakan antivirus bawaan yang bisa langsung kita gunakan pada saat pertama kali menginstal OS tersebut.


Salah satu OS yang memiliki antivirus bawaan adalah Ms. Windows, antivirus bawaan dari Windows adalah Windows Defender. Sehari sebelum artikel ini dibuat, ada seorang pengunjung yang bertanya kepada saya tentang bagaimana cara menghapus Windows Defender.

Seperti yang sudah saya bahas pada artikel Perlukah Menginstal Antivirus Di Windows 8? bahwa Windows Defender tidak perlu kita hapus karena ketika kita menginstal antivirus lain, Windows Defender akan secara otomatis dalam keadaan mati. Lagipula kita tidak bisa menghapus Windows Defender dari Windows, kita hanya bisa menonaktifkannya atau mematikannya.

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mudah menonaktifkan Windows Defender. Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk menonaktifkan Windows Defender, yaitu:

1. Lamgsung melalui Windows Defender.
Untuk menonaktifkan Windows Defender langsung melalui dari Windows Defender, sobat hanya perlu menuliskan "Windows Defender" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian, lalu buka aplikasinya. Klik tombol "Tools" lalu pilih "Options". Hilangkan tanda checklist pada pilihan "Use this program". Untuk lebih jelasnya silahan lihat screenshot berikut ini.


2. Melalui Services
Untuk menonaktifkan Windows Defender melalui services, sobat hanya perlu menuliskan "services" (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian, lalu klik untuk membuka. Setelah menu services muncul, scrool ke bawah dan cari nama "Windows Defender" pada menu tersebut. Jika sudah ketemu, klik dua kali pada Windows Defender dan sobat akan menemukan jendela baru.


Sekarang saatnya untuk melakukan sedikit pengaturan pada jendela yang baru saja muncul tadi. pada bagian "Startup type" pilih "Disabled". Klik "Stop" pada bagian "Services status", jika sudah sudah klik "Apply" lalu klik "Ok".



Jika kedua cara diatas sudah dilakukan dengan benar, maka Windows Defender akan bebar-benar dalam keadaan mati dan tidak akan muncul lagi saat komputer kembali dinyalakan.

Sekian postingan dari saya tentang cara mudah menonaktifkan Windows Defender, semoga artikel ini bisa membantu sobat dan bermanfaat bagi sobat. Jangan lupa untuk tetap terus update artikel-artikel terbaru dari Softrickinfo.



4 komentar

K yg lebih kuat itu anti virus bawaan atau instalan sendiri

Sebenarnya sama2 bagus asal rajin di update aja antivirusnya.

kalo sya lebih tidak pke ntivirus ..ckup dfrazee aja..diseistem nya misal drive c: sja..

no ANTIVIRUS.. KALO SAYA..CKUP D FRAZEE AJA.


EmoticonEmoticon