Wednesday, December 26, 2012

80% Desain Template Softrickinfo Murni Hasil Karya Bahrul Ilmi

Alhamdulillah puji dan syukur saya panjatkan kehadirat allah SWT yang telah memberikan saya begitu banyak rahmat serta hidayahnya sehingga saya bisa jadi seperti sekarang ini. Rasa senang, kagum, dan bahagia semua bercampur menjadi satu di dalam diri saya saat ini, karena saya telah berhasil mngerjakan sekitar 80% desain template blog ini murni dengan hasil keja keras saya sendiri, dengan semua yang saya dapat dan saya pelajari sejak saya mulai senang dengan dunia blogging.


Mungkin bagi sebagian orang mendesain sebuah blog itu hal yang mudah, karena sudah banyak tutorial-tutorial yang bisa kita pelajari secara gratis langsung dari internet, dan juga itu sudah biasa dilakukan oleh orang yang memilki sebuah web atau blog. tapi bagi saya itu hal yang sangat sulit ketika saya mulai mempelajarinya dan itu juga hal merupakan hal yang sangat luar biasa bagi saya ketika saya berhasil melakukannya.


Tidak mudah untuk membuat sebuah desain blog sederhana seperti desain blog ini, walaupun bayak tutorial yang bisa kita pelajari secara gratis langsung dari internet. Tutorial atau panduan memang membuat segala yang belum kita ketahui menjadi sedikit lebih mudah (Kalau tutorialnya asli bos...) tapi terkadang tutorial tersebut juga bisa membuat pekerjaan kita jauh lebih sulit (Ini kalau tutorialnya dari hasil copas).

Karena kasus diatas, saya akhirnya mulai mempelajari kode-kode perintah untuk membuat sebuah desain tersebut satu persatu, mulai dari mengganti link hingga mencoba merubah letak posisi. Apa yang telah saya dapatkan dan berhasil saya terapkan mulai saya kembangkan. Percayakah sobat ketika pertama kali saya membuat desain blog ini hanya dengan menggunakan dua kata kode perintah saja? Saya awalnya juga tidak percaya apakah itu bisa berhasil. Tapi rasa ingin tahu memaksa saya intuk melakukan hal tersebut dan melihat apapun hasilnya nanti.

Alhasil saya pun mendapatkan sebuah desain template yang sangat sederhana tapi memilki sesuatu yang sangat spesial bagi saya yang saya beri nama "Transparent Dashed". Nama itu saya ambil dari dari dua kata perintah yang saya ceritakan tadi, Transparent (transparan/tembus pandang) dan Dashed (garis putu-putus). Beberapa hari saya biarkan blog saya ini menggunakan desain template tersebut sambil menikmati dan mengagumi hasil karya saya sendiri.



Tapi lama kelamaan sesuatu yang awalnya saya pelajari hanya untuk sekedar iseng-iseng menjadi sebuah hobi baru bagi saya, saya jadi suka dan tertarik untuk mempelajari tentang cara-cara mendesain blog lebih dalam lagi. Setiap hari saya tidur lebih awal hanya agar saya bisa bangun di tengah malam untuk mempelajari dan melakukan hobi baru saya, belajar mendesain blog.

Selama belajar mendesain sebuah blog, banyak hal dan pelajaran yang saya dapatkan. Saya mulai mengerti mengapa seseorang senang menjadi seorang blogger, saya mengerti mengapa orang-orang lebih senang mendesain blognya sendiri daripada harus membeli ataupun mendesain dengan bantuan software gratis maupun berbayar. Dari belajar mendesain blog juga saya bisa mnegetahui seperti apa susunan kerangka sebuah blog dan kode-kode syntaks yang mebuatnya berdiri.


Sekedar informasi saja bahwa untuk membuat desain blog seperti yang saat ini saya gunakan, saya sama sekali tidak mempelajari secara detil tentang kode HTML, CSS, CMS, dan lain-lain. Saya hanya menggunakan kode-kode yang sudah ada sebelumnya dan merubahnya sedikit demi sedikit sesuai dengan apa yang telah saya pelajari dari tutorial yang saya dapatkan (kalau yang ini tutorialnya asli bos...).

Semua apa yang saya lakukan hingga saat ini takkan pernah berhasil tanpa adanya dukungan dari orang-orang hebat disekitar saya, seperti Bpk. Munir S.pd, Rahmi jumaiti, Asmin adi purna, Nyi ayu olivia nurul hillary, bang Dwi wahyudi, kak Hani rohani syawaliyah, dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, terima kasih atas semua dukungannya terhadap saya selama ini.








EmoticonEmoticon