Cara Mengatasi Bibir Kering yang Aman untuk Dicoba

Post a Comment

Mengalami bibir kering pasti membuat Anda merasa tidak nyaman. Jika dibiarkan berlanjut, masalah bibir kering akan semakin serius dan berakibat pada kesehatan.

Apabila masalah yang terjadi sudah menyebabkan kulit bibir terlihat gelap, mengelupas, dan berdarah, tentunya perlu penangan yang lebih serius.

mengatasi bibir kering

Namun sebelum mengambil tindakan untuk mengatasi masalah bibir kering, ada baiknya kita mengetahui penyebab bibir kering terlebih dahulu.

Penyebab Bibir Kering

Menurut penjelasan beberapa dokter yang dirangkum melalui website kesehatan terkemuka di Indonesia, ada beberapa penyebab terjadinya bibir kering, yaitu:

Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan kulit. Dehidrasi juga dapat menyebabkan masalah bibir kering.

Pola Makan

Terlalu banyak makan makanan yang pedas dan asin juga dapat menyebabkan bibir kering. Sebab kandungan garam yang ada dalam makanan dapat menarik kelembapan air dan menyebabkan iritasi pada kulit bibir.

Kebiasaan Menjilat Bibir

Kebiasaan menjilat bibir saat bibir kering ternyata tidak baik dilakukan. Itu justru membuat bibir semakin terasa kering.

Sebab kebiasaan tersebut hanya akan membasahi bibir sementara. Sedangkan air liur menguap di bibir dan menarik kelembapan pada kulit bibir.

Perubaha Cuaca

Penyebab utama terjadinya bibir kering adalah perubahan cuaca. Pada saat cuaca dingin, bibir akan lebih mudah kering dan bibir mengalami pecah-pecah.

Faktor Medis

Beberapa kaftor medis seperti penyakit tiroid juga bisa menjadi penyebab bibir kering. Selain itu kondisi seperti kekurangan nutrisi, kekurangan vitamin B kompleks, zinc, hingga zat besi juga bisa jadi penyebab lainnya.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Lalu bagaimana cara mengatasi bibir kering? Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering. 

1. Gunakan Lip Balm

Perlu diketahui bahwa beberapa produk lip balm terkadang mengandung bahan yang bisa mengeringkan bibir, seperti mint atau mentol.

Walaupun dapat memberikan sensasi dingin, tapi mint atau mentol ini sangat kering serta bisa membuat bibir Anda lebih pecah-pecah.

Selain itu, sebaiknya Anda juga hindari produk lip balm beraroma, karena mengandung bahan-bahan yang dapat mengeringkan bibir. 

Pilihlah lip balm yang mengandung bahan-bahan menenangkan dan melembapkan, seperti lilin lebah, petroleum, lanolin, dan ceramides yang bahannya bisa Anda beli di toko kesehatan, apotek, atau toko online.

2. Lakukan Eksfoliasi Bibir

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue yang mampu membuat kulit kering mengelupas dengan lembut. 

3. Banyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah adalah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan).

Oleh karena itu, biasakan untuk banyak minum setiap harinya. Dehidrasi ini terjadi saat tubuh kehilangan banyak cairan.

Pada saat tubuh mengalami dehidrasi dan menarik air dari area-area tertentu, maka kondisi ini bisa menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir. 

4. Bubuhkan SPF 30 pada Balsem Bibir

Dalam hal ini, Anda bubuhkan balsem bibir yang tidak menyebabkan iritasi dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum beraktivitas di luar rumah.

Hal ini dilakukan untuk melindungi bibir Anda dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. 

Pengobatan Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir kering antara lain :

Madu 

Madu memang sangat terkenal sebagai minuman/makanan yang banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi bibir yang kering.

Madu ini bisa dibilang sebagai pelembap terbaik untuk bibir kering. Selain itu, madu ini mengandung antiobiotik dan bersifat antibakteri yang mampu membantu mencegah infeksi berkembang di sekitar bibir yang kering atau pecah-pecah. 

Mentimun

Bahan alami lainnya yang dapat mengatasi bibir kering adalah mentimun.

Mentimun ini bisa melembabkan bibir dengan lembut, dan mengandung vitamin serta mineral yang dapat memperbaiki penampilan bibir. 

Teh Hijau

Teh hijau ini kaya akan kandungan antioksidan dan mineral. Selain itu, teh hijau juga mengadung polifenol yang mampu mengurangi peradangan.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, Anda rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut pada bibir untuk melembutkan serta menghilangkan kulit kering yang berlebihan. 

Lidah Buaya

Lidah buaya diklaim mampu mengobati bibir kering, hal ini dikarenakan gel yang terbentuk di dalam daun tanaman lidah buaya ini mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi yang menenangkan dan dapat merehidrasi kulit yang rusak.

Minyak Kelapa 

Selain untuk memasak, ternyata minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir kering.

Minyak yang terbuat dari daging kelapa ini diyakini dapat mengurangi peradangan dan mengandung emolien yang bisa menenanggkan serta melembutkan kulit. 

Itulah sedikit tentang bibir kering dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang saat ini sedang mengalami bibir kering, lalu mencari solusi bibir kering.


Bahrul Ilmi
Blogger & SEO Content Writer. Partnership via email penulismunet@gmail.com.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment