Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages di WhatsApp

Post a Comment

 Sebagai sebuah aplikasi berbagi pesan yang semakin banyak digunakan, WhatsApp terus memperbarui sistem mereka. Terutama yang berhubungan dengan kebutuhan dan keamanan pengguna.

Berbicara soal keamanan, belum lama ini WhatsApp telah merilis sebuah fitur bernama Disappearing messages . Sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menghapus pesan secara otomatis.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengaktifkan fitur disappearing messages  di WhatsApp. Mari simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Disappearing Messages di WhatsApp?

disappearing message di whatsapp

Seperti yang sempat dibahas, disappearing messages di WhatsApp adalah sebuah fitur terbaru yang memungkinkan pengguna menghapus pesan secara otomatis.

Fitur ini tersedia pada WhatsApp versi 2.20.207.3 untuk pengguna Android, dan versi 2.20.121 untuk pengguna iOS.

Menurut penelusuran, fitur ini adalah pengembangan dari fitur sebelumnya, yaitu expiring messages.

Jika fitur ini kamu aktifkan, maka pesan yang kamu kirim akan terhapus secara otomatis dalam waktu 7 hari.

Ketika tulisan ini dibuat, itu adalah pengaturan default yang diberlakukan oleh WhatsApp untuk semua pengguna. Kita tidak bisa memilih durasinya sendiri.

Fungsi Disappearing Messaages di WhatsApp

Disappearing messages WhatsApp bukan sekedar fitur untuk menghapus chat. Lebih dari itu, WhatsApp menghadirkan fitur ini sebagai upaya menghindarkan pengguna dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti peretasan atau pencurian data.

Kalau dilihat sekilas, fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang senang berbelanja online atau pemilik toko online. Terutama yang melakukan transaksi menggunakan WhatsApp.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghapus obrolan yang ada di grup WhatsApp. Mungkin akan sangat berguna jika diaktifkan pada WhatsApp keluarga atau perkumpulan organisasi dan semacamnya.

Baiknya lagi, kamu tetap bisa menggunakan fitur ini meski sedang menggunakan WhatsApp di desktop. Karena sekarang fitur ini juga tersedia untuk pengguna WhatsApp di desktop atau laptop.

Cara Mengaktifkan Fitur Disappearing Messages di WhatsApp

cara aktifkan fitur disappearing message whatsapp

Jika kamu lebih banyak menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi, sangat disarankan untuk mengaktifkan fitur ini. Bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur disappearing messages di WhatsApp, berikut cara yang bisa dilakukan.

  • Pastikan sudah update ke versi terbaru
  • Pilih chat/grup yang diinginkan
  • Ketuk nama kontak chat/grup tersebut
  • Pilih Disappearing messages
  • Klik Continue jika muncul informasi mengenai disappearing messages
  • Pilih On untuk mengaktifkan
  • Pilih Off untuk menonaktifkan fitur ini

Untuk mengaktifkan fitur disappearing messages pada grup WhatsApp, kamu harus menjadi admin terlebih dahulu.

Kelemahan Disappearing Messaages di WhatsApp

Terlihat begitu menarik, ternyata ada beberapa kelamahan fitur disappearing messages WhatsApp yang pelu kamu perhatikan, yaitu:

  • Pengguna harus sama-sama mengaktifkan fitur disappearing messages 
  • Waktu hapus pesan otomatis yang masih terlalu lama
  • Chat yang terhapus masih muncul di panel notifikasi
  • Chat tetap muncul ketika ada yang mengutip
  • Chat yang belum terhapus akan masuk ke data backup
  • Chat yang sudah dibackup akan muncul kembali ketika restore
  • Penerima pesan bisa menyimpan chat yang akan dihapus
  • Penerima pesan mungkin saja mengcapture pesan

Setidaknya itulah beberapa kelemahan fitur disappearing messages WhatApp saat ini yang perlu dipertimbangkan.

Jika kamu tidak masalah dengan semua kelemahan tersebut, kamu bisa mulai mengaktifkan fitur ini.

Tips Aman Menggunakan Fitur Disappearing Messages di WhatsApp

Untuk mengatasi beberapa masalah atau kelemahan fitur WhatsApp terbaru ini, berikut beberapa tips aman menggunakan fitur disappearing messages WhatsApp yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Gunakan Perangkat iOS

Salah satu kelemahan disappearing messages adalah menampilkan preview pesan pada panel notifikasi. Pada perangkat Android, pesan akan tetap terlihat meski sudah dihapus/ditarik. Baik pesan yang dihapus secara manual, maupun yang terhapus secara otomatis.

Hal ini berbeda dengan pengguna perangkat iOS. Pesan yang sudah dihapus atau ditarik, akan benar-benar menghilang. Termauk pada menu notifikasi.

2. Gunakan Pada Orang yang Dipercaya

Penerima pesan bisa melakukan beberapa hal yang membuat pesan tetap bisa terlihat, meski kamu sudah mengaktifkan disappearing messages. Mereka bisa meneruskan, mengcapture, dan melakukan quote pada pesan yang dikirim.

Jika kamu merasa pesan yang dikirim terlalu sensitif, sebaiknya gunakan fitur ini pada orang-orang yang kamu percaya. Apalagi fitur ini akan bekerja jika pengguna sama-sama mengaktifkannya.

3. Matikan Fitur Backup

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menonaktifkan fitur backup otomatis pada WhatsApp.

Ini mungkin tidak begitu membantu, tapi setidaknya bisa membuatmu merasa aman dan orang yang mengaktifkan fitur disappearing messages juga terlindungi kerahasiaannya.

Kamu bisa menonaktifkan backup di WhatsApp dengan masuk ke Settings > Chats > Chat backup. Ketuk menu Backup to Google Drive, kemudian pilih Never.

4. Hapus Pesan Secara Manual

Jika kamu merasa waktu 7 hari terlalu lama untuk menunggu pesan terhapus secara otomatis, kamu bisa menghapus pesan secara manual. Termasuk pada media seperti gambar, video, file dan lain-lain.

Kesimpulan

Fitur disappearing messages di WhatsApp berfungsi untuk menghapus pesan secara otomatis dalam waktu 7 hari.

Hadirnya fitur ini merupakan upaya WhatsApp dalam meningkatkan layanan mereka, serta menjaga agar pengguna dapat terhindar dari pencurian data atau peretasan akun (hacking).

Fitur ini bisa digunakan pada semua WhatsApp yang sudah update ke versi terbaru, baik di Android, iOS, Windows, dan lain-lain.

Masih terdapat beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur disappearing messages di WhatsApp.

Namun kamu tetap bisa menggunakan fitur ini dengan aman sesuai dengan tips yang sudah dibagikan.

Jika kamu masih mengalami kendala dalam mengirim pesan, seperti tidak bisa membuat baris baru di WhatsApp, kamu bisa coba cara memunculkan tombol enter di WhatsApp yang sudah pernah kami bahas.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu lebih mengenal fitur disappearing messages WhatsApp dan tidak ragu lagi untuk segera menggunakannya.

Bahrul Ilmi
Blogger, SEO Content Writer dan Freelance Web Content Editor.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment