5+ Tips Mengatasi Sakit Gigi dengan Mudah Menurut Anjuran Dokter

Post a Comment
Tips mengatasi sakit gigi. Kita tentu pernah mendengar ungkapan “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” kan? Tapi apakah iya begitu? Nyatanya, sakit gigi tidak kalah menyakitkan dengan ketika kita sedang sakit hati. Bahkan ketika mengalami sakit gigi, seringkali juga berakibat pada rutinitas harian yang terganggu. Untuk itu kita perlu mengatasi sakit gigi dengan cepat.

tips mengobati sakit gigi secara alami

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja secara tiba-tiba. Ada banyak sebab seseorang bisa mengalami sakit gigi. Salah satu penyebab paling umum adalah karena kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut. Trauma terhadap sesuatu juga disebut sebagai penyebab terjadinya sakit gigi.

Cara mengatasinya pun dilakukan dengan cara yang berbeda.

Tips Mengatasi Sakit Gigi Sesuai Anjuran Dokter


Agar bisa sembuh dari sakit gigi, kita tentu ingin cara-cara yang mudah, bahkan kalau bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan sakit gigi yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Kami mencoba merangkum solusi terbaik berdasarkan anjuran dokter yang dirilis melalui situs kesehatan terpercaya di Indonesia.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Kamu dan Keluarga

Berikut beberapa solusi meredakan sakit gigi yang bisa kamu coba.

Berkumur dengan Air Garam


Cara ini dipercaya sebagai salah satu solusi terbaik ketika kita mengalami sakit gigi. Garam dipercaya sebagai bumbu dapur yang juga memiliki anti bakteri alami, sehingga mampu membantu kita mengurasi rasa sakit akibat radang yang menyebabkan sakit gigi.

Caranya pun terbilang mudah, kita hanya perlu berkumur dengan air yang sudah dilarutkan garam sebanyak satu sendok teh di dalamnya. Lakukan setiap kali kita sedang menyikat gigi.

Kompres dengan Es


Metode lain yang bisa digunakan saat sakit gigi menyerang adalah mengompresnya menggunakan es. 

Cara ini tergolong mudah karena kita hanya perlu membungkus es batu ke dalam kain atau handuk, lalu tempelkan pada bagian wajah atau rahang yang membengkak. Lakukan secara rutin dengan durasi 15 hingga 20 menit.

Menggunakan Minyak Cengkeh


Minyak cengkeh memiliki kandungan antiseptik alami bernama eugenol. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu meminimalkan resiko peradangan yang terjadi dalam rongga mulut kita.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, kita bisa meneteskannya di kapas, kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.

Mengunyah Bawang Putih


Selain jadi andalan sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata bisa dimanfaatkan juga sebagai obat sakit gigi. Untuk mendapatkan khasiatnya pun sangat mudah, bisa dilakukan dengan cara dikunyah langsung, bisa juga dengan dihaluskan terlebih dahulu.

Tambahkan garam secukupnya, lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Mengunyah Daun Jambu Biji


Dan jambu biji juga bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi alami. Sebab daun jambu biji mempunyai sifat kandungan anti radang dan anti mikroba. Keduanya dapat membantu menyembuhkan luka dan meredakan sakit gigi. Cara memanfaatkannya pun mudah.

Baca juga: Penyebab Keringat Berlebih & Cara Mengatasinya Menurut Ahli Kesehatan

Pilih daun jambu biji yang lunak, kemudian cuci bersih. Setelah itu kita bisa mengunyah daun tersebut untuk mendapatkan khasiatnya.

Menggunakan Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya memiliki gel yang terbukti ampuh untuk mengobati luka. Gel tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi yang kita alami. Untuk mencobanya cukup dioleskan pada bagian gigi yang sakit, kemudian dipijat secara perlahan.

Kandungan alami ldah buaya akan bekerja mengatasi bakteri penyebab kerusakan pada gigi.

Menggunakan Teh Peppermint


Teh peppermint memiliki kandungan zat tannin yang mampu membantu meredam rasa sakit gigi dan mengurangi pembengkakan yang terjadi. Caranya rebus dauh teh hingga mendidih. Lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu berkumur dengan air rebusan tersebut. Airnya boleh ditelah atau dibuang.

Tips tersebut merupakan cara meredakan sakit gigi yang direkomendasikan oleh dokter dari beberapa situs kesehatan terkemuka.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Makin Mudah dengan SehatQ

Umumnya pada kondisi gigi tertentu, dokter tidak langsung memberikan tindakan, melainkan meminta kita untuk pulang, dan kembali memeriksakan diri setelah sakit yang kita alami sedikit membaik.

Selama masa menunggu tersebut, kita akan diberikan solusi untuk melakukan beberapa tips menyembuhkan sakit gigi yang sudah kami jelaskan dalam artikel ini.

Selamat mencoba dan semoga dapat membantu kamu segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali seperti biasa.

Bahrul Ilmi
Blogger, SEO Content Writer dan Freelance Web Content Editor.

Baca Juga Gaes!

Post a Comment